Di tengah persaingan dengan brand global, antusiasme masyarakat terhadap kehadiran brand lokal di Indonesia terus meningkat. Data Ipsos Global Trends 2023 menyebut 51% masyarakat Indonesia meyakini kualitas brand lokal mampu bersaing dengan brand global.
Terkait itu, Hypefast perusahaan ritel berbasis teknologi yang menaungi sejumlah brand lokal ternama seperti Luxcrime, Bohopanna, Cessa, dan lainnya menggandeng Lazada Indonesia dan Cosmax kembali melebarkan sayapnya, dengan berkolaborasi untuk memperkuat kerja sama jangka panjang dalam mendorong pertumbuhan brand lokal di tanah air.
Artinya, saat ini brand lokal memiliki peran yang kian signifikan dan mampu berkontribusi lebih dalam pembangunan perekonomian nasional.
Achmad Alkatiri, CEO dan Founder Hypefast mengungkapkan kepercayaan masyarakat yang terus meningkat terhadap brand lokal saat ini unprecedented, dan diprediksi akan terus meningkat, seiring penetrasinya yang meluas dan menjangkau hingga ke pelosok negeri. Momentum ini adalah kesempatan emas untuk mendorong dominasi brand dan produk lokal.
“Sebagai perusahaan yang menaungi sejumlah brand lokal, kami sadar usaha ini hanya bisa terwujud melalui kolaborasi dengan berbagai pemain ekosistem retail terbaik di Tanah Air seperti Lazada dan Cosmax,” Achmad Alkatiri diacara peresmian Indonesia Brand Forum Summit 2024 saat ditemui di kawasan Menteng Jakarta Rabu (30/11/2023).
Menyambut komitmen bersama ini CEO Lazada, James Chang menyampaikan, “Kami menyambut baik inisiatif dari Hypefast untuk bisa bergerak bersama memajukan brand lokal Indonesia. Kemitraan ini sejalan dengan komitmen Lazada untuk membantu brand lokal meraih kesuksesan di pasar yang terus berkembang pesat di Indonesia. Di Lazada sendiri, sudah ada lebih dari 500 brand lokal ternama Indonesia yang bergabung. Kami percaya, komitmen kerjasama ini dapat menjadi penguat ekosistem bisnis lokal untuk dapat terus bertumbuh, terutama dengan berbagai fasilitas dan fitur yang Lazada sediakan untuk brand-brand lokal yang bergabung ke Lazada.”
Bentuk kerja sama secara konkrit dituangkan dalam Joint Business Plan (JBP) antara Lazada Indonesia dengan berbagai brand lokal yang dinaungi oleh Hypefast, termasuk di antaranya exclusive launch products, joint event, marketing barter, trainings and development, hingga berbagai inovasi lainnya untuk mendukung pertumbuhan brand lokal.
Selain itu, berangkat dari data internal Hypefast yang dihimpun dari lebih dari 3000 brand lokal Indonesia, salah satu tantangan terbesar dalam bisnis brand lokal adalah supply chain, product development, dan proses produksi yang membutuhkan profesionalisme dengan standar kualitas tinggi–khususnya untuk kategori health and beauty. Untuk itu, dalam kesempatan ini Hypefast juga memperkuat kerja sama dengan Cosmax sebagai perusahaan produsen health and beauty terdepan di Indonesia yang memiliki fasilitas produksi berstandar Internasional.
President Director Cosmax Indonesia, Cheong Min-Kyoung menyampaikan, “Cosmax Indonesia berkomitmen untuk menghadirkan produk-produk health and beauty berkualitas dan relevan dengan kebutuhan pasar Indonesia. Keterlibatan mitra lokal memegang peranan penting dalam mewujudkannya; melalui kolaborasi dengan brand lokal dalam mengembangkan produk yang tidak hanya memenuhi standar global kami, tetapi juga merespons secara langsung preferensi dan kebutuhan pasar lokal.” Bentuk kerja sama konkrit yang dibangun antara Hypefast dan Cosmax adalah berupa transfer teknologi melalui penelitian dan pengembangan produk untuk brand yang berada di bawah naungan Hypefast.
Indonesia Brand Forum Summit 2024
Sebagai bagian dari tanggung jawab sosial dan kontribusi Hypefast dalam kemajuan industri brand lokal di tanah air secara keseluruhan, di Januari 2024 nanti Hypefast akan menggelar Indonesia Brand Forum Summit (IBFS) 2024, yang merupakan wujud nyata Hypefast dalam memfasilitasi pertemuan antara para pelaku dan pendukung bisnis lokal tanah air, mulai dari brand founders, marketplaces, perusahaan manufaktur, distributor, hingga reseller untuk dapat bertukar insights, semangat, dan inspirasi agar bersama-sama dapat membangun brand lokal yang berdaya lenting tinggi.
Lewat inisiasi ini, CEO dan Founder Hypefast, Achmad Alkatiri menegaskan, “Penyelenggaraan Indonesia Brand Forum Summit (IBFS) 2024 menjadi manifestasi dari komitmen kami untuk terus mendukung kemajuan brand lokal di Indonesia. Kami berharap, melalui kemitraan lokal dan ekosistem brand lokal yang kuat, bersama-sama kita dapat berkontribusi lebih bagi kemajuan ekonomi Indonesia.” (FA)
Comment