Pada ajang IFA 2023 yang akan berlangsung pada tanggal 1-5 September 2023 di Berlin, Jerman mendatang, LG Electronics (LG) memperkenalkan ThinQ UP 2.0, teknologi berbasis aplikasi rumah cerdas (smart home) yang mampu mengubah peralatan rumah tangga menjadi solusi gaya hidup yang lebih nyaman dan terintegrasi. ThinQ UP 2.0 merupakan bagian dari ekspansi bisnis LG di bidang peralatan rumah tangga untuk mengembangkan produk perangkat lunak, termasuk layanan berlangganan.
Adapun, kehadiran ThinQ UP 2.0 juga mencerminkan komitmen perusahaan dalam menghadirkan perangkat rumah tangga yang dapat melayani dan menjawab kebutuhan konsumen dengan lebih baik.
Peluncuran ThinQ UP 2.0 selaras dengan strategi baru LG yaitu Smart Home Solution dan visi perusahaan ‘Zero Labor Home Makes Quality Time’ guna memudahkan penggunaan peralatan rumah tanpa ribet. Dengan teknologi ini, LG juga akan menghadirkan berbagai layanan yang dirancang untuk memenuhi beragam kebutuhan pelanggan serta memberikan kebebasan dan kemudahan yang lebih baik saat menggunakan peralatan LG di rumah.
ThinQ UP 2.0 merupakan standar baru dalam hal personalisasi untuk menyesuaikan kinerja produk dan layanan LG dengan preferensi konsumen. Berbeda dengan produk konvensional yang memiliki fitur dan spesifikasi tetap, peralatan rumah tangga LG yang kompatibel dengan teknologi ThinQ UP dapat di-upgrade dan memiliki fitur baru dari waktu ke waktu. Dikembangkan dari versi ThinQ UP terdahulu, teknologi ThinQ UP 2.0 yang terbaru ini dapat membantu konsumen agar lebih efisien saat menggunakan peralatan rumah LG, menyediakan layanan baru dengan opsi berlangganan yang lebih fleksibel, dan menghadirkan rekomendasi layanan tambahan yang dapat memudahkan kehidupan konsumen.
Didukung oleh teknologi chip DQ-C dan sistem operasi terbaru, konsumen kini dapat menggunakan teknologi ThinQ UP 2.0 untuk menambah atau menghapus berbagai fitur baru pada peralatan rumah tangga LG. Chip DQ-C yang sudah tertanam pada peralatan rumah tangga LG menyediakan kapasitas memori yang cukup besar untuk menyimpan berbagai fitur dan fungsi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Semua fitur dan fungsi ini juga dapat dioperasikan dengan mudah menggunakan perintah suara, layar sentuh pada perangkat, atau secara langsung melalui aplikasi ThinQ.
Peralatan rumah LG sudah disesuaikan pada saat konsumen melakukan pembelian. Sebagai contoh, pada saat membeli mesin cuci ThinQ UP 2.0, konsumen akan diajak untuk mengikuti survei Life Pattern Analysis agar produk dapat disesuaikan dengan gaya hidup mereka. Survei singkat ini terdiri dari tiga langkah dan dilakukan melalui aplikasi LG ThinQ. Hasil dari survei tersebut kemudian diterapkan pada mesin cuci, di mana siklus pencucian dioptimalkan sesuai dengan preferensi pelanggan. Lebih dari itu, konsumen juga memiliki kebebasan untuk mengatur urutan siklus pada mesin cuci sesuai keinginan dan dapat menyimpan pengaturan tersebut di dalam aplikasi ThinQ.
Sama halnya saat membeli kulkas InstaView terbaru dari LG yang dilengkapi dengan teknologi MoodUP. Dengan menggunakan aplikasi ThinQ, konsumen dapat menyesuaikan suhu dengan jenis makanan yang ada dalam kulkas dan mengganti warna cahaya LED pada panel kaca pintu kulkas. Tak hanya dua fitur ini, ada berbagai pengaturan kulkas yang dapat diubah melalui aplikasi ThinQ agar produk dapat beroperasi sesuai dengan keinginan konsumen. Selain itu, fitur MoodUP pada kulkas InstaView menghadirkan berbagai tampilan warna dengan tema yang berbeda dan dapat diubah sesuai dengan gaya konsumen. Dengan fitur ini, konsumen juga dapat meninggalkan pesan dan pengingat untuk anggota keluarga lainnya pada layar LCD pada pintu kulkas.
Menjadi pemimpin dalam hal perangkat rumah tangga yang memenuhi kebutuhan konsumen dengan lebih baik, LG menghadirkan berbagai produk yang disesuaikan dengan kebutuan konsumen dan layanan khusus lainnya yang dapat memfasilitasi maupun meningkatkan gaya hidup konsumen. Saat membeli peralatan rumah tangga berteknologi ThinQ UP 2.0, konsumen dapat memilih berbagai layanan yang dapat memudahkan pengelolaan rumah tangga. Termasuk di antaranya adalah layanan berlangganan dan servis peralatan rumah tangga untuk menjaga performa yang optimal, layanan binatu untuk perawatan pakaian tertentu, dan layanan pemesanan deterjen atau bahan makanan segar yang otomatis dan dapat menghemat waktu.
Dengan dukungan teknologi ThinQ UP 2.0 terbaru, mesin cuci dari LG kini dapat menjadi solusi all-in-one yang dapat mendukung gaya hidup pengguna, seperti menyediakan berbagai layanan praktis, mulai dari dry-cleaning, penyimpanan pakaian, dan masih banyak lagi.
Konsumen dapat mendaftarkan diri untuk menggunakan layanan berlangganan LG mulai dari rentang waktu tiga tahun hingga enam tahun yang disediakan untuk menyesuaikan kebutuhan konsumen. Selama periode berlangganan, LG menyediakan laporan bulanan melalui aplikasi ThinQ, memberikan rekomendasi produk lainnya sesuai dengan pola penggunaan dan preferensi masing-masing pelanggan, serta memberikan rekomendasiperangkat rumah tangga yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga lainnya.
“LG ThinQ UP 2.0 merupakan awal perjalanan kami menuju model bisnis yang lebih berpusat pada pelayanan konsumen. Sebagai pemain utama dalam pasar peralatan rumah tangga global, LG berkomitmen untuk menjadi pionir ‘Home as a Service’ (HaaS) dan akan terus menghadirkan solusi inovatif yang meningkatkan kualitas hidup konsumen,” jelas Lyu Jae-cheol, president of LG Electronics Home Appliance & Air Solution Company dalam keterangan tertulisnya Minggu (27/8/2023).
Selain iti, LG akan membuka booth yang berlokasi di Hall 18, Messe Berlin, pada ajang IFA 2023 mulai 1-5 September 2023. Di sini, pengunjung dapat mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai LG Smart Cottage dan berbagai inovasi lainnya yang dapat meningkatkan kenyamanan hidup. (Lia)