by

Facebook Gelar Festival Bertema Komedi, Horor, dan Koneksi Nyata untuk Anak Muda serta Kreator Indonesia

Indonesia merupakan salah satu negara dengan pengguna usia dewasa terbanyak dan paling dinamis di Facebook. Mereka menggunakan Facebook untuk menemukan minat-minat baru, menjadi bagian dari berbagai komunitas, dan menjalin koneksi dengan orang baru di luar lingkaran pertemanannya.

Terkait itu, Facebook Indonesia siap meramaikan akhir pekan ini dengan semangat kebersamaan dan eksplorasi melalui acara seru bertajuk “Nyasar ke Dimensi Facebook” di Piazza, Gandaria City, Jakarta Selatan. Berlangsung selama tiga hari (Jumat sampai Minggu, 28–30 November 2025).

Keegiatan ini mengajak anak muda dan kreator untuk menikmati berbagai keseruan dari Facebook di dunia nyata lewat tema spesial yang memadukan
komedi dan horor.

Dalam rangkaian acara ini, pengunjung akan diajak menjelajahi sebuah dimensi yang unik dan memadukan ruang digital serta interaksi unik lewat berbagai booth, aktivitas, dan zona interaktif yang immersive. Setiap aktivitas dirancang berdasarkan misi utama Facebook: menciptakan hubungan yang tulus dan kebersamaan penuh tawa yang lahir dari partisipasi para pengguna di Indonesia.

“Kami sangat antusias untuk menghadirkan acara yang immersive ini di Indonesia guna memperluas koneksi anak muda dan para kreator. Kami memadukan tema horor dan komedi sebagai bentuk apresiasi terhadap kekayaan cerita rakyat dan humor khas Indonesia untuk menciptakan kebersamaan unik yang tidak hanya menegangkan tetapi juga penuh tawa. Momen ini pun menunjukkan kesamaan Facebook dan Indonesia dalam menjaga kekeluargaan atau yang mungkin sering kita kenal sebagai “ngeriung”,” ujar Pieter Lydian, Country Director Meta untuk Indonesia kepada Rekan Media saat ditemui Di La Piazza, Mall Gandari City Jakarta Jumat (28/11/2025).

Dia menambahkan “Akkhir pekan yang istimewa ini mengajak semua orang untuk berkumpul, bertukar cerita, dan berbagi kebahagiaan dalam momen yang benar-benar tak terlupakan.”

Cara Kekinian Bersosialisasi yang Sesuai Nilai-nilai Masyarakat Indonesia

Terbuka untuk pengunjung berusia 18 tahun ke atas, “Nyasar ke Dimensi Facebook” bukan sekadar acara, tetapi menjadi perayaan bagi komunitas di dunia daring berubah menjadi pertemanan dan pengalaman nyata, serta aktivitas bermanfaat di dunia nyata. Keseruan dimulai pada 28 November 2025 dengan penampilan spesial dari Moluccan Soul, grup musik yang membawakan alunan musik lokal Indonesia yang penuh semangat dan bisa mengajak para penonton bergoyang.

Keseruan berlanjut pada Sabtu, 29 November, saat para kreator lokal di Facebook meramaikan suasana dengan sesi “Kumpul Bunda” bareng Karmalogy pada pukul 13.00 WIB serta acara
kopdar bareng dan penandatanganan buku bersama Gen Halilintar pada pukul 15.00 WIB.

Para pengunjung juga bisa mengikuti berbagai challenge interaktif, membuat cupcake bareng Delicakes, dan menghadiri workshop pembuatan parfum bersama Kest Studio. Kehadiran Delicakes dan Kest Studio selaku UMKM dari komunitas Facebook menunjukkan kreativitas dan kolaborasi lokal.

Tak ketinggalan, para pengunjung juga bisa menjajal Meta AI untuk melengkapi keseruan acara ini dan membuat konten yang semakin standout di Facebook. Baik itu membuat efek yang menyeramkan, menciptakan meme yang lucu, atau memberi sentuhan unik pada kreasi lainnya, alat bantu kreatif dari Meta AI hadir bagi siapa saja dan bisa dicoba sepanjang acara.

“Facebook selalu diupayakan untuk menjadi platform yang memberdayakan masyarakat, khususnya usia dewasa awal, untuk menjalani berbagai tahapan hidup dengan membantu mereka menemukan minat baru dan berkenalan dengan orang-orang baru yang seru di luar teman-teman terdekat. Baik itu mengembangkan hobi di Groups atau mereka yang suka berkebun bisa mencari tips di Reels, hingga mempelajari prompt AI. Facebook menghubungkan pengguna dengan sesama pengguna atau informasi yang memungkinkan mereka menemukan,
mempelajari, dan melakukan hal-hal baru. Itulah inti dari acara #FacebookIRL,” pungkas Pieter.

Seiring Facebook terus bertumbuh bersama para pengguna, “Nyasar ke Dimensi Facebook” menjadi bukti dari komitmen berkelanjutan Facebook bagi generasi yang kreatif dan kompak di
Indonesia dalam mengubah interaksi digital menjadi pengalaman nyata yang bermakna, tak terlupakan, dan penuh keseruan. (FA)