Belum lama ini, Gramedia bersama PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) kembali menggelar Gramedia Science Day 2025 pada Sabtu, 9 Agustus 2025, di Santika Dyandra Convention Center, Medan. Tahun ini, antusiasme meningkat dengan kehadiran 852 murid dari kelas 4–6 SD yang siap berkompetisi dan bereksplorasi di dunia sains. Ajang ini menjadi wadah bagi para ilmuwan cilik Indonesia untuk mengasah kreativitas, kemampuan berpikir kritis, sekaligus menikmati pengalaman belajar sains yang seru dan berkesan.
Acara ini berhasil terselenggara dengan dukungan Danamon sebagai sponsor utama. Melalui partisipasinya dalam Gramedia Science Day, Danamon turut berperan aktif dalam menumbuhkan minat belajar dan rasa ingin tahu anak-anak terhadap ilmu pengetahuan sejak usia dini. Dukungan ini sejalan dengan visi Danamon yaitu peduli dan membantu jutaan mencapai kesejahteraan, di mana pendidikan merupakan salah satu fondasi utama untuk mencapai kesejahteraan tersebut.
“Danamon bangga dapat kembali mendukung terlaksananya Gramedia Science Day 2025 hari ini. Melalui rangkaian produk dan solusi keuangan yang holistik, Danamon ingin turut mendukung pertumbuhan dan kemajuan di bidang pendidikan Indonesia, serta memenuhi kebutuhan pengelolaan keuangan bagi orang tua, anak dan institusi pendidikan. Hal ini tentu dapat terwujud dengan kerja sama strategis bersama mitra terkemuka di bidang pendidikan, seperti Gramedia,” ujar Riana Suagiat, Regional Corporate Officer, PT Bank Danamon Indonesia Tbk dalam keterangan resminya Ssnin (12/8/2025).
Dukungan penuh Danamon bersama para sponsor menjadi bagian penting dalam terselenggaranya kegiatan ini. Sinergi antara Gramedia dan Danamon ini tidak hanya menciptakan momentum pembelajaran yang menyenangkan bagi anak-anak, tetapi juga memperkuat kolaborasi lintas pihak dalam menumbuhkan minat dan kecintaan terhadap sains sejak usia dini. Dengan semangat tersebut, Gramedia Science Day 2025 kembali menjadi ruang bertemu, belajar, dan berinovasi bagi generasi penerus bangsa.
Tidak hanya menampilkan kompetisi berbasis permainan dan tantangan sains sebagai daya tarik utama, Gramedia Science Day 2025 juga menawarkan beragam aktivitas menarik lainnya untuk para guru dan orang tua yang mendampingi. Para pendamping dapat mengikuti talk show inspiratif, pameran edukatif, hingga workshop yang dikemas dalam program “halo, sekolah”. Seluruh rangkaian acara dirancang untuk memberikan pengalaman interaktif yang memperkaya wawasan bagi semua pihak yang hadir.
Tidak ketinggalan, beragam booth menarik turut memeriahkan acara. Mulai dari booth Danamon yang memberikan berbagai penawaran spesial, hingga booth layanan cek kesehatan gratis yang juga turut ramai dikunjungi oleh peserta dan para pendamping, Hokben, Advance kursi pijat, hingga layanan cek kesehatan gratis oleh Rumah Sakit Columbia Asia Medan yang ramai dikunjungi oleh peserta dan para pendamping. Kehadiran booth-booth tersebut semakin melengkapi keseruan Gramedia Science Day 2025 dan memberikan nilai tambah bagi seluruh pihak yang hadir.
Sejak pertama kali digelar pada 2016, Gramedia Science Day terus menjadi wadah bagi para ilmuwan muda untuk memperdalam pengetahuan dan menjelajahi dunia sains. Tahun ini, Gramedia Science Day mengusung tema “Energi” dan mendorong para ilmuwan muda untuk aktif berinovasi serta menuangkan ide-ide kreatif mereka seputar Energi. Selain itu, berbagai brand ternama seperti Pilot, Youvit, Eversac, Piknik, dan Kukiko turut berpartisipasi sebagai pendukung acara dalam Gramedia Science Day 2025.
Khusus ditujukan bagi siswa kelas 4–6 Sekolah Dasar, kompetisi tahun ini melibatkan jajaran juri berpengalaman di bidangnya, yaitu Doni Aldo Samuel Siahaan, S.Si., M.Si., Riky Stepanus Situmorang, M.Eng., Ph.D., serta Ir. Gina Cynthia Raphita Hasibuan, S.T., M.Sc., Ph.D. Kehadiran para pakar ini menjamin proses penilaian berjalan dengan objektif, transparan, dan penuh kredibilitas.
“Kami sangat senang melihat antusiasme luar biasa dari para peserta Gramedia Science Day 2025. Semangat yang ditunjukkan anak-anak serta dukungan dari orang tua dan guru pendamping benar-benar memberikan energi positif bagi kami. Kami berharap acara ini dapat menjadi wadah yang menyenangkan sekaligus bermanfaat untuk mengasah kreativitas dan kemampuan berpikir para ilmuwan cilik Indonesia,” ujar Made Ruswidhi Sultrawan selaku General Manager Marketing Gramedia.
Selain berbagai pengalaman dan pengetahuan berkesan yang diperoleh para peserta, Gramedia Science Day 2025 juga memberikan kesempatan untuk meraih hadiah-hadiah menarik lainnya, seperti hadiah jutaan rupiah, merchandise eksklusif, plakat dan medali, voucher Gramedia, hingga sertifikat untuk para juara, yang tentunya mendapatkan dukungan penuh dari para kolaborator khususnya Danamon.
“Melihat antusiasme peserta dan dukungan penuh dari para pendamping Gramedia Science Day 2025, semakin meyakinkan kami bahwa program ini membawa dampak positif, terutama bagi generasi penerus Indonesia. Kami berharap dukungan Danamon ini dapat memberikan kontribusi nyata bagi generasi muda untuk terus berprestasi di bidang sains,” ujar Riana Suagia, Regional Corporate Officer, PT Bank Danamon Indonesia Tbk.
Melalui Gramedia Science Day 2025, Gramedia bersama Danamon berharap dapat terus menumbuhkan minat, rasa ingin tahu, dan kecintaan anak-anak terhadap dunia sains. Dengan dukungan berbagai pihak, ajang ini diharapkan menjadi langkah awal lahirnya generasi muda yang kreatif, kritis, dan siap berkontribusi bagi kemajuan bangsa di masa depan. (FA)