Untuk berhasil di Indonesia, pemasar memerlukan platform yang memberikan hasil nyata dan terukur. Datanya jelas: YouTube adalah platform video nomor 1 di Indonesia, menjangkau lebih banyak konsumen di berbagai layar dan wilayah pedesaan setiap hari. Masyarakat Indonesia di seluruh negeri tidak hanya berkunjung ke YouTube, tetapi mereka terlibat secara mendalam, menonton konten tanpa hambatan di berbagai format video dan layar, mulai dari Shorts hingga video berdurasi panjang di TV mereka. Hal ini mendorong pertumbuhan total waktu menonton yang signifikan sebesar 20% dari tahun ke tahun.
Veronica Utami, Country Director Google Indonesia menjelaskan pihaknya tidak hanya menjangkau pengguna yang lebih banyak, tapi juga pengguna yang lebih terlibat, yang lebih fokus. Tentunya
pertumbuhan yang luar biasa ini didorong oleh satu faktor yang sangat penting, yaitu para kreator.
“Kreator-kreator inilah yang membuat Youtube menjadi pusat budaya dunia atau kita sebut sebagai epicenter of culture. Dan dari sinilah tren itu lahir, gerakan sosial dimulai, dan juga suara-suara yang sebelumnya mungkin tidak terdengar, jadi bisa terdengar,” jelas Veronica Utami dalam keterangan tertulisnya Rabu (5/11/2025).
Multiformat storytelling menarik perhatian terfokus dalam skala besar
Dalam lanskap saat ini, kekuatan YouTube terletak pada keterlibatan mendalam dan kepercayaan otentik yang dibangun kreator dengan komunitas mereka. Ini bukan sekadar metrik; ini adalah aset mendasar bagi brand.
Pemirsa datang ke YouTube dengan niat kuat, untuk belajar, mendapatkan
informasi yang lebih baik, dan melakukan riset sebelum membeli.
Konten multi-format unik di YouTube – Shorts, long-form, Connected TV menjadi pilihan pengguna, memastikan pemirsa yang sangat reseptif, terlibat secara mendalam dan terarah dalam kondisi ‘flow state’. Sebuah kondisi yang efektif mendorong reseptivitas dan dampak iklan yang lebih tinggi.
Data mengkonfirmasi hal ini, dimana 93% masyarakat Indonesia menyatakan bahwa mereka menggunakan YouTube untuk mendalami topik yang mereka pedulikan.
Perhatian berkualitas tinggi dan berkelanjutan ini secara alami menumbuhkan kepercayaan yang tak
tertandingi terhadap konten dan kreator, memposisikan YouTube sebagai platform penting untuk mempengaruhi keputusan konsumen. Sebanyak 90% masyarakat Indonesia setuju bahwa YouTube memiliki kreator paling terpercaya untuk rekomendasi produk saat berbelanja.
Kepercayaan ini sangat penting di kalangan konsumen generasi mendatang. YouTube adalah pusat riset definitif bagi Gen Z: Pemirsa Gen Z (usia 18–27 tahun) yang disurvei di Indonesia menempatkannya sebagai platform nomor 1 mereka untuk meriset brand dan produk sebelum melakukan pembelian.
Kombinasi antara jangkauan nasional yang tak tertandingi, perhatian pemirsa dalam ‘flow state’, dan kepercayaan besar terhadap kreator ini secara langsung dapat diterjemahkan juga membawa dampak bisnis yang sangat efisien.
Rajan Vishwadeep, Principal Partner, Client Leadership, WPP Media memaparkan, “Untuk memaksimalkan potensi multi-format di YouTube, saya melihat ada tiga hal penting yang bisa dilakukan. Pertama, pada long-form content, di mana kekuatan utama terletak pada storytelling yang memberi ruang bagi kreator untuk menyusun narasi yang utuh, membangun emosi, dan menyampaikan pesan secara mendalam. Kedua, untuk short-form content, bisa bekerja sama dengan kreator lain untuk membuat reaction video atau konten kolaboratif lainnya bisa menjadi cara yang efektif untuk tetap autentik dan dekat dengan audiens muda. Ketiga, mengombinasikan short-form dan long-form content sebagai strategi full-funnel. Konten pendek dapat menarik perhatian dan memperluas jangkauan, sementara konten panjang berperan memperdalam keterlibatan dan mendorong konversi,” tutup Rajan.
Jalur langsung menuju hasil bisnis nyata
Kepercayaan ini memberikan kesuksesan komersial yang terbukti dan pengembalian investasi (return on investment/ROI) yang kuat bagi brand. Di Indonesia, YouTube secara konsisten mengungguli para pesaingnya, memberikan ROI lebih dari 4X lipat dari TV linier dan keunggulan 1,5X lipat dibandingkan platform lainnya.
Dampak komersial ini ditunjukkan secara nyata oleh kampanye-kampanye yang dirayakan di YouTube Works Awards tahun ini, menghormati strategi periklanan paling efektif dan kreatif yang berhasil memanfaatkan platform YouTube secara maksimal.
Contoh yang menonjol adalah Kampanye Lifebuoy #KetempelanDingin yang memenangkan Best of Indonesia dan The Big Bang di Asia Tenggara – adalah contoh nyata kekuatan YouTube.
Kampanye ini memanfaatkan beragam format konten dan kemitraan dengan para kreator untuk mencapai lebih dari
418 juta total views. Dengan pendekatan terpadu ini, Lifebuoy berhasil meningkatkan brand awareness dan pertimbangan di kalangan anak muda.
“Penghargaan YouTube Works merupakan bentuk apresiasi yang berarti atas langkah berani Lifebuoy untuk tetap relevan dengan konsumen kami, terutama Gen Z. Kami memahami bahwa untuk memberikan dampak nyata, kami perlu hadir di tempat di mana audiens berada dan yang terpenting, di mana mereka menaruh kepercayaan pada para kreator. Keberhasilan kampanye kami membuktikan bahwa YouTube adalah platform yang sangat efektif untuk menjangkau audiens yang ditargetkan. Dengan menggabungkan kreativitas yang berani dan kekuatan kreator YouTube, tak hanya brand dapat berinteraksi dengan audiens, tapi juga menghasilkan dampak positif bagi bisnis,” kata Erfan Hidayat, Skin Cleansing Category Marketing Lead, Unilever Indonesia.
YouTube lebih dari sekadar pusat budaya; YouTube adalah kebutuhan esensial bisnis. YouTube adalah platform yang kuat yang menggabungkan jangkauan besar dan pengaruh ekosistem kreator terpercaya untuk menyediakan jalur langsung menuju hasil akhir, mendorong kepuasan pelanggan dan pertumbuhan berkelanjutan bagi perekonomian Indonesia. (FA)
