by

Dampak Inisiatif Jasa Pengiriman Terhadap Pertumbuhan UMKM

Geliat bertransaksi online melalui platform digital mempengaruhi pertumbuhan bisnis dari skala kecil hingga menengah. Hal itu, bisa dirasakan dengan hadirnya para pelaku UMKM yang menjadi salah satu penggerak ekonomi dan mendorong pembelian lebih banyak dari dalam negeri. Selain itu, perkembangan teknologi yang ada saat ini begitu mendorong gencarnya transaksi jual beli online yang bisa dilakukan kapan dan dimana saja.

Menurut data UMKM yang dirilis ASEAN Investmen Report pada September 2022, naik sampai 8,71 juta unit usaha sehingga menjadikan Indonesia berada di posisi pertama tertinggi di tingkat ASEAN dan kemudian disusul oleh Thailand dengan jumlah UMKM sebanyak 3,1 juta selanjutnya Malaysia 2,1 juta unit usaha. Dari data tersebut juga ditemukan fakta bahwa UMKM Indonesia sudah menyerap lebih dari 97% tenaga kerja, menyumbang 60,3% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB), juga berkontribusi sebesar 14,4% terhadap ekspor nasional. Sedangkan dari data lainnya, ditemukan bahwa UMKM di Indonesia sudah beralih ke sistem digital dan menyerap 20,76 juta unit UMKM yang ada.

Dalam upaya, mendukung kemajuan UMKM di Tanah Air ‘naik kelas’. J&T Express sebagai brand jasa pengiriman yang berskala global, mendukung ketersediaan layanan pengiriman untuk memenuhi kebutuhan penjualan bagi pelaku bisnis UMKM maupun kebutuhan masyarakat setiap harinya.

Pengiriman barang yang bahkan sampai ke pelosok-pelosok juga membuat J&T Express tidak lagi diragukan dalam hal ini. Manfaat tersebut mendorong dan juga memberikan dampak bagi perekonomian di Indonesia yang semakin maju.

Robin Lo, CEO J&T Express menuturkan bersama tim nya di J&T Express pencapaian tersebut selalu dalam persiapan yang matang.

“Persiapan yang utama bagi kami adalah SDM serta armada yang memadai, sebab itu kami lakukan penambahan tenaga dan kapasitas unit sehingga operasional tetap mampu berjalan normal dan efisien,” tutur Robin Lo kepada storypreneur.id belum lama ini.

“Oleh karena itu, memasuki tahun ke-8 melayani pengiriman di Indonesia, J&T Express berkomitmen untuk terus memberikan ruang baru bagi kebutuhan masyarakat, baik pengguna jasa maupun pelaku bisnis e-commerce dan UMKM yang terus berkembang dan tentunya bisa merasakan dampak positif bagi kelangsungan usahanya,” imbuhnya.

Seiring dengan berjalannya waktu, kebutuhan untuk pengiriman semakin berkembang, untuk menjawab kebutuhan itu J&T Express pun menghadirkan beberapa pilihan layanan sesuai kebutuhan pengiriman. Selain layanan regular (EZ) dan J&T Super yang menjadi unggulan pengiriman sesama kota yang dapat diantarkan dalam waktu satu hari, perusahaan ini juga memperkenalkan layanan baru, J&T Doc, yang menekankan kenyamanan pengiriman paket dokumen serta opsi biaya pengiriman yang lebih hemat dengan pelayanan yang nyaman dan menjangkau seluruh Indonesia.

Lebih dari itu, J&T Express juga terus meningkatkan efisiensi operasional pengiriman melalui penggunaan mesin sortir otomatis. Ini bertujuan untuk
menjaga kualitas Service-Level Agreement (SLA) yang dipegang tinggi oleh perusahaan dalam memenuhi kebutuhan pengirimannya. Bagi masyarakat yang memiliki kebutuhan pengiriman ke luar negeri, J&T Express menawarkan layanan pengiriman J&T International Standard Express untuk tujuan Malaysia, Singapura, Thailand, dan China. (Teks.FA/Foto: Dok J&T Express)