by

Visa Hadirkan Kampanye #IbuBerbagiBijak, Berdayakan Pengusaha Perempuan Di Bali

Memiliki tujuan dalam memberdayakan pelaku usaha perempuan agar memiliki keterampilan manajemen keuangan yang lebih baik dan mengembangkan bisnis mereka di era digital.

Terkait itu, Visa, pemimpin pembayaran digital di dunia, mengumumkan kelanjutan kampanye #IbuBerbagiBijak, program literasi keuangan yang telah dimulai pada tahun 2017

Di tahun 2022,  program ini akan berlangsung di Bali menghadirkan rangkaian hybrid workshop manajemen keuangan dan usaha kecil untuk 500 pelaku UMKM perempuan di wilayah Badung dan Denpasar, sekaligus memberikan kesempatan bagi mereka untuk mengakses pasar yang lebih luas. Program ini didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Koperasi dan UMKM, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan pemerintah daerah Bali.

Riko Abdurrahman, Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia, mengatakan Visa secara konsisten menjalankan program #IbuBerbagiBijak untuk menjangkau pelaku UMKM perempuan sebagai tulang punggung perekonomian di Bali, dan mendukung untuk memperluas pengetahuan dan wawasan mereka dalam mendukung pemulihan ekonomi. Melalui program ini, Visa berupaya memberdayakan dan membekali para perempuan pelaku UKM dengan keterampilan dan sarana manajemen keuangan dan bisnis yang diperlukan agar dapat bertahan dalam jangka panjang, sekaligus membuka pintu bagi mereka untuk mengembangkan penjualan.

“Tujuan ini sejalan dengan fokus pemerintah tahun ini untuk mengoptimalkan momentum Presidensi G20 Indonesia untuk mendorong peran strategis perempuan dalam pertumbuhan UMKM di Indonesia dan membantu mereka go global,” kata Riko Abdurrahman dalam acara kelanjutan kampanye #IbuBerbagiBijak, program literasi keuangan yang disiarkan secara virtual Kamis (23/6/2022).

Kembali bermitra bersama Maxi Consulting di tahun ini, program ini akan memberdayakan pelaku UMKM perempuan untuk lebih berorientasi ekspor, serta membantu mereka dalam memahami dan membangun potensi untuk mengembangkan bisnis mereka ke luar wilayah.. Rangkaian workshop, dilanjutkan dengan hybrid expo dan sesi business matching, akan melibatkan narasumber praktisi dan akademisi, serta figur publik seperti Andy F. Noya, dan sejumlah mitra potensial, termasuk bisnis lokal yang mapan, seperti Titipku dan Bhinneka.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno, mengatakan masalah pelatihan, perizinan, pemasaran, dan juga pembukuan keuangan yang baik menjadi salah satu tantangan.

“Untuk itu, perlu kita tingkatkan kemampuan sumber daya manusia, khususnya literasi keuangan atau financial literacy. Selamat dan sukses program literasi keuangan dan inkubasi bisnis UMKM #IbuBerbagiBijak Bali 2022, saya harap kegiatan ini memberikan inspirasi kepada para hadirin (pelaku UMKM perempuan) bersama-sama dengan pemerintah, sinergi, dan kolaborasi mendukung ketahanan ekonomi masyarakat,” jelas Sandiaga Uno.

Dikesempatan yang sama, Temmy Satya Permana, Asisten Deputi Pembiayaan dan Investasi UKM, mewakili Menteri Koperasi dan UKM RI, Teten Masduki, mengatakan, “Kami sangat mengapresiasi program #IbuBerbagiBijak Visa dalam upayanya memfasilitasi digital onboarding, mendorong literasi keuangan dan digital, serta mengglobalisasikan UMKM perempuan di Bali. Kami berharap program ini dapat membantu meningkatkan peran perempuan dalam pengembangan UMKM, dan mewujudkan pertumbuhan yang inklusif, selaras dengan semangat G-20 untuk pulih bersama dan lebih kuat pasca pandemi.”

I Wayan Jarta, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Bali, mewakili Gubernur Bali, I Wayan Koster, mengatakan,“Pandemi Covid-19 telah berdampak negatif pada seluruh aspek kehidupan masyarakat Bali, termasuk sebagian besar UMKM, khususnya milik perempuan, terdampak signifikan. Mereka perlu cerdas finansial dan teknologi, berkolaborasi dengan pemangku kepentingan melalui business matching, dan go global untuk peluang pasar yang lebih luas. Kami yakin program #IbuBerbagiBijak ini akan membantu dan membekali pelaku UMKM perempuan dengan pengetahuan dan instrumen yang tepat untuk bertahan dan bertumbuh jangka panjang.”

Sarjito, Deputi Komisioner Edukasi dan Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan, mengatakan, “Kami mengapresiasi Visa dan program #IbuBerbagiBijak yang selama beberapa tahun terakhir terus meningkatkan literasi keuangan bagi perempuan dan pelaku UMKM perempuan. Kami berharap program ini dapat mengedukasi pelaku UMKM dalam mengelola keuangannya secara bijak dan meningkatkan pemahaman mereka terhadap berbagai produk keuangan yang tersedia, termasuk layanan kredit atau pembiayaan dari entitas yang legal di bawah pengawasan OJK. Pemahaman ini penting untuk menghindari jebakan pinjaman online ilegal yang memungut bunga sangat tinggi, disertai dengan perilaku sebagian penagih hutang yang kadang meresahkan. Edukasi ini juga diharapkan dapat meningkatkan pemahaman terhadap risiko penipuan yang marak terjadi, seperti bukti transfer palsu, yang merugikan pelaku UMKM.”

Yunita Resmi Sari, Kepala Departemen Pengembangan UMKM dan Perlindungan Konsumen Bank Indonesia, mengatakan, “Kami mengapresiasi upaya Visa untuk meningkatkan literasi keuangan UMKM, khususnya pelaku usaha perempuan. Tidak saja dalam kerangka peningkatan literasi, tapi kegiatan ini juga ditujukan untuk meningkatkan kapasitas dan membuka akses untuk ekspor. Hal inilah yang diperlukan sekarang dalam membuka berbagai kesempatan untuk menandai kebangkitan kembali pasca pandemi. Program #IbuBerbagiBijak ini juga pada dasarnya sejalan dengan program presidensi Indonesia dalam G20 dalam area financial inclusion, melalui kerangka kerja keuangan inklusif dalam rangka memanfaatkan digitalisasi untuk meningkatkan produktivitas serta inklusivitas ekonomi yang berkelanjutan, khususnya untuk UMKM yang dimiliki oleh perempuan dan pemuda.

“Adopsi dan penggunaan teknologi membantu kita untuk menjadi lebih produktif, namun yang tetap paling utama adalah modal manusia. Oleh karena itu literasi keuangan dan literasi digital menjadi modal dasar yang harus dimiliki oleh setiap UMKM agar secara optimal dapat memanfaatkan ekosistem ekonomi dan keuangan digital. Dan untuk itu perkenankan kami sekali lagi menyampaikan selamat kepada Visa Indonesia atas penyelenggaraan kembali Program Literasi Keuangan #IbuBerbagiBijak. Peran serta industri ini sangat kami harapkan untuk bersama pemerintah, otoritas, dan seluruh masyarakat untuk meningkatkan literasi keuangan dan keberdayaan konsumen, khususnya adalah untuk pelaku usaha perempuan Indonesia,” pungkasnya. (FA)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed