Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional, McDonald’s Indonesia, di bawah naungan PT Rekso Nasional Food, kembali menegaskan komitmennya terhadap tumbuh kembang anak-anak Indonesia dengan meluncurkan konsep baru dari klub anak McKids. Hadir sejak tahun 1995, McKids merupakan sebuah program yang dirancang dengan fokus pada pengembangan anak melalui kegiatan yang menyenangkan, edukatif, dan interaktif.
Mengusung slogan “Happy, Creative, & Talented”, McKids kini diperbarui dengan pendekatan yang lebih segar dan relevan, sekaligus memperkuat perannya sebagai wadah positif bagi anak-anak untuk belajar, bermain, dan mengekspresikan diri secara optimal. Tak hanya menyasar anak-anak, konsep baru dari program ini juga melibatkan peran aktif orang tua melalui seminar parenting sebagai bentuk dukungan menyeluruh terhadap proses tumbuh kembang anak.
“Kami meyakini bahwa setiap anak Indonesia memiliki potensi luar biasa yang hanya bisa tumbuh jika diberi ruang untuk berekspresi dan berkembang. Melalui pembaruan konsep McKids yang kini menitikberatkan pada pengembangan bakat, khususnya di bidang seni rupa, McDonald’s Indonesia ingin menjadi bagian dari perjalanan anak-anak dalam menemukan kepercayaan diri, keberanian, dan kreativitas mereka. Untuk mendukung hal ini, secara rutin kami juga akan menghadirkan pembekalan bagi para orang tua seputar pola asuh dan perencanaan masa depan anak agar proses tumbuh kembang anak dapat didampingi secara menyeluruh,” ujar Caroline Kurniadjaja, Associate Director of Marketing McDonald’s Indonesia kepada Media di Jakarta Sabtu (2/8/2025).
Sebagai bagian dari perayaan Hari Anak Nasional sekaligus memperkenalkan konsep baru McKids, McDonald’s Indonesia menggelar rangkaian acara di delapan kota besar, yaitu Bandung (23 Juli); Palembang, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, dan Bali (serentak pada 26 Juli); serta Jakarta dan Makassar (serentak pada 2 Agustus). Rangkaian acara ini berhasil melibatkan lebih dari 5.000 anak yang turut didampingi oleh orang tua mereka untuk mengikuti beragam aktivitas edukatif dan interaktif, mulai dari lomba mewarnai, mendengarkan cerita dengan pesan moral untuk anak dan orang tua, persembahan kartu ucapan Selamat Hari Anak dari orang tua hingga berbagai aktivitas keluarga lainnya.
Tak hanya memberikan pengalaman belajar dan bermain bagi anak-anak, McDonald’s Indonesia juga mengajak para orang tua untuk terlibat aktif dalam acara tersebut melalui sesi pembekalan bertajuk “Bagaimana Cara Membesarkan Anak agar Bahagia dan Percaya Diri”. Seminar ini dirancang khusus untuk mendorong pola asuh positif, sekaligus memberikan wawasan serta panduan praktis bagi orang tua dalam mendampingi tumbuh kembang anak di era modern.
“Di tengah tantangan era digital, tekanan sosial, dan perubahan pola asuh masa kini, peran orang tua menjadi semakin krusial dalam membentuk karakter dan kesehatan mental anak. Melalui seminar parenting ini, kami ingin membantu para orang tua untuk membangun koneksi yang lebih kuat dengan anak dan menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan anak secara holistik,” tambah Caroline.
Chitra Annisya, psikolog anak & keluarga yang menjadi pembicara dalam sesi seminar parenting di acara yang berlangsung di Ciputra Artpreneur, Jakarta Selatan, turut mengapresiasi langkah nyata McDonald’s Indonesia dalam menciptakan ruang edukatif yang melibatkan peran aktif orang tua dan anak secara bersamaan. “Kehadiran orang tua secara aktif dalam keseharian anak, interaksi hangat, dan pola komunikasi yang terbuka, merupakan fondasi utama dalam membangun karakter yang sehat dan positif. Saya melihat program ini sebagai bentuk kepedulian yang konkret dari McDonald’s Indonesia terhadap tumbuh kembang anak. Di tengah tantangan pola asuh modern, orang tua perlu terus membekali diri untuk memperkuat peran keluarga sebagai tempat belajar pertama anak yang penuh dukungan dan kasih sayang.” ujar Chitra.
Apresiasi juga datang dari para orang tua peserta. Salah satunya mengungkapkan, “Saya sangat bersyukur bisa mengikuti acara ini. Anak saya senang sekali saat mengikuti lomba mewarnai, tampil di atas panggung, dan bertemu banyak teman baru. Saya sendiri juga mendapatkan banyak wawasan bermanfaat dari sesi seminar parenting yang membuka mata saya bahwa peran orang tua bukan sekadar mengawasi, tetapi juga membangun kedekatan emosional dan komunikasi yang hangat dengan anak. Terima kasih McDonald’s Indonesia sudah menyelenggarakan acara yang inspiratif ini,” ungkap Julia Mariska, orang tua peserta McKids di Jakarta.
Dengan semangat baru dan konsep yang lebih relevan, McKids kini siap menjadi ruang tumbuh yang menyenangkan dan kreatif bagi anak-anak Indonesia, sekaligus menjadi wadah berbagi inspirasi bagi para orang tua. Segera daftarkan putra-putri Anda sebagai member McKids di restoran McDonald’s Indonesia terdekat atau melalui aplikasi McDonald’s, dan ikuti berbagai kegiatan seru serta edukatif lainnya. Informasi lebih lanjut tersedia di www.mcdonalds.co.id.
“Harapan kami, Klub Anak McKids bukan sekadar tempat bermain, tetapi dengan konsep baru ini dapat menjadi wadah yang menginspirasi lahirnya generasi muda yang kreatif, ceria, penuh potensi, dan siap bersinar,” tutup Caroline. (FA)