Nuon Digital Indonesia (Nuon), perusahaan digital content lifestyle & entertainment terkemuka, terus memperkuat posisinya di industri hiburan digital Tanah Air. Memasuki paruh kedua tahun 2024, Nuon mengukir pencapaian signifikan dan berkomitmen untuk menghadirkan produk-produk digital yang relevan dan berkualitas guna memenuhi kebutuhan masyarakat akan hiburan digital.
Berbagai inovasi dan kolaborasi strategis yang dilakukan sepanjang tahun ini semakin memperkokoh ekosistem bisnis hiburan digital di Indonesia.
Aris Sudewo, CEO Nuon mengatakan bahwa visi Nuon adalah untuk memberikan pengalaman digital terbaik kepada masyarakat Indonesia.
“Kami ingin memastikan bahwa masyarakat Indonesia dapat menikmati layanan hiburan digital yang berkualitas, kapan saja dan di mana saja. Dengan terus berinovasi dan memperluas kolaborasi dengan berbagai mitra, Nuon optimis dapat memberikan kontribusi signifikan bagi perkembangan industri
digital Tanah Air,” ujar Aris d8acara Meet Up Media saat ditemui dikawasan Pancoran Jakarta Kamis (26/9/2024).
Dengan demikian, Nuon melalui tiga lini bisnisnya; Digital Games, Digital Musik, dan Digital Lifestyle, memastikan produk digital yang ditawarkan tidak hanya memenuhi kebutuhan pengguna, tetapi juga memperkuat fondasi ekosistem hiburan digital nasional.
“Ekosistem yang kuat sangat penting untuk mendukung pertumbuhan industri kreatif di Indonesia. Nuon akan terus menciptakan produk berkualitas yang relevan dengan tren pasar, demi kemajuan industri ini,” jelas Aris.
Kontribusi pada Industri Gim Lokal dan Kolaborasi Global
Di sektor gim, Nuon melalui Nuon Games, terus mendorong kemajuan industri gim lokal. Salah satu langkah strategisnya adalah bekerja sama dengan pengembang lokal, Digital Happiness dan Agate, menerbitkan gim horor DreadHaunt. Gim bergenre survival horror ini sudah tersedia di platform STEAM, dan akan segera tersedia di Xbox dan PlayStation.
Selain itu, Nuon berkolaborasi dengan Tencent Games melalui Level Infinite, menjadi official digital partner untuk gim Honor of Kings (HoK) di Indonesia. Sebagai partner, Nuon memberikan dukungan penuh dalam kampanye pemasaran, termasuk menghadirkan HoK di berbagai festival musik dan menyelenggarakan turnamen office attack di Telkom Group.
Komitmen dalam Musik dan Perfilman
Lebih dari itu, Nuon juga berperan besar dalam industri musik. Bersama dengan
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Nuon merilis Top 10 Chart Langit Musik dalam program mingguan The Weekly Brief With Sandi Uno . Top 10 chart pada
program WBSU ini dirancang guna memberikan wadah bagi para musisi lokal berbakat Tanah Air untuk menciptakan ekosistem yang kondusif untuk berkarya dan melebarkan sayap baik di kancah nasional maupun internasional.
Pada tahun ini, Nuon juga akan kembali menggelar ajang bergengsi Indonesian Music Awards. Di tahun keempat ini, Nuon melalui Langit Musik dengan visi “Musik Indonesia Juara” kembali akan memberikan penghargaan bagi musisi Indonesia lewat 16 kategori, diantaranya Song of The Year, Nada Sambung Pribadi of The Year, Langit Musik Lifetime
Achievement, Breakthrough Artist of The Year, Langitku Artist of The Year, dan berbagai kategori lainnya.
Di bidang perfilman, Nuon menggandeng Paragon Pictures untuk memproduksi film horor eksorsisme pertama di Indonesia berjudul Kuasa Gelap, yang akan tayang pada 3 Oktober 2024. Selain itu, film horor lain bertajuk Anak Kunti juga akan dirilis pada akhir tahun ini.
Tak hanya berkecimpung dalam produksi film, melalui platform ticketing Tiketapasaja.com, Nuon telah sukses menjual lebih dari 193 ribu tiket untuk berbagai acara berskala nasional dan internasional. Pada sejumlah event tersebut, Tiketapasaja.com mencatatkan rekor 6,5 hits concurrent.
Melangkah ke 2025, Nuon akan terus berinovasi dengan memperkuat ekosistem hiburan digital yang lebih inklusif. Fokus pada pengembangan konten lokal yang berdaya saing
internasional, Nuon optimis langkah ini akan memperluas pilihan hiburan digital berkualitas untuk masyarakat, sekaligus meningkatkan daya saing industri kreatif Indonesia di kancah global. (FA)