Ant International memperkenalkan Alipay+ Voyager, AI travel companion yang terintegrasi ke dompet digital. Inovasi yang didukung kolaborasi bersama mitra-mitra seperti Agoda, Trip.com, dan Fliggy ini mendorong industri pariwisata dalam meningkatkan kemudahan dan serunya traveling bagi konsumen global.
Alipay+ Voyager memadukan solusi berkemampuan agentic AI dari Ant International dengan ragam layanan perjalanan dari berbagai OTA rekanan serta 100 juta merchant global dalam ekosistem mitra Alipay+.
Melalui AI interface yang terintegrasi dengan e-wallet dan super app, Alipay+ Voyager membantu wisatawan melalui teks atau suara menggunakan bahasa lokal pengguna.. Solusi ini akan membantu wisatawan untuk menyelesaikan itinerary, memesan produk perjalanan, dan membeli barang dari merchant di destinasi tujuan secara praktis dan efisien.
Alipay+ Voyager pertama kali diluncurkan dengan menggandeng tiga e-wallet terbesar di Asia, yaitu Alipay (China), AlipayHK (Hong Kong), dan GCash (Filipina), tepatnya saat menjelang puncak masa liburan musim panas tahun ini. Layanan tersebut akan diperluas ke lebih banyak mitra pembayaran Alipay+ di sepanjang 2025.
Alipay+, yang awalnya dikembangkan sebagai solusi teknologi pembayaran lintas negara, kini telah membantu 36 e-wallet dan aplikasi pembayaran terkemuka dengan total 1,7 miliar akun konsumen terhubung ke lebih dari 100 juta merchant. Sejak 2015, tim Alipay+ Wallet Tech terus bekerja sama dengan e-wallet rekanan di pasar-pasar berkembang guna merancang solusi pembayaran, keamanan, dan pertumbuhan. Kini, Alipay+ Wallet Tech berencana untuk mengembangkan lebih banyak agentic AI untuk berbagai industri melalui Alipay+ GenAI Cockpit, platform AI utama untuk fintech.
Mendorong Konektivitas dan Pertumbuhan Global di dalam Jaringan Merchant-Wallet-Consumer
Sektor agen perjalanan daring diperkirakan tumbuh 10% per tahun sampai 2032. Adapun perangkat mobile telah menyumbang dua pertiga dari total traffic . Para traveler, khususnya Gen Z, semakin menyukai pengalaman otentik khas lokal menggunakan solusi terintegrasi di dalam perangkat mobile untuk menemukan pilihan terbaik bagi mereka.
“Kini, para traveler semakin mengandalkan teknologi untuk meningkatkan pengalaman perjalanan. Maka dari itu, industri perlu beradaptasi dan memenuhi ekspektasi dari fenomena ini,” ujar Douglas Feagin, President of Ant International dalam keterangan tertulisnya Jumat (4/7/2025).
“Melalui AI travel companion yang selalu aktif dan terintegrasi di dalam e-wallet yang kerap kali digunakan konsumen, kami membuka peluang bagi mitra perjalanan dan e-wallet agar bisa terhubung dengan traveler secara lebih relevan dan personal di setiap langkah perjalanan mereka,” imbuhnya.
Alipay+ Voyager menawarkan berbagai unggulan:
● Bantuan menyeluruh yang cerdas langsung dari satu menu di e-wallet: Berguna untuk riset dan mengambil keputusan, baik itu sebelum, selama, maupun sesudah perjalanan.
● Koneksi global-ke-lokal secara real-time: Transisi mulus ke berbagai layanan di destinasi tujuan, seperti transportasi online, transportasi umum, belanja, kuliner, hingga wisata.
● Proaktif dan visioner dalam memberikan solusi yang telah terkurasi: AI Voyager secara intuitif memahami preferensi para pengguna dengan menawarkan solusi atas tantangan yang dapat dijumpai tatkala traveling, seperti keterlambatan penerbangan atau cuaca buruk, dengan memberikan rekomendasi yang relevan secara real-time langsung dari platform e-wallet, bahkan sebelum pengguna memintanya.
● Adanya potensi pertumbuhan baru bagi merchant dan OTA: Memungkinkan akses ke berbagai pasar penting melalui satu integrasi mudah di berbagai e-wallet, baik secara regional maupun global.
Gil Hazan, Senior Vice President of Strategic Partnerships, Agoda, menambahkan, “Agoda, sebagai salah satu platform perjalanan online terkemuka di Asia, berkomitmen untuk membuat perjalanan lebih mudah diakses dan lancar bagi semua orang. Dengan mengintegrasikan layanan kami yang luas bersama Alipay+ Voyager dan berbagai mitra e-wallet, kami menawarkan pengalaman pemesanan traveling yang lebih nyaman dan personal kepada para traveler. Kolaborasi ini memungkinkan kami menjangkau konsumen yang lebih luas dan menyediakan solusi perjalanan yang disesuaikan dengan berbagai kebutuhan traveler masa kini.” (FA)