by

Inilah 5 Ide Menu Takjil Kekinian Buka Puasa selama Ramadan 2025

Saat berbuka puasa, makanan atau minuman manis dan gurih sudah menjadi kebiasaan masyarakat di Indonesia. Bisa dikata, makanan atau minuman manis dapat dikonsumsi secara cukup saat berbuka untuk mengembalikan energi dan kadar gula darah yang menurun selama berpuasa.

Communications Senior Lead Tokopedia dan TikTok E-commerce, Rizky Juanita Azuz, mengatakan setiap bulan Ramadan, kategori Makanan dan Minuman cenderung mengalami kenaikan penjualan yang signifikan baik di Tokopedia maupun TikTok Shop by Tokopedia.

“Misalnya, selama bulan Ramadan 2024 lalu, kategori Makanan dan Minuman, termasuk takjil, merupakan salah satu kategori produk yang paling laris di Tokopedia. Sedangkan di TikTok Shop by Tokopedia, subkategori produk Makanan Ringan adalah yang terlaris selama Ramadan 2024 lalu,” jelas Rizky Juanita Azuz dalam keterangan resminya Rabu (5/3/2025).

“Melts Indonesia (akun toko: Tokopedia dan TikTok Shop) mengalami kenaikan penjualan hingga 12 kali lipat selama bulan Ramadan. Melts Indonesia adalah salah satu contoh pelaku usaha lokal dari jutaan penjual di kedua platform kami yang menjual produk makanan, termasuk takjil, yang bisa didapatkan masyarakat secara aman dan terjangkau lewat Tokopedia dan TikTok Shop,” imbuhnya.

Ide Makanan Takjil Kekinian yang Lebih Sehat

Tokopedia dan TikTok Shop bersama Pemilik Melts Indonesia, David Liementha, berbagi ide takjil yang tidak hanya praktis dan manis, membantu menjaga pola makan seimbang.

1. Roti panggang cokelat Dubai Melts
Melihat tren makanan pistachio yang sedang naik daun, masyarakat dapat mencoba membuat roti panggang menggunakan Melts Pistachio Kunafa Spread (produk: Tokopedia dan TikTok Shop. Agar mengurangi jumlah konsumsi minyak atau lemak, olah roti tawar dengan cara dipanggang tanpa mentega ataupun minyak. Lalu olesi dengan Melts Almost Dark Chocolate (produk: Tokopedia dan TikTok Shop) atau varian lain sesuai selera.

“Apabila ingin mendapatkan serat lebih tinggi, masyarakat dapat membuat santapan sahur dengan oatmeal sebagai pengganti roti. Menariknya, produk makanan dan minuman sehat makin bervariasi dan makin banyak dicari oleh masyarakat Indonesia. Hal ini terbukti dari jumlah pencarian di Tokopedia terhadap kata kunci ‘makanan sehat’ yang meningkat hampir 5 kali lipat selama tahun 2024 dibandingkan 2023,” tambah Rizky.

2. Smoothie pisang dan matcha hingga es cokelat hazelnut

Untuk melepaskan dahaga setelah berpuasa, buatlah minuman smoothie menggunakan buah pisang beku, dengan susu almond, serta sedikit madu dan matcha spread dari Melts, untuk menambah energi untuk bersiap tarawih. Bagi pencinta cokelat, bisa pula membuat es cokelat hazelnut, cukup dengan campuran susu almond serta Melts Chocolate Hazelnut (produk: Tokopedia dan TikTok Shop), dan es batu.

3. Dark choco cookies

Supaya menghindari gorengan, Melts Dark Chocolate Cookies (produk: Tokopedia dan TikTok Shop by Tokopedia) dapat menjadi pilihan sebagai takjil versi sehat. Apabila ingin menyantap cookies buatan sendiri, buat adonan cookies dengan tepung singkong (gluten free), gunakan Melts Finally Dark Chocolate Spread (produk: Tokopedia dan TikTok Shop by Tokopedia), lalu panggang hingga matang. Dengan begitu, masyarakat tetap dapat mengonsumsi camilan manis namun rendah kalori.

4. Pancake matcha

Campurkan pisang, telur, dan tepung singkong untuk pancake sehat dan bebas gluten. Panggang tanpa minyak di wajan anti lengket hingga matang keemasan. “Siram dengan Matcha Lava Spread Melts Indonesia yang lumer dan creamy. Selain sebagai takjil, menu pancake matcha ini bisa disantap sebagai takjil atau pun sebagai makanan sahur, jika ingin menyantap makanan manis namun tidak berlebihan,” saran David.

5. Smoothie bowl pisang pistachio

Apabila ingin berbuka puasa rendah kalori namun menyegarkan, membuat smoothie bowl bisa jadi pilihan takjil yang lezat. Caranya, blender pisang beku, susu almond, yogurt, dan Melts Pistachio Spread tanpa bahan pengawet dan dari plant base (produk: Tokopedia dan TikTok Shop) hingga lembut.

“Salah satu produk Melts Indonesia yang paling diminati di TikTok Shop by Tokopedia adalah Pistachio Spread. Produk Pistachio Spread ini sempat mengalami peningkatan penjualan hingga 20 kali lipat setelah diulas oleh salah satu kreator di TikTok. Konten tersebut berhasil menarik lebih dari satu juta penonton di akun TikTok Melts Indonesia pada November lalu,” ucap David.

David Liementha, pemilik Melts Indonesia, menyadari maraknya kandungan yang kurang sehat dalam sebagian besar produk snack yang beredar di pasaran. Berawal dari keprihatinan tersebut, David yang memiliki latar belakang sebagai tim research and development (R&D) di salah satu perusahaan industri kuliner, mendirikan Melts Indonesia pada 2020 dengan misi menghadirkan camilan berkualitas tinggi dan lebih sehat.

Melts Indonesia berfokus pada penggunaan bahan-bahan alami dari produsen lokal, mengurangi konsumsi gula, dan menerapkan standar produksi yang ketat. Melts Indonesia berkomitmen untuk menjaga konsistensi kualitas bahan baku serta memastikan bahwa produk yang tidak memenuhi standar kualitas tidak dipasarkan, melainkan diberikan kepada karyawan sebagai bentuk tanggung jawab terhadap kualitas dan etika bisnis.

Demi meraih lebih banyak pelanggan, Melts Indonesia memanfaatkan platform digital seperti Tokopedia dan TikTok Shop by Tokopedia.

“Sejak berjualan di Tokopedia, Melts Indonesia berhasil menjangkau pasar ke berbagai daerah di Indonesia, mulai dari Aceh, Nusa Tenggara Timur, Manado, hingga Papua. Selain itu, kini banyak pelaku bisnis di bidang pastry dan bakery yang membeli produk kami lewat Tokopedia dan TikTok Shop untuk kebutuhan produksi mereka, misalnya sebagai isian kue atau selai roti. Sehingga Tokopedia dan TikTok Shop juga bermanfaat untuk B2B,” kata David.

Menurut data internal Tokopedia dan TikTok Shop pada jelang Ramadan 2025, kategori produk Makanan dan Minuman merupakan salah satu kategori produk dengan jumlah pesanan paling tinggi.

“Demi membantu masyarakat memenuhi kebutuhan selama bulan puasa, Tokopedia dan TikTok Shop by Tokopedia kembali mengadakan Ramadan Ekstra Seru, mulai 25 Februari hingga 25 Maret 2025. Upaya ini sekaligus membantu para pelaku usaha di Indonesia khususnya UMKM lokal meningkatkan penjualan di bulan Ramadan,” tambah Rizky.

Melts Indonesia merupakan salah satu pelaku usaha lokal di Tokopedia dan TikTok Shop yang merasakan peningkatan transaksi selama bulan puasa. “Pada Ramadan 2024, omzet kami bisa melonjak hingga 12 kali lipat dibandingkan hari-hari biasa. Di sisi lain, fitur live shopping TikTok Shop by Tokopedia dan kolaborasi dengan kreator affiliate memberikan dampak signifikan terhadap peningkatan omzet kami hingga 10 kali lipat,” tutup David. (FA)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed