Maraknya produk kopi siap minum dalam kemasan atau yang beredar di Indonesia menandakan bahwa market kopi memiliki peluang pangsa pasar yang cukup besar untuk terus di kembangkan. Menurut data NielsenIQ, pertumbuhan volume rata-rata kategori kopi di Indonesia sebelum pandemi adalah sebesar 20% meskipun sempat turun di 2021 namun kembali naik menjelang 2022.
Menangkap peluang tersebut, PT Ichi Tan Indonesia (Ichitan) produsen minuman asal Thailand, kembali melakukan inovasi guna memperkuat pasar minuman dalam kemasan (ready-to-drink) di Indonesia dengan meluncurkan varian baru yaitu Ichitan Cold Brew Coffee Brown Sugar dan Cold Brew Coffee Classic Latte yang hadir dalam kemasan botol ukuran 250 ml.
“Sebelumnya PT Ichi Tan Indonesia masuk ke market ini melalui produk Ichitan Thai Milk Coffee. Kini, untuk memperkuat market di sektor kopi siap minum dalam kemasan, kami luncurkan produk baru Ichitan Cold Brew Coffee,” jelas Johannes Yoslin, CEO PT Ichi Tan Indonesia dalam acara peluncuran Ichitan Cold Brew Coffee Brown Sugar dan Cold Brew Coffee Classic Latte saat ditemui di Kopi Filosofi kawasan Blok M Square Kebayoran Jakarta Selatan Rabu 23/3/2022).
Rio Dewanto, Brand Ambassador Ichitan Cold Brew Coffee mengatakan selain merasa senang dipercaya menjadi brand ambasador produk terbaru Ichitan. Menurutnya, kedua varian Cold Brew Coffee yamg baru diluncurkan ini cukup aman jika dikonsumsi oleh masyarakat luas.
“Di Ichitan Cold Brew Coffee ini, untuk orang yang mengalami gangguan pada asam lambung bisa memilih kopi yang decaf. Decaf sendiri merupakan decaffeinated coffe dimana kandungan kafein telah hampir seluruhnya dihilangkan dari biji kopinya. Karena jenis kopi ini juga tidak terlalu tinggi jenis masam nya tentu akan sangat aman ketika di konsumsi,” kata Rio Dewanto.
“Yang jelas, kami memang tidak merekomendasikan sepenuhnya untuk hal ini terutama bagi penderita asam lambung, tetapi untuk memperkuatnya kami telah mendapatkan ijin dari BPOM kalau kedua varian Ichitan Cold Brew Coffee aman untuk di konsumsi, masyarakat” pungkas Arviani Manahera – Senior Brand Manager PT Ichi Tan Indonesia
Untuk diketahui, Cold Brew Coffee merupakan sebutan untuk sebuah teknik penyeduhan dari bubuk kopi hitam dengan menggunakan air yang dingin dalam kurun waktu 12 hingga 24 jam. Bubuk kopi direndam di air dingin kemudian didiamkan lalu disaring dengan alat khusus berteknologi tinggi. Cold Brew Coffee ini biasanya merupakan menu minuman andalan di sebuah coffee shop namun kini tersedia dalam kemasan dan dapat diminum dengan mudah melalui
[23/3 19.59] Fahrul Anwar: Ichitan Cold Brew Coffee Brown Sugar dan Ichitan Cold Brew Coffee Classic Latte.
Ichitan Cold Brew Coffee sendiri merupakan inovasi produk yang ditawarkan oleh PT Ichi Tan Indonesia, dimana pada kategori Cold Brew Coffee dalam kemasan, Ichitan merupakan yang pertama di Indonesia yang menawarkan Cold Brew Coffee dalam kemasan siap minum dengan varian rasa Brown Sugar dan Classic Latte.
Kedua varian Ichitan Cold Brew Coffee tersebut menggunakan kopi berkualitas dari petani lokal di Indonesia dan diolah dengan teknologi tinggi aseptic cold filling process sehingga kualitas dan kebersihan produk Ichitan Cold Brew Coffee tetap terjaga tanpa menggunakan bahan pengawet. Selain itu, teknik pembuatan Cold Brew Coffee yang menggunakan air dingin membuat konsumen dapat merasakan sensasi minum kopi dalam kemasan dengan rasa dan kualitas yang premium yang juga ramah untuk lambung.