by

Kolaborasi Emas Antam Indonesia Dan Hartadinata Abadi Dalam Membangun Inklusifitas Investasi Emas

Memasuki era digital saat ini, investasi emas pun kian berkembang dan diminati banyak kalangan masyarakat. Menurut data BEI, jumlah investor di pasar modal meningkat selama 2021 lalu, tercatat ada pertambahan 3,6 juta investor di bursa selama tahun 2021. Peningkatan tidak hanya terjadi di pasar modal, tapi juga terjadi dalam investasi emas. Pada semester 1 tahun 2021, penjualan emas ANTAM tercatat 13.34 ton. Angka ini meningkat sebanyak 69% dibandingkan periode yang sama pada 2020. Peningkatan ini menunjukan bahwa kesadaran masyarakat untuk berinvestasi semakin meningkat.

Menangkap fenomena tersebut, PT Hartadinata Abadi Tbk (Hartadinata) melanjutkan kerjasama dengan PT Emas ANTAM Indonesia (EAI, dulu bernama PT Abuki Jaya Stainless Indonesia) yang merupakan anak entitas dari PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM; IDX: ANTM; ASX: ATM), anggota MIND ID BUMN Holding Industri Pertambangan.

Dalam kerjasama ini, Hartadinata dan EAI mengembangkan lebih lanjut dua produk emas inovatif mereka yakni EmasKITA, emas untuk semua dan dan Kencana (Keindahan Terpercaya dan Bermakna). EmasKITA yang merupakan emas premium (99,99%) sebelumnya sudah pernah mengeluarkan kepingan 0,1 gram dan 0,25 gram. Kini EmasKITA memiliki kepingan yang lebih variatif mulai dari 0,1 gram hingga 100 gram. Sedangkan Kencana merupakan koleksi perhiasan emas dengan kadar emas 99,99% yang pertama di Indonesia.

Lebih dari itu, kerjasama antara Hartadinata dan EAI dalam memproduksi EmasKITA dan Kencana ini guna membuat investasi emas menjadi lebih inklusif untuk berbagai macam kelompok masyarakat.

”Kita memproduksi EmasKITA dengan kepingan yang beragam dari 0,1 gram hingga 100gram dengan bertujuan untuk membuat investasi emas batangan bisa diakses oleh lebih banyak kelompok masyarakat, maka dari itu sudah saatnya investasi emas bisa semakin inklusif,” tutur Sandra Sunanto, Direktur Utama PT Hartadinata Abadi Tbk dalam acara bertajuk ‘Investaai Emas Untuk Kita Bersama’ yang disiarkan secara virtual Kamis (3/2/2022).

Investasi ada beragam macamnya mulai dari pasar modal, reksadana, obligasi, dan tentunya juga salah satunya adalah emas. Investasi emas dulu dikenal sebagai investasi yang terbatas karena dilakukan oleh kelompok masyarakat menengah keatas, namun kini dengan EmasKITA, investasi emas menjadi semakin inklusif.

Dede Izudin, Chief Marketing Officer PT Emas ANTAM Indonesia mengungkapkan tahun ini ANTAM melanjutkan kerjasama secara lebih mendalam dengan PT Hartadinata Abadi Tbk untuk menghadirkan EmasKITA dan Kencana kepada masyarakat agar investasi emas menjadi lebih mudah dan bersahabat untuk kita semua.

“Dalam kerjasama ini kami dari EAI berperan untuk melakukan supervisi produksi dari mulai bahan baku dan proses produksi sesuai dengan standar ANTAM, sehingga produk akhir memiliki kualitas yang terjamin,” ungkap Dede Izudin.

Selain EmasKITA, kolaborasi Hartadinata dan EAI juga menghadirkan Kencana, sebuah koleksi perhiasan fine gold dengan kadar emas murni 99,99% atau 24 karat yang pertama dan satu-satunya di Indonesia. Selain bisa mendukung penampilan, koleksi cincin, gelang, liontin dan kalung dengan desain elegan dari Kencana juga bisa menjadi instrumen investasi jangka panjang yang menguntungkan. Kencana ditargetkan untuk dapat dijual di pasar domestik dan internasional.

Dengan membuat investasi emas lebih inklusif dan terjangkau oleh masyarakat dari berbagai kalangan dan latar belakang, kesadaran masyarakat akan pentingnya investasi dan mempersiapkan keuangan untuk masa mendatang juga diharapkan semakin meningkat. Investasi emas menjadi salah satu pilihan yang menarik karena merupakan aset safe haven.

“Investasi emas merupakan investasi yang praktis dan mudah dilakukan oleh siapa saja. Harganya yang relatif stabil meminimalisir kemungkinan untuk mengalami kerugian. Selain itu, investasi emas memiliki tingkat likuiditas tinggi dan mudah dicairkan ke dalam bentuk uang tunai. Itulah mengapa emas sering disebut sebagai safe haven,” jelas Herru Wijayadie “D’Gold Father”, seorang praktisi emas.

Selanjutny, untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya investasi emas dengan berbagai manfaatnya, diharapkan bisa mendorong semakin banyak orang untuk berinvestasi sebagai bagian dari gaya hidup mereka. Dengan berinvestasi emas, masyarakat bisa menyiapkan simpanan dana untuk masa depan. Keunggulan berinvestasi emas melalui EmasKITA dalah kemudahan untuk melakukan verifikasi keaslian produk EmasKITA dengan cara scan QR code yang tertera di belakang kemasan EmasKITA. Pada saat proses scanning, perangkat akan secara otomatis terhubung ke website www.emaskita.id. Jika produk EmasKITA yang dimiliki asli, maka akan muncul notifikasi bertuliskan ‘Produk Asli’ berikut dengan informasi produk. Hal ini membuat EmasKITA menjadi produk emas yang aman untuk berinvestasi. Selain itu, EmasKITA juga memiliki keunikan tersendiri, yaitu dilengkapi fitur augmented reality (AR) yang bisa diakses juga melalui QR code tersebut.

Menariknya, produk EmasKITA mudah didapatkan oleh masyarkat, karena bisa ditemukan di seluruh toko emas di Indonesia dan juga platform e-commerce.

“Produk EmasKITA dan Kencana dapat diperoleh di toko emas jaringan resmi Hartadinata, serta toko emas rekanan Hartadinata yang tersebar di seluruh Indonesia. Selain itu bisa juga dibeli di official store Hartadinata di Shopee dan Tokopedia. Dalam waktu dekat, kami juga akan meluncurkan platform e-commerce EmasKITA.id dan aplikasi EmasKITA untuk Android dan iOS,” tutup Sandra.