Dalam menjalankan bisnis, termasuk di industri teknologi maupun media massa, sangat penting untuk mengetahui bagaimana riset yang tepat demi menghadirkan produk dan pengalaman pengguna (user experience atau UX) terbaik.
Satkar Ulama, Product and UX Research Lead Tokopedia mengatakan di Tokopedia sendiri, peranan riset produk dan UX sangat signifikan karena hasilnya yang berkualitas dapat diaplikasikan menjadi strategi baru dalam pengembangan konsep fitur atau program yang dapat mendukung peningkatan transaksi serta tren belanja.
“Karenanya, melalui riset produk dan UX juga akan mempengaruhi tingkat kesuksesan dan kenyamanan menggunakan sebuah situs, termasuk situs pemberitaan media. Tampilan dan UX yang ramah atau sesuai kebutuhan pengguna menjadi sangat penting bagi setiap penyedia platform,” jelas Satkar diacara Meet Up dengan media yang disiarkan secara virtual Selasa (16/11/2021).
Tokopedia melalui Satkar pun membagikan tips menjadi UX researcher yang efektif. Menurut dia, misal saat pandemi, ketika tatap muka harus dikurangi. Seorang periset UX harus menyesuaikan berbagai metode seperti survei, in-depth interview dan FGD, hingga tes produk secara virtual.
“Meski kondisi masih pandemi, namun tetap berorientasi pada hasil dengan kualitas sebaik ketika bertemu langsung dengan narasumber. Selain itu, riset dengan tujuan yang jelas dapat menghasilkan insights berkualitas sehingga dapat digunakan oleh para pengambil keputusan,” tutup Satkar.
Di Tokopedia sendiri, riset produk dan UX telah mempermudah pengguna dalam menggunakan aplikasi maupun layanan Tokopedia secara keseluruhan. Proses ini juga berkontribusi dalam membantu masyarakat menciptakan peluang lewat pemanfaatan teknologi di mana perkembangannya sangat dinamis dan terus berevolusi.