Sebelum menutup tahun 2024 ini, Exabytes Indonesia dengan bangga mempersembahkan MarketingFest
2024, yakni sebuah gelaran inovatif dan menarik yang mempertemukan para pemimpin industri, inovator teknologi, dan profesional pemasaran digital.
Diselenggarakan pada tanggal 10 Desember 2024, di Soehanna Hall, SCBD,
Jakarta, MarketingFest 2024 “Connecting Technology and Industry for Indonesia’s AI Driven Future” akan mengeksplorasi konvergensi yang kuat antara Kecerdasan Buatan (AI) dan industri di Indonesia serta bagaimana AI dapat dimanfaatkan untuk mendorong inovasi, meningkatkan produktivitas, dan
meningkatkan daya saing di berbagai sektor.
Seiring dengan revolusi digital yang terus berlangsung, Indonesia berada di garis terdepan dalam mengadopsi AI sebagai pendorong utama pertumbuhan dan transformasi bisnis yang berkelanjutan terutama dalam membentuk perekonomian negara menuju Indonesia Emas.
Menurut riset dari McKinsey,
Kearney, dan CSET 2023, AI (artificial Intelligence) dapat mendorong pertumbuhan ekonomi global dan
diproyeksikan pada tahun 2030 pemanfaatan AI dapat berkontribusi pada PDB Indonesia sebesar US$ 366
miliar (Rp 5.819 triliun) pada tahun 2030. Lanskap AI yang berkembang pesat siap untuk mendorong gelombang transformasi industri berikutnya di Indonesia.
“Indonesia memiliki berbagai tantangan klasik yang sejatinya dapat diatasi melalui adopsi kecerdasan buatan/artificial intelligence (AI). Mulai dari isu ketahanan pangan, mitigasi bencana, hingga perencanaan kota berbasis data, AI menghadirkan potensi luar biasa untuk mentransformasi cara kita menyelesaikan masalah. Namun, mewujudkan transformasi ini memerlukan kolaborasi serius dari semua pemangku kepentingan, termasuk pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat. Di sektor ekonomi, tantangan seperti menurunnya daya beli pada segmen tertentu menyebabkan banyak UMKM mengalami kelesuan,” ucap Indra Hartawan, Country Manager Exabytes Indonesia diacara MarketingFest 2024 “Connecting Technology and Industry for Indonesia’s AI Driven Future” di Jakarta.
“Namun, di sinilah AI bisa menjadi solusi inovatif. Dengan kreativitas yang tepat, AI dapat digunakan untuk meningkatkan efektivitas pemasaran, memberikan pengalaman pengguna yang lebih personal, atau bahkan menciptakan nilai tambah baru dalam produk dan layanan,” imbuhnya.
Dikesempatan yang sama, Putra Candra Buana, Owner dan Direktur PT. Titik Terang Kreatif dan Moroskato mengatakan akselerasi yang cepat dari Artificial Intelligence (AI) di seluruh industri memiliki potensi besar untuk
mengubah cara kita beroperasi, berinovasi, dan mendorong efisiensi.
Di PT. Titik Terang Kreatif, kami
berkomitmen untuk merangkul teknologi AI yang mendorong pertumbuhan dan menciptakan masa depan yang lebih cerdas dan lebih berkelanjutan untuk Indonesia,” kata Putra Candra Buana.
MarketingFest 2024 akan menampilkan bagaimana bisnis dapat memanfaatkan teknologi AI mutakhir untuk meningkatkan pengalaman pelanggan, merampingkan operasi, dan menciptakan peluang baru untuk pertumbuhan. MarketingFest 2024 meyakini bahwa menghubungkan teknologi dengan industri bukan hanya tentang mengadopsi alat baru, tetapi juga tentang menciptakan ekosistem berkelanjutan yang memberdayakan masyarakat, mendorong inovasi dan pertumbuhan inklusif di era digital.
“Acara MarketingFest 2024 merupakan platform yang tepat untuk mengeksplorasi potensi transformatif
dari Artificial Intelligence untuk masa depan Indonesia. Mengusung tema “Connecting Technology and Industry for Indonesia’s AI Driven Future”, jelas bahwa AI bukan hanya tentang efisiensi tetapi juga tentang berpikir out of the box untuk membuka peluang-peluang baru. Masa depan adalah tentang inovasi, dan AI memberi kita alat untuk menata ulang cara kerja industri, memungkinkan solusi yang lebih cerdas,
pengalaman pelanggan yang lebih baik, dan hasil yang lebih berdampak.” ujar Rizky Wulan Kinanthi, Account Manager Lynk Media Group.
MarketingFest 2024 menjadi salah satu acara yang paling memikat dan berdampak di tahun ini. Dimana
MarketingFest 2024 berfungsi sebagai platform bagi bisnis untuk belajar, berkolaborasi, dan memanfaatkan AI untuk tetap menjadi yang terdepan dalam lanskap digital yang berubah dengan cepat serta menawarkan pengetahuan praktis yang dapat diterapkan oleh para peserta pada bisnis dan industri mereka. The future is now. Indonesia berada di ambang revolusi AI, dan Marketingfest 2024 adalah kesempatan untuk menjadi yang terdepan dan terhubung dengan para profesional yang mendorong perubahan di era digital. (FA)
Comment