Sebelum menutup akhir tahun 2022 dengan memberikan dampak positif, Shopee 12.12 Birthday Sale menjadi peluang dan kesempatan bagi para UMKM untuk mengembangkan bisnis mereka sebelum pergantian tahun.
Kampanye yang berlangsung sejak 14 November hingga 12 Desember 2022 kemarin, hadir sebagai perpanjangan tangan untuk lini bisnis lokal mengembangkan strategi dalam menjangkau lebih banyak masyarakat di tengah animo belanja masyarakat yang tinggi. Tidak hanya berperan dalam mewujudkan ekonomi digital yang inklusif, para pelaku usaha lokal dan UMKM juga kian menunjukkan potensinya melalui kualitas yang ditawarkan. Hal ini turut diimbangi dengan banyaknya pengguna yang
semakin menikmati produk hasil karya lokal, dengan total pesanan untuk produk UMKM meningkat lebih dari 4 kali lipat pada puncak kampanye 12.12 Birthday Sale dibandingkan dengan hari biasa.
Monica Vionna, Head of Marketing Growth Shopee Indonesia mengatakan, di Shopee segala sesuatu yang kami hadirkan selalu didasari oleh semangat kami untuk senantiasa mempermudah masyarakat dalam memenuhi kebutuhan melalui berbagai inovasi dan inisiatif Shopee. Sejumlah promo, fitur, program, hingga kolaborasi yang tersedia pada kampanye 12.12 Birthday Sale kali ini tidak hanya menjadi nilai tambah untuk pengalaman belanja online, tetapi juga memberikan kesempatan bagi pelaku usaha menciptakan bisnis berkelanjutan
dengan cara yang lebih kreatif.
“Menutup tahun ini dengan catatan performa yang baik, khususnya partisipasi UMKM yang kian meningkat, diharapkan dapat menjadi dorongan bagi kami kedepannya untuk memberikan lebih banyak manfaat dan kebahagiaan bagi seluruh ekosistem Shopee,” jelas Monica dalam keterangan tertulisnya Selasa (13/12/2022).
Menariknya lagi, kehadiran Shopee Video juga telah memberikan kemudahan pengguna dalam menemukan rekomendasi maupun ulasan produk yang dibutuhkan ketika ingin berbelanja online, apalagi lebih dari 450 ribu produk ditampilkan menggunakan hashtag #RacunShopee
di Shopee Video.
Tidak hanya itu, pengguna juga memanfaatkan fitur-fitur lain yaitu Shopee Games untuk menemani waktu luang mereka. Di 12.12 Birthday Sale kali ini, versi terbaru dari in-app games Shopee Pets juga mendapat antusiasme yang tinggi, dimana pengguna berhasil
mengumpulkan lebih dari 165 juta Koin Shopee selama 10 hari sejak Shopee Pets
diluncurkan pada 2 Desember lalu.
Dukung perkembangan lini bisnis lokal
Tidak hanya menyebarkan kemeriahan akhir tahun bersama mitra brand di kota-kota besar, kampanye 12.12 ShopeePay Birthday Sale juga turut mendorong perkembangan lini bisnis di
kota non-metropolitan.
Sepanjang kampanye berlangsung, fitur ShopeePay Sekitarmu terus menjadi daya tarik dan memenangkan hati para pengguna, bahkan daerah di luar kota non-metropolitan seperti Sidoarjo, Gresik, dan Jombang termasuk sebagai daerah yang paling banyak memanfaatkan voucher ShopeePay Sekitarmu. Fitur online-to-offline berbasis lokasi ini memungkinkan pengguna untuk menemukan berbagai voucher menarik dan hemat dari beragam merchant yang ada di sekitar mereka.
Semangat yang sama juga terlihat di ShopeeFood, dimana para pengguna serta pelaku usaha lokal turut merasakan manfaat lebih dengan hadirnya rangkaian penawaran melalui
ShopeeFood 12.12 Pesta Makan yang mendorong transaksi UMKM kuliner di berbagai daerah. Mie Ayam, Ayam Geprek, dan Nasi Goreng termasuk sebagai beberapa jenis kuliner lokal yang paling banyak dipesan oleh para pengguna ShopeeFood dari merchant-merchant UMKM selama kampanye berlangsung.
“Melalui Shopee 12.12 Birthday Sale kali ini, kami berupaya untuk memberikan manfaat dan dampak positif yang dapat menjangkau seluruh lini bisnis guna menjadi batu loncatan untuk terus berkembang dan menyambut tahun yang baru secara optimis. Kami berterima kasih atas kepercayaan pengguna dan penjual, serta berharap dapat terus melayani masyarakat
Indonesia untuk membantu memenuhi kebutuhan mereka melalui ekosistem digital yang inklusif,” tutup Monica. (Angga)