Berupaya dalam menunjukkan eksistensinya di dunia bisnis, LG Electronics (LG) berkomitmen untuk terus memantapkan posisinya di pasar Indonesia. Salah satunya melalui keberlanjutan pengembangan Pusat Penelitian dan Pengembangan (R&D) di Indonesia.
Pusat Penelitian dan Pengembangan (R&D) LG di Indonesia berdiri di area seluas 40.000 meter persegi di Cibitung, Indonesia bertujuan memperkokoh pijakan perusahaan di pasar global. Pusat penelitian dan pengembangan ini memainkan peranan vital bagi performa LG Electronics Indonesia dalam menjadi tempat pengujian berbagai inovasi terbaru LG yang bakal menjadi bagian pengembangan TV bagi pasar global.
Penelitian dan pengembangan ini tidak hanya sebatas pengembangan produk saja, melainkan juga pada berbagai pengujian ekstrim seperti ketahanan terhadap kelembapan dan panas serta kekuatan akibat getaran dan jatuh ketika produk masih didalam kemasan. Semua pen-gujian ini dilakukan guna meningkatkan ketahanan produk saat dikirim ke konsumen atau digunakan oleh mereka. Khususnya untuk Indonesia, keberadaannya memung-kinkan perusahaan untuk dapat melakukan operasi satu atap yang dengan mudah menghubungkan semua langkah rantai pasokan, mulai dari pengembangan produk, produksi, pemasaran dan penjualan produk, hingga layanan produk purna jual yang tanggap atas permasalahan yang dihadapi oleh konsumen.
Hal ini sekaligus menjadikan LG Electronics Indonesia sebagai perusahaan LG pertama di dunia yang dapat melakukan peran terintegrasi tersebut sekaligus.
Lee Soyeoun, Presiden LGE R&D Lab Indonesia menjelaskan R&D ini memperkuat positioning LG sebagai perusahaan yang memiliki komitmen tinggi terhadap Indonesia melalui penyediaan produk berkualitas tinggi, mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia yang berkompetensi tinggi melalui penyediaan lapangan kerja dan transfer pengetahuan serta inovasi.
“Harapan kami ke depan, LG R&D di Indonesia bisa terus memberikan kontribusi yang lebih besar, tidak hanya bagi LG tetapi juga bagi masyarakat Indonesia,” jelas Lee Soyeoun dalam keterangan resminya Rabu (24/7/2024).
Terkait dengan pemberdayaan sumber daya manusia lokal, sebelumnya LG telah mengirimkan 100 tenaga kerja lokal untuk menjalani pelatihan di Korea, mempersiapkan mereka dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan. Dengan kompetensi yang kuat, departemen teknis dan DQA (Development Quality Assurance) R&D Indonesia dipimpin oleh pemimpin tim lokal. R&D Indonesia akan terus berkembang dengan sekitar 400 karyawan aktif, sambil terus merekrut dan mengembangkan tenaga kerja melalui kemitraan dengan universitas terkemuka di Indonesia.
Untuk meningkatkan kualitas SDM masa depan LG R&D di Indonesia tengah menjajaki program beasiswa, program magang dan sponsorship proyek, serta kolaborasi dengan lembaga pendidikan terkemuka di Indonesia. Langkah ini diharapkan akan memperkuat hubungan antara industri dan akademisi, serta membuka kesempatan yang lebih luas bagi generasi muda tanah air dengan talenta tinggi yang dapat mendorong terciptanya inovasi dalam pengembangan produk LG yang lebih adaptif terhadap kebutuhan pasar global.
LG R&D di Indonesia telah menerapkan standar yang tinggi dalam operasionalnya dan telah memperoleh tiga sertifikasi ISO terkait SHEE (Keamanan, Kesehatan, Lingkungan, dan Energi) yaitu ISO 14001 (Manajemen Lingkungan), ISO 45001 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja), dan ISO 50001 (Manajemen Energi). Sertifikasi ini menunjukkan komitmen LG terhadap operasional yang aman dan ramah lingkungan.
R&D LG di Indonesia menunjukkan komitmen terhadap kontribusi hijau dan keberlanjutan dengan membangun Sistem Manajemen Bangunan (BMS) untuk efisiensi energi. BMS ini mengatur penggunaan energi melalui monitoring dan kontrol terhadap pendingin udara, ventilasi, air industri, alarm kebakaran, listrik dan membantu mengurangi penggunaan energi secara signifikan.
Peran LG R&D di Indonesia tidak hanya terbatas pada peningkatan efisiensi operasional, tetapi juga pada penyesuaian produk dengan kebutuhan lokal, termasuk mengurus sertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI). Selain itu, R&D di Indonesia juga aktif dalam riset dan pengembangan produk terbaru seperti TV LG OLED G4 yang menggunakan 60% lebih sedikit plastik dari TV biasa sehingga mendapat sertifikasi Ramah Lingkungan (Eco-Friendly Certification) selama empat tahun berturut-turut.
Kedepannya R&D LG di Indonesia akan terus berupaya menjadi lebih berkelanjutan dengan aktif dalam program ESG mengikuti jejak LG Indonesia melalui LG LOVES Indonesia. Melalui program ini, LG berfokus pada ‘LG Loves Green’ untuk perlindungan lingkungan, ‘LG Loves School’ untuk pendidikan, dan ‘LG Loves and Cares’ yang bertujuan untuk meningkatkan kondisi sosial, kesejahteraan masyarakat, atau memecahkan masalah sosial tertentu. Serta LG ‘Loves Children’ yang dirancang untuk menitikberatkan perhatian pada perkembangan anak-anak Indonesia
“Sejalan dengan moto perusahaan Life’s Good dan upayanya untuk menciptakan hidup yang lebih baik melalui inovasi, LG bertekad untuk terus memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat Indonesia dan global,” tutup Lee Soyeoun. (FA)