by

Minat Belanja Masyarakat Tinggi Beri Dampak Positif Bagi Pertumbuhan Brand Lokal Dan UMKM

Era digital saat ini, belanja online sepertinya menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat. Setiap orang memiliki cerita unik dalam memanfaatkan keunggulan belanja online blewat ecommerce untuk memenuhi kebutuhan. Tingginya minat masyarakat ini turut membuka
peluang bagi pelaku usaha dalam mengembangkan bisnis mereka.

Bisa dikata, kehadiran platform ecommerce berkontribusi signifikan pada aspek ekonomi dan kehidupan sosial masyarakat, serta menjadi solusi bagi kebutuhan pembeli dan penjual.

Dalam upaya, menjalankan perannya sebagai destinasi belanja online bagi masyarakat, Shopee telah menghadirkan inovasi dan program bermanfaat bagi seluruh ekosistem. Berbagai kampanye dan kurasi produk terbaik yang disesuaikan dengan preferensi pengguna di laman Shopee Mall, hingga fitur Shopee Live dan Shopee Video yang memberikan kesempatan interaksi lebih dekat antara penjual dan pembeli, menjadi bentuk nyata dari upaya Shopee untuk tumbuh beriringan dengan kebutuhan rakyat serta meningkatkan pengalaman belanja pengguna.

Putri Lukman, Director of Business (Fashion & FMCG) Shopee Indonesia mengatakan Shopee terus berkomitmen untuk menjadi bagian dari banyak cerita inspiratif para pengguna dalam mengoptimalkan berbagai inovasi teknologi dan rangkaian program yang kami hadirkan. Selaras dengan misi Shopee yang konsisten untuk mendukung perkembangan dalam kehidupan masyarakat melalui teknologi, berbagai inovasi pun Shopee dedikasikan untuk menyesuaikan dengan cara dan perilaku masyarakat berbelanja yang telah bertransformasi mulai dari fitur Shopee Mall hingga rangkaian fitur interaktif, Shopee Live dan Shopee Video.

“Inisiatif ini telah hadir mewarnai perjalanan preferensi belanja masyarakat dari waktu ke waktu
dengan menyuguhkan pengalaman yang menyenangkan, nyaman, dan terpercaya. Sekaligus membawa dampak positif yang signifikan terhadap pertumbuhan bisnis UMKM dan brand lokal dengan memperbanyak pintu kesempatan produk lokal dalam memperluas jangkauannya,” jelas Putri Lukman diacara Bincang Shopee saat ditemui di Gedung Gama Rasuna Said, Kuningan Jakarta Selasa (25/6/2024).

Melalui acara yang bertajuk ‘Bercerita Bersama Shopee: Membangun Impian, Mewujudkan Kesuksesan’, Shopee mengundang Aaliyah Massaid serta dua brand lokal Luxcrime dan Careso untuk mendengarkan cerita mengenai manfaat dan peluang yang dirasakan dari berbagai inovasi program dan teknologi fitur Shopee.

Para narasumber berbagi kisah mengenai peran Shopee dalam membangun mimpi di kehidupan mereka dan mewujudkan kesuksesan yang diharapkan, serta mengulik keuntungan yang didapatkan dari fitur dan program Shopee yang mereka gunakan.

Perkuat interaksi melalui Shopee Live, Careso berhasil tingkatkan penjualan
Joseph Sebastian sebagai Founder & CEO Careso menceritakan awal perjalanan yang ia lalui bersama Shopee

Bisa dibilang penjualan pertama produk Careso kepada konsumen adalah melalui Shopee. Bahkan di hari pertama Careso upload produknya di Shopee, langsung
ada yang membeli.

Diakui Joseph saat itu, Careso belum memiliki marketing yang dilakukan dan masih toko biasa, bahkan belum menjadi Star Seller. Melihat hal ini, ia mulai memfokuskan penjualan Careso
dan mengikuti berbagai kampanye di Shopee, hingga akhirnya bisa menjadi penjual Shopee Mall di tahun yang bersamaan. Bersama jaminan 100% Ori yang dimiliki Shopee Mall, eksposur
Careso juga semakin luar biasa karena masyarakat merasakan keamanan dan yakin terhadap produk dari toko resmi.

“Ini semua mengantarkan Careso hingga mendapatkan peningkatan penjualan 10 kali lipat saat kampanye angka kembar Shopee dibandingkan hari biasa. Dengan banyaknya keuntungan yang diberikan, khususnya untuk brand lokal seperti Careso, saya puas sekali dengan Shopee sebagai sebuah platform e-commerce yang mendukung hasil karya anak bangsa,” cerita Joseph.

Sebelumnya brand fragrance lokal yang dimulai dari bisnis rumahan di tahun 2019, mengalami tantangan besar saat akan meluncurkan produknya.

Bagaimana tidak? Sudah siap untuk meluncurkan produk lewat offline retail ternama dengan toko yang tersebar di seluruh Indonesia, namun kemudian pandemi terjadi dan Joseph terpaksa harus mengubah strategi pemasaran dan penjualan Careso dengan bergabung bersama Shopee di awal tahun 2020. Dimulai dari meluncurkan 6 produk body fragrance di Shopee, hingga kini Careso sudah memiliki lini body lotion, EDP perfume, body wash, dan lini produk baru Careso Baby yang aman untuk kulit bayi.

Tidak hanya mengikuti berbagai kampanye yang Shopee hadirkan, Careso juga melihat peluang dan merasakan manfaat yang signifikan dari fitur Shopee Live dan Shopee Video. Memiliki produk wewangian yang tidak bisa ditunjukkan warna ataupun tekstur seperti produk kecantikan lainnya, kedua fitur interaktif Shopee ini memberikan kemudahan bagi Careso dalam membantu konsumen melakukan keputusan pembelian. Tiap produk Careso sendiri memiliki desain, warna, dan portrayal masing-masing yang dibuat untuk memicu imaginasi dan memori konsumen. Dengan cara yang khas ini, Careso dapat mendeskripsikan wangi dari 16 jenis wewangian yang dimiliki dan memberikan rekomendasi secara langsung dari preferensi yang
konsumen sampaikan di kolom komen melalui Shopee Live. Lewat Shopee Video, Careso juga sering memberikan tips dan info bagi konsumen sehingga lebih mudah memilih produk yang
sesuai, seperti tips memilih antara body mist dan EDP Careso sesuai dengan kebutuhan.

“Kami melihat peningkatan drastis terhadap penjualan Careso setelah menggunakan kedua fitur interaktif Shopee. Kontribusi Shopee Live sangat besar bagi keseluruhan pendapatan Careso, dimana 40% total pendapatan di semester I tahun 2024 berasal dari penjualan di Shopee Live. Platform Shopee ini sudah lengkap sekali untuk brand lokal seperti kita untuk tumbuh dan berkembang, dan fitur yang dimiliki menurut saya sangat di atas platform lain. Saya yakin jika Shopee dimanfaatkan dengan baik, dapat menjadi batu loncatan bagi kesuksesan lebih banyak brand lokal dan UMKM di luar sana,” tambah Joseph.

Luxcrime maksimalkan Shopee Video, hadirkan daya tarik belanja lewat konten kreatif

Membawa mimpi menjadi brand kecantikan lokal pilihan masyarakat, Luxcrime konsisten berinovasi menciptakan beragam lini produk yang mampu melindungi pesona kulit masyarakat Indonesia. Berdiri pada 2015, perjalanan Luxcrime kala itu tidak mudah karena masih banyak yang memandang produk kecantikan lokal sebelah mata. Sejak bergabung dengan Shopee, Luxcrime pun berhasil mentransformasi bisnisnya dengan menjangkau lebih banyak konsumen.

Dalam empat tahun terakhir, mereka mengalami pertumbuhan signifikan dengan lonjakan transaksi yang terus meningkat, berkat kontribusi Shopee sebagai platform sumber pendapatan
terbesar Luxcrime diantara platform lainnya. Terlebih, di berbagai momen kampanye belanja Shopee mampu meningkatkan transaksi hingga 12 kali lipat dibandingkan hari biasa.

Selama sembilan tahun berdiri, Luxcrime terus fokus menciptakan banyak terobosan melalui berbagai lini produk kecantikan berkualitas.

Perjuangan tersebut mengantarkan produk unggulan Blur & Cover Two Way Cake menjadi pilihan utama untuk melindungi dan menghiasi wajah banyak perempuan Indonesia. Tren positif ini membawa performa Luxcrime semakin meningkat dan berhasil naik kelas dengan bergabung dengan fitur Shopee Mall dalam beberapa tahun terakhir, dengan menghadirkan pengalaman belanja yang lebih premium dan jaminan mutu produk yang semakin berkualitas. Tidak cepat berpuas diri, Luxcrime senantiasa membaca tren live shopping yang semakin digemari masyarakat dengan mulai memanfaatkan fitur interaktif Shopee Live dan Shopee Video sejak tahun 2022. Melalui Shopee Video, mereka rutin berbagi inspirasi melalui konten-konten bertemakan beauty tips untuk berbagai kebutuhan agar tampil menawan, beauty hacks untuk beragam jenis karakteristik kulit masyarakat Indonesia.

Bagi mereka, kehadiran fitur interaktif telah melengkapi journey pengalaman belanja konsumen dan mampu membangun hubungan yang lebih dekat dengan para pelanggan.

Melisa Andriani, General Manager Luxcrime, mengatakan “Semenjak aktif memanfaatkan fitur Shopee Live, menghasilkan sekitar 30 persen penjualan Luxcrime di Shopee berasal
dari pengguna yang menikmati konten-konten interaktif di Shopee Live. Performa penjualan gemilang ini tidak terlepas dari semakin interaktifnya kami menciptakan beragam jenis sesi live streaming dan konten video kreatif, yang sukses menarik lebih banyak konsumen baru untuk jatuh cinta dengan produk-produk Luxcrime. Melalui fitur interaktif Shopee Live dan Shopee Video pun membawa kami berhasil membuka lebih banyak lapangan pekerjaan, memperkenalkan lebih banyak bahan baku alami khas dari berbagai daerah di Indonesia, serta meningkatkan eksposur produk-produk kecantikan lokal. Kedepannya, kami akan terus giat menciptakan inovasi produk baru agar terus menjadi solusi bagi masyarakat Indonesia”.

Cerita Aaliyah Massaid membagi waktu dan memenuhi kebutuhan bersama Shopee

Dampak positif kehadiran rangkaian kampanye dan fitur interaktif dari Shopee pun turut dirasakan oleh para pengguna. Di tengah kesibukannya sebagai content creator, penyanyi, dan
mahasiswa, Aaliyah Massaid selalu mengandalkan Shopee sebagai solusi untuk menjawab berbagai kebutuhannya, salah satunya melalui fitur Shopee Mall Memiliki kegemaran berbelanja mengoleksi ragam item fashion untuk mendukung penampilannya di setiap kesempatan, perempuan yang akrab disapa Aaliyah ini merasa kehadiran fitur Shopee Mall sangat memperkaya pengalaman belanja menjadi lebih premium. Melalui fitur tersebut, Aaliyah mampu menemukan berbagai brand favoritnyadengan ketersediaan variasi pilihan produk yang lengkap, ditambah penawaran dan promo yang spesial, serta tentunya bergaransi 100% Ori. Melihat perkembangan tren belanja masyarakat saat ini, menurutnya pengalaman belanja bukan lagi sekadar kegiatan fungsional, melainkan sebuah pengalaman yang penuh interaksi.

Menjawab kebutuhan tersebut, Aaliyah merasa kehadiran fitur interaktif seperti Shopee Live dan Shopee Video telah menjadi angin segar bagi para penggemar tren live shopping. Ia
merasakan lebih terlibat dalam setiap momen berbelanjanya. Mulai dari mampu berinteraksi secara real-time dengan para penjual sehingga berkesempatan mendengarkan penjelasan detail produk secara langsung, melihat wujud impresi produk secara langsung melalui sesi try-on produk di Shopee Live maupun review produk di Shopee Video, dan tentunya bisa kepoin barang kapanpun melalui sesi Q&A secara langsung. Tidak jarang Aaliyah melakukan kegiatan seru saat berbelanja bersama orang tersayangnya untuk selalu menghabiskan waktu produktif menjadi momen berharga.

“Akhir-akhir ini, aku rutin menghabiskan quality time untuk scrolling dan check-out daftar belanja di keranjang oranye, mulai dari belanja bulanan bersama pasangan, produk kecantikan dan fashion bersama keluarga, hingga perlengkapan hobi olahraga bersama teman-teman. Kehadiran fitur Shopee Mall memudahkan aku membagi waktu di tengah kesibukan sehingga bisa rutin ‘cuci mata’ berbelanja di brand favorit dengan nyaman dan aman tanpa harus keluar rumah. Sama halnya dengan fitur Shopee Live dan Shopee Video yang mampu menghubungkan aku lebih dekat dengan brand kesayangan melalui pengalaman belanja interaktif. Tidak jarang, aku menghabiskan waktu luang menonton konten-konten interaktif untuk mencari inspirasi sebelum berbelanja. Semoga Shopee dapat terus menjadi ‘comfort place’ yang tidak tergantikan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hariku,” jelas Aaliyah Massaid, Content Creator.

“Kebangaan tersendiri bagi Shopee dapat melihat secara langsung dampak yang kami berikan bagi seluruh pengguna kami. Ternyata apa yang Shopee hadirkan dan siapkan melalui
kampanye, fitur dan program telah membawa manfaat signifikan, dan misi Shopee dapat terealisasi dengan nyata. Ini menjadi dorongan bagi kami untuk terus konsisten berinovasi menjawab seluruh kebutuhan pengguna, serta membuka lebih banyak peluang bagi UMKM dan Brand lokal untuk terus berkembang meniti kesuksesan,” tutup Putri. (FA)

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed