by

Sinergi Kemendikbudristek Dan TikTok Berdayakan Kreator Di Kampanye #SerunyaBelajar Terbaru

Platform hiburan terdepan, TikTok, kembali meluncurkan kampanye edukasi #SerunyaBelajar edisi terbaru. Mengusung semangat Hari Sumpah Pemuda yang kental akan persatuan untuk membawa perubahan positif. Melalui, kampanye ini diharapkan
dapat memperkuat semangat belajar mengenai topik apa pun dan di mana pun.

Diawali dengan penandatanganan Nota Kesepahaman dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), kampanye ini akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan seru dan bermanfaat, termasuk pelatihan bootcamp untuk mengembangkan skill.

Lebih dari itu, kampanye #SerunyaBelajar berupaya untuk membuat belajar jadi lebih menyenangkan, sekaligus meningkatkan pengetahuan dan keterampilan individu, khususnya kaum muda dan komunitas TikTok.

Dukungan dari Kemendikbudristek dikukuhkan dengan penandatanganan Nota Kesepahaman antara kedua pihak. Kolaborasi ini pun menjadi wujud nyata TikTok dalam mewujudkan proses belajar yang seru, sekaligus menginspirasi para komunitas TikTok dalam rangka meningkatkan transformasi pendidikan di Indonesia, khususnya di sektor digital, di mana hal
ini sejalan dengan salah satu visi besar Pendidikan Indonesia tahun 2035, yakni untuk membangun rakyat Indonesia untuk menjadi pembelajar seumur hidup yang unggul dan terus
berkembang.

“Generasi muda membutuhkan wadah melalui sistem pembelajaran yang dapat mendukung potensi, kreativitas, dan kemampuan berpikir kritis. Program Merdeka Belajar dapat mendukung semua transformasi di sektor pendidikan yang didukung dengan pemanfaatan teknologi digital. Melalui program #SerunyaBelajar yang diadakan oleh TikTok ini, kami berharap wadah tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik oleh generasi muda untuk
menggali potensi diri, tidak hanya di bidang akademik saja, namun juga kemampuan literasi digital yang baik,” ujar Plt. Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat, Sekretariat
Jenderal, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Anang Ristanto diacara Kampanye #SerunyaBelajar Terbaru yang disiarkan secara virtual Senin (24/10/2022).

Kategori konten edukasi di bawah tagar #SerunyaBelajar terus meningkat di TikTok dan telah memiliki lebih dari 13 miliar views. Hal ini menunjukkan adanya semangat belajar yang terus
tumbuh di antara komunitas TikTok.

“Di TikTok, kami melihat bahwa belajar merupakan kegiatan yang dapat dilakukan dengan cara menyenangkan, mulai dari belajar hal-hal akademik maupun non-akademik, sehingga generasi muda dapat terus menjadi agen perubahan dan penggerak sektor kreatif di Indonesia. Untuk mendukung hal tersebut, di kampanye #SerunyaBelajar kali ini, kami pun fokus untuk mengajak komunitas, khususnya generasi muda, untuk terus berkembang bersama,” kata Faris Mufid, Public Policy & Government Relations, TikTok Indonesia.

Sementara, platform Sekolah.mu yang didirikan oleh praktisi pendidikan Najeela Shihab serta dengan kreator Putih Abu-Abu dalam peluncuran lagu berjudul “Serunya Belajar” sebagai jingle resmi kampanye #SerunyaBelajar, untuk ikut menyebarkan semangat Sumpah
Pemuda kepada komunitas muda TikTok dalam menghidupkan semangat belajar menjadi lebih seru di TikTok.

Mikha Tambayong, Penyanyi, Aktris, Penggiat Edukasi, dan #SerunyaBelajar Campaign Ambassador menuturkan
menyadari bahwa transformasi digital di era sekarang telah banyak membantunya untuk belajar dan memperluas cakrawala. Terleebih sebagai generasi muda. pendidikan dan literasi digital, serta mendorong semua orang untuk selalu belajar karena belajar tidak selalu harus terkait dengan bidang akademik, tetapi kita dapat belajar dari apa saja dan di mana saja, termasuk di TikTok.

“Oleh karena itu, hadirnya kampanye #SerunyaBelajar ini saya harap dapat menjadikan generasi penerus bangsa Indonesia lebih berkualitas dan berdaya saing dalam menghadapi globalisasi,” pungkasnya. (FA)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed