Belum lama ini, produsen es krim Aice Group meraih penghargaan Best Integrated Program of SMES Empowerment pada ajang Indonesia Award 2022 berkat upaya kerasnya mendorong pemulihan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UKM) paska pandemi. Lewat lebih dari 350 ribu UMKM yang menjual produknya di kota dan desa seluruh Indonesia, Aice mendorong segmen perdagangan di jantung masyarakat tersebut untuk terus berkembang.
Sebagai salah satu produsen yang memiliki jumlah produksi dan penjualan terbesar di seluruh Indonesia, Aice mengombinasikan kemudahan kerja sama, kekuatan rantai distribusi dengan langkah branding di berbagai isu yang dekat dengan masyarakat.
Brand Manager Aice Group, Sylvana Zhong menjelaskan Aice menyadari tantangan besar yang dihadapi oleh UKM di momen pemulihan ekonomi saat ini. Fakta tentang peran penting mereka dalam menyumbang lebih dari 60 persen PDB, membuat perusahaan menjadikan UKM sebagai kanal utama pemasaran produk-produk favorit Aice di masyarakat.
“Penghargaan ini adalah milik seluruh karyawan, distributor dan UKM Aice yang tersebar di seluruh pulau di Indonesia. Sejak 2016, pertumbuhan masif di produksi dan distribusi menjadi modal dalam capaian pengembangan dan penjualan Aice saat ini. Mudah-mudahan penghargaan Indonesia Awards 2022 ini menjadi penanda pulihnya ekonomi kerakyatan kita juga,” jelas Sylvana dalam keterangan tertulisnya Jumat (3/11/2022).
Penghargaan Indonesia Awards sendiri diberikan kepada 34 tokoh nasional, kepala daerah tingkat provinsi, kota/kabupaten dan perusahaan terbaik di tahun 2022. Sebagai satu-satunya perusahaan dalam kategori F&B khususnya es krim yang mendapatkan penghargaan, Aice dinilai berhasil memberdayakan UKM lewat program Bantuan Peningkatan Pendapatan UKM terpadu sejak 2016.
Di ajang ini pula, tercatat beberapa menteri Kabinet Indonesia Maju seperti Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mendapatkan penghargaan di kategori Outstanding Public Official Leaders.
Sylvana menambahkan UKM menjadi kanal utama penjualan Aice, termasuk jika dibandingkan dengan jaringan penjualannya di ritel modern atau marketplace.
“Strategi distribusi dan pemasaran tersebut memberikan multiplier ekonomi lebih besar kepada masyarakat sekitar,” pungkasnya. (FA)