Sepanjang kuartal III 2024, Tokopedia dan ShopTokopedia, yang bisa ditemukan dalam aplikasi TikTok, mencatat kategori Kecantikan dan Perawatan Tubuh, Makanan dan Minuman, Fesyen, Rumah Tangga dan Elektronik, merupakan beberapa kategori yang paling laris di kedua platform.
Communications Senior Lead Tokopedia and TikTok E-commerce, Rizky Juanita Azuz, mengungkapkan Tokopedia dan ShopTokopedia konsisten menghadirkan berbagai inisiatif untuk mendukung puluhan juta pelaku usaha, termasuk UMKM lokal, yang tergabung di kedua platform agar bisa menjangkau 99% kecamatan di Indonesia.
“Inisiatif tersebut meliputi kampanye Beli Lokal, Promo Guncang, Tokopedia NYAM!, Selasa Bergaya, Semua Jadi Syantik dan masih banyak lagi,” kata Rizky Juanita Azuz dalam keterangan resminya Kamis (21/11/2024).
Menjelang akhir tahun, Rizky melalui Tokopedia dan ShopTokopedia melihat momen ini sebagai peluang yang berpotensi mendatangkan keuntungan bagi UMKM dari berbagai sektor, seperti kuliner, kecantikan dan perawatan tubuh, fesyen, hingga elektronik. “Hal ini diperkuat dengan data internal Tokopedia yang menunjukkan bahwa menjelang akhir tahun, deretan produk yang paling banyak dicari oleh masyarakat Indonesia adalah sepatu sneakers, parfum, smartphone, dan minyak,” ungkap Rizky.*
Tokopedia dan ShopTokopedia juga membagikan sejumlah ide jualan online untuk membantu pelaku usaha lokal memanfaatkan momentum akhir tahun 2024 agar bisnis penjual semakin berkembang.
Ide Jualan Online untuk Akhir Tahun 2024 menurut Tokopedia dan ShopTokopedia
1. Produk makeup waterproof biar riasan wajah lebih tahan air
Data pemerintah (IKMA Kemenperin) menyatakan, pasar kosmetik di Indonesia saat ini berada dalam kondisi ekspansif dan pertumbuhan sektor industri kosmetik diperkirakan akan terus berlanjut hingga 2028. Selain itu, pemerintah memperkirakan bahwa dalam kurun waktu 2024-2028, industri kosmetik di Indonesia berpotensi mengalami pertumbuhan rata-rata sebesar 5,35% per tahun.
Di Tokopedia, sejumlah produk pada kategori Kecantikan dan Perawatan Tubuh mengalami kenaikan pencarian yang signifikan belakangan ini (periode 1 September-10 November 2024 dibandingkan dengan 1 September-10 November 2023), beberapa produk antara lain blush yang meningkat hampir 15 kali lipat, lip cream lebih dari 14,5 kali lipat, dan sabun cuci tangan hampir 11 kali lipat. Sementara itu, di ShopTokopedia, foundation serta maskara yang tahan air mengalami kenaikan penjualan yang signifikan selama periode 2 bulan ke belakang.
“Melihat data tersebut, pelaku usaha yang ingin mulai berjualan bisa mencoba menjual produk makeup anti air (waterproof), seperti blush, lip cream dan maskara, yang awet di musim hujan. UMKM bisa memanfaatkan fitur Live Streaming di ShopTokopedia agar bisa menarik lebih banyak calon pembeli dengan mengandalkan host yang interaktif,” saran Rizky.
2. Camilan berkuah dan minuman hangat untuk menyambut musim hujan
Saat musim hujan, camilan berkuah khas Indonesia, seperti bakso, seblak, dan tekwan yang menghangatkan badan bisa menjadi ide berjualan. Tidak hanya itu, minuman panas seperti teh, cokelat hingga kopi juga lagi digandrungi masyarakat selama tiga bulan belakangan ini.
“Di Tokopedia, jumlah pencarian beberapa produk pada kategori makanan dan minuman mengalami peningkatan selama 2 bulan ke belakang (periode 1 September-10 November 2024 dibandingkan 1 September-10 November 2023). Sebagai contoh, jumlah pencarian daun teh meningkat hampir 20 kali lipat, minuman cokelat lebih dari 16,5 kali lipat, dan biji kopi hampir 14 kali lipat,” tutur Rizky.
Berjualan online makanan dan minuman juga bisa dibuat lebih interaktif dan atraktif dengan menggunakan fitur Live Streaming, seperti yang dilakukan produsen camilan lokal asal Pekanbaru, yaitu Emak CW. “Melalui Tokopedia, Emak CW bisa mendapatkan omzet hingga puluhan juta rupiah. Selain itu, rata-rata setiap kali kami melakukan live streaming hingga 2 jam di ShopTokopedia, Emak CW bisa mendapatkan hingga ribuan orderan,” cerita Pemilik Usaha Emak CW, Indiana Sunita.
3. Kardigan yang menghangatkan sekaligus menunjang penampilan
Fesyen juga menjadi salah satu kategori terlaris di Tokopedia dan ShopTokopedia di kuartal III 2024. Tokopedia dan ShopTokopedia juga mencatat kenaikan jumlah pencarian yang signifikan terhadap berbagai produk fesyen selama tiga bulan terakhir.
Pada Fesyen Perempuan, pencarian terhadap produk kardigan meningkat lebih dari 6,5 kali lipat, celana kulot hampir 6 kali lipat, dan kemeja perempuan lebih dari 5,5 kali lipat. Di kategori Fesyen Pria, jumlah pencarian terhadap celana tidur pria naik hampir 6 kali lipat, sendal hampir 5 kali lipat, dan kemeja batik lebih dari 4 kali lipat. Untuk Fesyen Muslim, pasmina mencatat kenaikan hampir 8 kali lipat, hijab instan lebih dari 5,5 kali lipat, dan jilbab olahraga hampir 5 kali lipat.
“Kardigan yang menghangatkan tubuh di musim hujan sekaligus menunjang penampilan bisa menjadi ide jualan online jelang akhir tahun. Selain itu, jilbab olahraga yang kerap dicari masyarakat belakangan ini juga bisa menjadi ide jualan online yang cocok bagi UMKM produsen fesyen muslim yang ingin melakukan inovasi produk,” ujar Rizky.
Sedangkan di ShopTokopedia, kategori produk Fesyen Perempuan, Fesyen Muslim dan Fesyen Pria termasuk beberapa kategori yang terlaris di fitur Live Streaming selama kuartal III 2024. “Agar semakin menarik perhatian calon pembeli, pertimbangkan juga untuk berkolaborasi dengan kreator konten untuk mempromosikan produk. Pilihlah kreator konten atau affiliate yang sesuai dengan produk dan branding UMKM. Kolaborasi dengan kreator dapat memberikan berbagai manfaat, seperti meningkatkan eksposur hingga berkontribusi pada penjualan toko di ShopTokopedia,” tambah Rizky.
4. Produk rumah tangga untuk sambut momen Hari Raya
Momen Natal dan Tahun Baru biasanya menjadi momen bagi masyarakat Indonesia untuk menata ulang rumah, seperti mengganti perabot dan membeli berbagai perlengkapan rumah tangga. Hal ini bisa menjadi ide jualan jelang akhir tahun melalui platform Tokopedia dan ShopTokopedia, termasuk memanfaatkan kampanye Beli Lokal.
“Di Tokopedia, sejumlah produk kategori Rumah Tangga mengalami kenaikan tertinggi jumlah pencarian selama 2 bulan terakhir (periode 1 September-10 November 2024 dibandingkan 1 September-10 November 2023), yaitu rak piring yang melonjak lebih dari 11 kali lipat, tempat penyimpanan multifungsi yang naik lebih dari 7 kali lipat, dan botol minum lebih dari 5 kali lipat,” kata Rizky.
5. Barang elektronik sesuai gaya hidup modern dan kebutuhan masyarakat
Barang elektronik bisa menjadi pilihan tepat untuk berjualan menjelang akhir tahun. Menurut riset Consumer Report Indonesia 2024, masyarakat Indonesia baik dari kalangan muda maupun lanjut usia, cenderung mempertimbangkan untuk membeli produk elektronik, seperti smartphone, laptop, dan smartwatch. Hal ini dipengaruhi oleh kecenderungan untuk ingin tetap mengikuti perkembangan teknologi yang selaras dengan gaya hidup modern.
“Keinginan masyarakat untuk selalu mengikuti perkembangan produk elektronik juga tercermin dalam data internal kami. Di Tokopedia, sejumlah produk kategori Elektronik menunjukkan peningkatan pencarian yang signifikan selama 2 bulan terakhir (periode 1 September-10 November 2024 dibandingkan 1 September-10 November 2023). Misalnya, pencarian produk smartwatch meningkat hampir 5 kali lipat, pencarian lampu meja naik lebih dari 11 kali lipat, dan self ringlight meningkat lebih dari 5 kali lipat,” jelas Rizky.
“Para pelaku usaha, termasuk UMKM lokal, bisa mendapatkan wawasan yang lebih komprehensif terkait jenis-jenis produk yang paling laris atau dicari oleh masyarakat lewat Tokopedia maupun ShopTokopedia. Penjual bisa memanfaatkan fitur Wawasan Pasar di Tokopedia untuk mengetahui produk terlaris serta kata kunci produk yang paling sering dicari oleh para pembeli di Tokopedia. Sementara di ShopTokopedia, penjual bisa menggunakan fitur Peringkat Kata Kunci, yang tersedia pada dashboard Seller Center pada bagian Kompas Data. (FA)