by

Grab Dukung Kementerian UMKM Dalam Penguatan Ekosistem UMKM

Grab Indonesia berpartisipasi dalam gelaran perdana “Koplo Keliling (KOPLING)” 2025, festival musik dan UMKM yang diinisiasi oleh Kementerian Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Puluhan Mitra Grab turut berpartisipasi dan memeriahkan
acara yang mengusung perpaduan industri kreatif dan ekonomi rakyat ini.

Digelar pada 8–9 November 2025 di Gambir Expo, Jakarta dan akan berlanjut pada 22–23 November 2025 di Stadion Pakansari, Cibinong, kehadiran Grab dalam Festival Musik KOPLING ini merupakan wujud kontribusi nyata dalam mendukung pemberdayaan UMKM serta mendorong transformasi ekonomi digital Indonesia.

Festival Musik KOPLING 2025 menjadi ruang kolaborasi yang mempertemukan pengusaha UMKM dan komunitas kreatif untuk meningkatkan kapasitas usaha, memperluas jejaring bisnis, serta membuka peluang ekonomi baru. Pada acara ini, Grab menghadirkan 10 perwakilan Mitra Merchant Grab unggulan dari kategori Resto Legendaris untuk memperluas jangkauan mereka
kepada konsumen dengan mengenalkan berbagai kuliner khas dan legendaris mereka secara langsung. Grab juga menghadirkan ruang interaksi bagi ratusan Mitra Pengemudi roda dua dalam helatan kreatif ini sebagai apresiasi atas kontribusi mereka dalam mendorong pertumbuhan ekosistem UMKM.

Neneng Goenadi, Chief Executive Officer, Grab Indonesia, di kesempatan yang sama mengatakan Grab merupakan bagian dari ekosistem digital Indonesia dan berkomitmen menjadi mitra pertumbuhan bagi UMKM. Melalui kolaborasi dengan Kementerian UMKM dalam Festival Musik KOPLING 2025, pihaknya ingin menunjukkan bahwa teknologi dan budaya dapat berjalan beriringan, memberikan akses dan peluang usaha agar Mitra Grab dapat lebih berdaya.

“Bagi kami, digitalisasi bukan sekadar soal transaksi, tapi tentang menciptakan kesempatan yang merata bagi setiap individu untuk tumbuh bersama. Kami percaya kolaborasi seperti ini menjadi
kunci agar lebih banyak pelaku UMKM dapat naik kelas dan menjadi bagian dari ekonomi digital Indonesia,” ucap Neneng Goenadi dalam keterangan resminya Senin (10/11/2025).

Sebagai bagian dari komitmen tersebut, Grab terus memperkuat perannya dalam mendukung transformasi ekonomi digital Indonesia. Melalui digitalisasi UMKM, ekosistem Grab telah membuka lebih dari 4,6 juta peluang ekonomi baru sejak 2018 hingga 2024, serta menyalurkan lebih dari Rp6 triliun pembiayaan usaha kepada lebih dari 445.000 Mitra dan UMKM melalui
program GrabModal Mantul dan OVO Modal Usaha.

Lebih dari itu, Grab juga memberdayakan pelaku usaha lokal yang diwujudkan dengan berbagai inisiatif peningkatan kapasitas dan digitalisasi UMKM di berbagai daerah. Melalui GrabAcademy,
para Mitra dapat mengikuti pelatihan digital, pengelolaan keuangan, dan kewirausahaan guna kompetitif di era ekonomi digital. Sejalan dengan itu, lewat Program Kota Masa Depan, Grab
turut membantu lebih dari 200.000 UMKM di 15 kota kecil untuk go digital. (FA)