by

Pemkot Pematangsiantar Apresiasi Langkah Positif Ayoomall Melalui Bimbingan Teknis E-purchasing

Sebelumnya, sukse menyelenggarakan soft launching toko daring AyooMall di Jakarta beberapa waktu lalu. Kini, AyooMall bekerjasama dengan Pemerintah Kota Pematangsiantar melaksanakan sosialisasi dan bimbingan teknis e-purchasing. dengan mengangkat tema “Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Belanja E-Purchasing Melalui Toko Daring AyooMall di Lingkungan Pemerintah Kota Pematangsiantar” dan telah sukses diselenggarakan selama 2 hari, Selasa (3/9) dan Rabu (4/9) di Ruang Serbaguna Balai Kota Pematangsiantar.

Di hari pertama acara sukses diselenggarakan serta dihadiri oleh peserta penyedia barang/jasa di Kota Pematangsiantar dan turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Pematangsiantar dan Kepala Bagian Pengadaan Barang/Jasa (PBJ) Kota Pematangsiantar.

Acara dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kota Pematangsiantar, Bapak Junaedi Antonius Sitanggang, S.STP., M.Si, yang dalam hal ini turut menyambut positif dan mengapresiasi dukungan yang telah diberikan oleh AyooMall. Acara ini diharapkan dapat meningkatkan partisipasi penyedia UKM dan koperasi dalam mendorong pemanfaatan produk dalam negeri pada proses pengadaan barang/jasa pemerintah.

Apresiasi pun turut disampaikan oleh Kabag PBJ Kota Pematangsiantar, Santo Simanjuntak, S.H setelah sesi pelaporan kegiatan. Kabag PBJ turut menyoroti dan menegaskan terkait sanksi penyedia yang melanggar ketentuan dalam melaksanakan proses e-purchasing. Sehingga menurutnya dengan diselenggarakan acara seperti ini dapat dijadikan sarana pembelajaran dan Pemkot pun sangat berharap para penyedia dapat memahami betul prosedur-prosedur yang sesuai dan menghindari kecurangan dalam melakukan proses belanja e-purchasing.

Kehadiran AyooMall dalam acara yang diikuti oleh sebagian besar penyedia barang/jasa di wilayah Kota Pematangsiantar adalah untuk memperkenalkan AyooMall lebih mendalam kepada penyedia/merchant.

Aldo Rezha Sayudha, selaku Business Development Manager AyooMall  menyampaikan sangat mengapresiasi ketertarikan dan semangat para penyedia dalam mengikuti acara. Selain menjelaskan secara singkat mengenai latar belakang AyooMall, ia juga memberikan pemaparan terkait prosedur pendaftara akun penyedia/merchant sekaligus melakukan simulasi transaksi secara langsung kepada para penyedia.

Setelah sukses menggelar acara hari pertama bersama peserta penyedia, acara dilanjutkan di hari kedua dengan peserta yang meliputi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK). Pengguna Anggaran (PA), Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dan segenap perwakilan Organisasi Perangkat Daerah Pemerintah Kota Pematangsiantar. Adapun pejabat penting pemerintah kota turut menghadiri acara dan memberikan pemaparan materi yang berkaitan dengan proses pengadaan barang dan jasa di lingkup pemerintahan kota.

Selanjutnya, acara diawali dengan sambutan Walikota Pematangsiantar, yang dalam kesempatan tersebut diwakilkan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Pematangsiantar, Zainal Siahaan, S.E., M.M. “Sesuai hasil diskusi sebelumnya antara Ibu Walikota, Pak Kabag, dan tim AyooMall, serta dipilihnya Kota Pematangsiantar sebagai kota pertama pelaksanaan sosialisasi dan bimtek belanja e-puchasing bersama AyooMall selaku toko daring.

“Tentunya hal ini membuat kami bangga dan berterima kasih kepada tim AyooMall, karena Kota Pematangsiantar sudah terdepan dalam pelaksanaan program pemerintah pusat sesuai Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2022 tentang Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri dan Produk Usaha Mikro, Usaha Kecil dan Koperasi dalam rangka menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia pada Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, “ ujar Zainal Siahaan, S.E., M.M dalam keterangan tertulisnya Sabtu (7/9/2024).

Di acara hari kedua, AyooMall menyambut tamu hadirin dengan sekilas mengenai profil perusahaan. Selain itu juga lebih memfokuskan pemaparan materi kepada user/pengguna dalam menjalankan proses belanja di Toko Daring AyooMall.

“Tentunya kami sangat berterima kasih dan memberikan apresiasi yang tinggi bagi segenap jajaran tim dari pemkot Pematangsiantar, khususnya Pak Kabag PBJ karena telah sangat welcome kepada AyooMall dan antusias menerima kami dengan sangat baik. Semoga dengan adanya AyooMall hadir di tengah-tengah kita dapat mempermudah proses belanja e-purchasing dan tentunya meningkatkan kesejahteraan para pelaku usaha dan koperasi di wilayah Kota Pematangsiantar,” pungkas Dhika Adi Prasetia (Business Analyst & Development Manager AyooMall) dalam pidato sambutannya mewakili AyooMall hari Rabu (4/9).

Dikesempatan ini, Aldo Rezha Sayudha (Business Development Manager AyooMall) kembali hadir memperkenalkan AyooMall dan memandu proses pendaftaran akun perangkat daerah selaku pengguna di website AyooMall. Selama dua hari penyelenggaraan acara di Kota Pematangsiantar, sebanyak lebih dari 90 orang PPK hadir sebagai peserta sosialisasi dan bimtek belanja e-purchasing dan sebanyak total 20 akun penyedia/merchant sudah berhasil melakukan pendaftaran di AyooMall. Adapun beberapa kendala yang ditemukan dalam proses registrasi akun penyedia/merchant diantaranya berkas dokumen pendaftaran yang kurang lengkap dan kurangnya pemahaman beberapa penyedia dalam mengakses komputer dan internet.

Pihak pemerintah Kota Pematangsiantar menaruh harapan besar dengan adanya acara ini, sinergi positif antara perangkat PBJ dan penyedia UKM dan Koperasi di wilayah Kota Pematangsiantar dapat terus terjalin sehingga seluruh proses pengadaan barang jasa di Kota Pematangsiantar terlaksana dengan baik dan sesuai aturan dan anjuran yang telah ditetapkan.

Masih di wilayah Sumatera Utara, AyooMall turut melanjutkan audiensi dengan PBJ Kabupaten Samosir bertempat di Kantor Bupati Kabupaten Samosir (5/9) dalam rangka memperkenalkan AyooMall sekaligus memaparkan prosedur pendaftaran bagi penyedia dan juga pembeli di website AyooMall. (FA)