Makan di luar bukan lagi sekadar kebutuhan, tapi sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Dari melepas penat setelah bekerja, berkumpul dengan keluarga, hingga merayakan momen spesial seperti ulang tahun atau anniversary restoran kini menjadi tempat untuk menciptakan momen yang berarti. Namun, di balik tren ini, reservasi meja masih sering menjadi proses yang merepotkan. Harus menelepon, menunggu konfirmasi, atau bahkan datang langsung untuk memastikan ketersediaan tempat.
Untuk menjawab tantangan tersebut, hadir inovasi digital yang membuat segalanya lebih mudah: fitur Pesan Meja di Grab Dine Out. Lewat fitur ini, reservasi bisa dilakukan langsung dari aplikasi Grab cepat, nyaman, dan bebas ribet. Pengguna cukup memilih restoran favorit, menentukan waktu kunjungan dan jumlah tamu, lalu klik konfirmasi. Meja langsung terpesan hanya dalam hitungan detik.
Lebih dari 2.000 restoran pilihan di Jakarta dan Bali sudah tersedia mulai dari restoran fine dining, hotel bintang lima, hingga tempat makan keluarga yang santai dan akrab. Karena itu fitur ini menjadi sangat relevan untuk mereka menikmati kemudahan dalam memesan meja. Kini, merencanakan acara seperti silaturahmi keluarga, nongkrong akhir pekan, perayaan ulang tahun, hingga anniversary jadi mudah dan dijamin dapat tempat.
“Bagi Grab, inovasi selalu dimulai dari mendengarkan memahami kebiasaan, kebutuhan, dan ritme kehidupan pengguna. Fitur Pesan Meja ini adalah wujud bagaimana kami menjawab tantangan sehari-hari dengan teknologi yang dirancang untuk mendukung gaya hidup dinamis. Kini, reservasi di restoran favorit bisa dilakukan lebih praktis dan cepat,” ujar Melinda Savitri, Country Marketing and Communications Head, Grab Indonesia dalam keterangan resminya belum lama ini.
Fitur ini juga melengkapi ekosistem Grab Dine Out, yang telah dikenal lewat berbagai promo makan di tempat, seperti voucher digital dan potongan langsung (instant deals). Semua bisa diakses dari satu aplikasi, memberikan pengalaman makan yang lebih terjangkau dan menyenangkan.
Para pemilik restoran pun merasakan manfaat dari fitur ini. Jadwal reservasi yang lebih teratur membantu meningkatkan kualitas layanan dan kenyamanan pengunjung.
“Sejak bergabung dengan layanan Grab Dine Out, terdapat peningkatan jumlah pengunjung yang memanfaatkan berbagai promo yang ditawarkan. Dengan adanya tambahan fitur Pesan Meja di Grab Dine Out, kami dapat menjangkau lebih banyak pengunjung dengan lebih efisien,” ucap Sabrina, pemilik dari Nonna Bona Restoran.
Sebesar 40% masyarakat Indonesia masih melakukan reservasi secara manual dengan menghubungi restoran atau datang langsung.
“Kami ingin menghadirkan pengalaman yang lebih seamless kepada para pengguna Grab untuk membuat reservasi di restoran favorit dengan menggunakan satu aplikasi Grab saja,” tambah Melinda.
Berikut langkah-langkah untuk menikmati berbagai kemudahan dari fitur Pesan Meja:
● Buka aplikasi Grab, klik menu Dine Out.
● Klik menu Pesan Meja.
● Cari dan pilih restoran favorit dari daftar yang tersedia.
● Setelah diarahkan ke laman restoran pilihan, klik Pesan Meja.
● Isi detail data reservasi seperti tanggal, waktu, dan jumlah orang
● Baca detail syarat dan ketentuan, lalu klik Lanjutkan.
● Lengkapi informasi kontak: nama, email, nomor HP, dan tambahkan catatan khusus jika diperlukan.
● Periksa data pemesanan restoranmu, jika sudah sesuai klik Konfirmasi Booking.
● Selesai. Bukti pemesanan restoran akan terkirim melalui email pemesan. (FA)