by

NVIDIA Mempercepat Pengembangan Robotika Humanoid

Dalam upaya, mempercepat pengembangan humanoid dalam skala global, NVIDIA hari ini mengumumkan tersedianya serangkaian layanan, model, dan platform komputasi untuk produsen robot terkemuka di dunia, pengembang model AI, dan pembuat perangkat lunak dalam mengembangkan, melatih, dan membangun robot humanoid generasi berikutnya.

Penawaran tersebut antara lain adalah layanan mikro dan kerangka kerja NVIDIA NIM baru untuk simulasi dan pembelajaran robot, layanan orkestrasi NVIDIA OSMO untuk menjalankan beban kerja robotik multi-tahap, dan alur kerja teleoperasi berbasis AI dan simulasi yang memungkinkan pengembang melatih robot menggunakan sejumlah kecil data demonstrasi manusia.

“Gelombang AI berikutnya adalah robotika dan salah satu perkembangan paling menarik adalah robot humanoid,” kata Jensen Huang, pendiri dan CEO NVIDIA dalam keterangan tertulisnya Rabu (31/7/2024).

“Kami memajukan seluruh rangkaian robotika NVIDIA, membuka akses bagi pengembang dan perusahaan humanoid di seluruh dunia untuk menggunakan platform, perpustakaan akselerasi, dan model AI yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka,” imbuhnya.

Mempercepat Pengembangan Dengan NVIDIA NIM dan OSMO

Layanan mikro NIM menyediakan container yang telah dibuat sebelumnya, didukung oleh perangkat lunak inferensi NVIDIA, yang memungkinkan pengembang mengurangi waktu penerapan dari minggu ke menit. Dua layanan mikro AI baru akan memungkinkan ahli robotik meningkatkan alur kerja simulasi untuk AI fisik generatif di NVIDIA Isaac, aplikasi referensi untuk simulasi robotika yang dibangun pada platform NVIDIA Omniverse.

MimicGen NIM menghasilkan data gerakan sintetis berdasarkan rekaman data yang dioperasikan melalui jarak jauh dari perangkat komputasi spasial seperti Apple Vision Pro. Robocasa NIM menghasilkan tugas robot dan lingkungan siap simulasi di OpenUSD. kerangka kerja universal untuk mengembangkan dan berkolaborasi dalam dunia 3D.

NVIDIA OSMO, yang kini tersedia, adalah layanan terkelola cloud-native yang memungkinkan pengguna mengatur dan menskalakan alur kerja pengembangan robotika yang kompleks di seluruh sumber daya komputasi terdistribusi, baik di lokasi maupun di cloud.

OSMO sangat menyederhanakan pelatihan robot dan alur kerja simulasi, memotong waktu siklus penerapan dan pengembangan dari beberapa bulan menjadi kurang dari seminggu. Pengguna dapat memvisualisasikan dan mengelola berbagai tugas — seperti menghasilkan data sintesis model pelatihan, melakukan pembelajaran, penguatan dan menerapkan pengujian perangkat lunak dalam skala besar untuk humanoid, robot bergerak otonom, dan manipulator industri.

Memajukan Alur Kerja Pengambilan Data untuk Pengembang Robot Humanoid

Model dasar pelatihan untuk robot humanoid membutuhkan data dalam jumlah yang sangat besar. Salah satu cara untuk menangkap data demonstrasi manusia adalah dengan menggunakan teleoperasi, namun hal ini menjadi proses yang semakin mahal dan memakan waktu.

Alur kerja referensi teleoperasi berbasis NVIDIA AI dan Omniverse, yang didemonstrasikan pada konferensi grafis komputer SIGGRAPH, memungkinkan para peneliti dan pengembang AI menghasilkan sejumlah besar data gerak sintetis dan persepsi dari sejumlah kecil demonstrasi manusia yang diambil dari jarak jauh.

Pertama, pengembang menggunakan Apple Vision Pro untuk menangkap sejumlah kecil demonstrasi yang dioperasikan melalui jarak jauh. Kemudian, mereka mensimulasikan rekaman di NVIDIA Isaac Sim dan menggunakan MimicGen NIM untuk menghasilkan kumpulan data sintetis dari rekaman tersebut.

Pengembang melatih model fondasi humanoid Project GROOT dengan data nyata dan sintetis, memungkinkan pengembang menghemat waktu dan mengurangi biaya. Mereka kemudian menggunakan Robocasa NIM diIsaac Lab sebuah kerangka kerja untuk pembelajaran robot, untuk menghasilkan pengalaman guna melatih ulang model robot. Sepanjang alur kerja, NVIDIA OSMO dengan mulus menugaskan pekerjaan komputasi ke berbagai sumber daya, sehingga menghemat waktu berminggu-minggu bagi pengembang untuk melakukan tugas administratif.

Fourier, sebuah perusahaan platform robot serba guna, melihat manfaat penggunaan teknologi simulasi untuk menghasilkan data pelatihan secara sintetis.

“Mengembangkan robot humanoid sangatlah kompleks membutuhkan data nyata dalam jumlah besar, yang diambil dengan susah payah dari dunia nyata,” kata Alex Gu, CEO Fourier.

“Simulasi baru dan alat pengembang AI generatif dari NVIDIA akan membantu melakukan bootstrap dan mempercepat alur kerja pengembangan model kami,” pungkasnya.

Ketersediaan

Pengembang dapat bergabung dengan Program Pengembang Robit Humanoid NVIDIA, sekarang untuk mendapatkan akses ke NVIDIA OSMO dan Isaac Lab, dan akan segera mendapatkan akses ke layanan mikro NVIDIA NIM. (FA)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed