Lebih dari dua tahun melalui pasang-surut bisnis di kala pandemi, para pelaku UMKM kuliner selalu berusaha
untuk menjadi relevan dan mengatur strategi untuk tetap bisa menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia.
Dengan kemudahan sentuhan jari melalui aplikasi pemesanan makanan online seperti GrabFood, para
pelaku UMKM kuliner dapat tetap menjual produk makanannya kepada pembeli tanpa terkendala oleh
pembatasan kegiatan masyarakat. Peranan teknologi dan inovasi platform digital kini telah berhasil membantu banyak UMKM untuk terus menjalankan dan mengembangkan usahanya.
Sebagai bentuk dukungan kepada para mitra merchant, GrabFood menginisiasi Program Apresiasi Mitra sejak Maret 2022. Program ini berfokus untuk meningkatkan kinerja bisnis mitra merchant dengan memberikan insentif berupa cashback atau promo pada platform GrabFood.
Adapun, sebanyak lebih dari 8,000
mitra UMKM GrabFood dari berbagai penjuru Indonesia telah mengikuti Program Apresiasi Mitra dan memperoleh manfaat dari program ini untuk mendorong kesuksesan bisnis mereka.
Salah satunya adalah I Ketut Rastawan, pemilik dari Babi Guling Pak Kecap di Ubung Kaja, Denpasar, yang membagikan pengalamannya dalam mengikuti Program Apresiasi Mitra dari Grab dan menerapkan diskon promo di menu-menu andalannya.
“Saya mengamati bahwa resto kami perlu menjawab keinginan pelanggan, khususnya antusiasme di menu-menu favorit seperti Babi Guling Spesial, Babi Guling Istimewa dan Babi Guling 3+1. Akhirnya, selama Program Apresiasi Mitra ini, kami melakukan diskon di menu-menu best-seller tersebut. Penjualan naik drastis menjadi 2 kali lipat dari biasanya dan pelanggan berbelanja lebih banyak,” cerita I Ketut Rastawan dalam keterangan tertulisnya Rabu (30/3/2022).
Untuk semakin mendorong kesuksesan para mitra UMKM kuliner dalam meraup untung, Grab ingin berbagi resep sukses untuk para pelaku UMKM kuliner juga dapat memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia di GrabFood. Simak tips dan trik-nya berikut ini :
1. Perkenalkan Paket Kombo Hidangan Paling Laris
Konsumen tentunya sudah punya pilihan menu favorit di resto Anda. Di tengah kesibukan waktu WFH, konsumen lebih memilih untuk memesan paket makanan lengkap yang praktis untuk kebutuhan sehari-hari. Permintaan akan menu kombo pun akan makin banyak. Untuk itu, penting untuk melengkapi tawaran Anda dengan memberikan Paket Kombo yang misalnya berisi makanan
pembuka, camilan, minuman, dan makanan penutup. Laporan Tren Kuliner Grab 2021 menunjukan bahwa sebanyak 68 % pengguna Grab merupakan
keluarga dengan anak dan memesan makanan untuk porsi keluarga (4-5 orang). Selain untuk meningkatkan jumlah pesanan, hal ini juga dapat memudahkan para konsumen yang ingin
memesan dalam jumlah banyak untuk porsi keluarga.
2. Tambahkan Makanan Hits dalam Promosi Terbatas
Anda bisa mempertimbangkan untuk memasukkan makanan yang sedang tren ke dalam daftar menu resto dengan penawaran terbatas. Di tahun 2021, makanan hits seperti Kopi Susu Gula Aren dan Teh Susu Coklat Hazelnut termasuk 10 jenis hidangan yang paling sering dipesan untuk cemilan sore di GrabFood. Penawaran terbatas ini bisa berupa Promo “Beli 1, Gratis 1” untuk
menarik konsumen baru dan mendorong pembelian berikutnya. Siasati waktu tunggu dengan informasi ke konsumen
Berdasarkan Laporan Tren Kuliner Grab 2021, rata-rata waktu tunggu yang normal untuk persiapan makanan maksimal di 20 menit. Pertimbangkan untuk mengelola waktu lebih baik untuk melayani pesanan menu yang membutuhkan waktu persiapan yang cukup lama atau makanan tidak tahan
lama. Anda juga dapat menggunakan fitur Status Toko untuk mengelola operasional jam sibuk dengan
mengubah status toko ke ‘Sibuk’. Perubahan status ini akan membantu jika Anda membutuhkan lebih banyak waktu untuk menyiapkan pesanan dan meminimalkan waktu tunggu pengemudi.
4. Tawarkan menu yang disukai konsumen, tetapi sulit untuk dimasak di rumah
Salah satu faktor pendorong bagi konsumen untuk membeli makanan di luar adalah tingkat kesulitan untuk memasak makanan tersebut di rumah. Anda juga dapat mencoba menawarkan
menu makanan seperti pizza, kue, dan pasta yang lebih praktis dan nikmat untuk dibeli dibandingkan memasak sendiri.
Anda bisa menarik perhatian konsumen dengan menggunakan deskripsi menu seperti ‘renyah atau ‘empuk’, yang terbukti dapat menghasilkan 60% lebih banyak penjualan!
5. Promosikan makanan sehat
Pandemi kini telah membuat konsumen lebih memilih untuk membeli makanan yang lebih sehat atau diproses secara higienis. Sebanyak 7 dari 10 orang Indonesia ingin mengonsumsi makanan
sehat dan bersedia membayar lebih untuk makanan yang lebih sehat, lho. Menawarkan makanan dengan kadar garam, gula, atau minyak yang lebih rendah dan menambahkan informasi jumlah kalori dalam makanan memungkinkan Anda untuk menarik perhatian konsumen yang sadar akan
kesehatan.
Untuk menjangkau konsumen yang khusus memilih pilihan makanan sehat, Anda dapat mencoba
Fitur Resto Prioritas dan GrabAds untuk menjangkau konsumen baru dan sesuai target. Dengan fitur ini, Anda juga dapat mengukur performa menu Anda dengan periode kampanye atau promosi
terbatas agar dapat bersaing dengan kompetitor.
6. Sertakan foto dan deskripsi makanan pada menu
Tahukah Anda, item makanan yang disertakan dengan foto mengalami peningkatan pesanan 2 kal llebih banyak dibandingkan dengan item tanpa foto? Penggunaan foto makanan yang ada di menu Anda sangat penting untuk memudahkan konsumen memilih makanan yang sesuai dengan selera
mereka.
Anda juga harus memperhatikan tampilan foto di aplikasi agar sesuai dengan tampilan nyata menu
makanan. Gunakan Fitur Merchant Menu Editor untuk perbarui foto makanan dan tambahkan
penawaran spesial di menu Anda! Perubahan pada menu dapat dilakukan dengan mudah dan ciptakan kesan pertama yang positif untuk menu Anda. Langkah-langkah ini pastinya akan
mempengaruhi peningkatan penjualan Anda, lho!
Para mitra pengusaha kuliner tetap dapat berpartisipasi dalam Program Apresiasi Mitra yang masih
berlangsung setidaknya hingga April 2022 untuk mendukung lebih kinerja dan perkembangan bisnis yang
lebih baik bagi para mitra Grab, serta mengapresiasi mereka dalam bentuk dukungan finansial (cashback).
Maksimalkan performa bisnis Anda raup cuan sebanyak-banyaknya di tahun ini dengan bergabung di
Program Apresiasi Mitra 2022! Para Mitra Merchant dapat mengecek informasi terbaru mengenai
program-program apresiasi mitra di email dan pesan Whatsapp, serta fitur Rekomendasi Promosi pada aplikasi GrabMerchant untuk Program yang dapat diikuti. (FA)