Belum lama ini, Starbucks Indonesia bekerjasama dengan Prestasi Junior Indonesia (PJI) menyelenggarakan ajang kompetisi final program SCYEP tahun ini di Perpustakaan Nasional Indonesia, Jakarta di mana 140 siswa SMA dan SMK di enam kota di Indonesia Bandung, Denpasar, Jakarta, Semarang, Surabaya dan Yogyakarta untuk mempresentasikan ide bisnis terbaiknya dalam mendapatkan tempat untuk maju ke kompetisi tingkat nasional yang akan berlangsung di bulan Maret 2023.
SCYEP membekali para siswa SMA & SMK untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan kewirausahaan
praktis yang diperlukan untuk mewujudkan ide bisnis.
Untui diketahui, SCYEP merupakan bagian dari komitmen jangka panjang Starbucks Indonesia dalam
memberdayakan generasi muda. Ini memberikan kesempatan bagi siswa SMA & SMK untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan kewirausahaan praktis yang diperlukan untuk mewujudkan ide bisnis. Program ini telah memberikan manfaat kepada lebih dari 2.300 siswa dan melibatkan lebih dari 1.200 partner Starbucks (karyawan) sebagai sukarelawan sejak dimulai pada tahun 2019. Pada periode 2022-2023, inisiatif SCYEP menggunakan modul kewirausahaan yang dikembangkan oleh Junior Achievement (JA) Worldwide, dibantu oleh partner Starbucks yang dengan semangat memberikan bimbingan kepada mahasiswa baik secara tatap muka maupun daring.
Kali ini, program tersebut telah dimulai dari September 2022 di enam kota: melibatkan 182 partner Starbucks sebagai sukarelawan dan 140 pelajar.
Program SCYEP 2023 dilaksanakan untuk membina wirausahawan muda Indonesia dan mendukung Program Pengembangan Kewirausahaan Nasional Pemerintah Indonesia. Selain itu, program ini juga berupaya untuk mempromosikan kewirausahaan sebagai pilihan pekerjaan potensial1 bagi generasi muda.
“Kami sangat bangga dapat kembali mengadakan program ini untuk memberdayakan generasi muda dengan ilmu kewirausahaan dan life skill. Partner kami sangat bersemangat untuk berbagi pengetahuan mereka dengan kaum muda dan mendukung dalam perjalanan karir mereka sementara kami berusaha untuk mengangkat dan memberi nilai tambah bagi komunitas kami,” ungkap Liryawati, Chief Marketing Officer di PT Sari Coffee Indonesia, pemegang lisensi merek Starbucks di Indonesia saat di temui Perpustakaan Nasional di Jakarta Jumat (17/2/2023).
“Di Starbucks, memberi kembali kepada komunitas selalu menjadi bagian dari diri kami sebagai sebuah perusahaan. Saat mengembangkan kehadiran Starbucks di komunitas, penting bagi kami untuk tetap setia pada misi dan nilai-nilai kami, menggunakan skala kami untuk kebaikan, dan terus menjadi katalisator untuk perubahan positif di komunitas beragam yang kami layani,” imbuhnya.
Para siswa di enam kota di Indonesia mempresentasikan ide bisnis terbaiknya pada ajang kompetisi final program SCYEP tahun ini yang diadakan di Perpustakaan Nasional RI pada 17 Februari 2023.
Program ini bertujuan untuk memungkinkan siswa untuk membentuk perusahaan nyata dan menemukan secara langsung bagaimana sebuah perusahaan berfungsi. “SCYEP memfasilitasi siswa SMA dan SMK untuk mengasah kemampuan wirausaha melalui pengalaman langsung
mengoperasikan usaha mikro secara mandiri di sekolah. Para siswa diberdayakan untuk memenuhi
kebutuhan dan memecahkan masalah di masyarakat serta mengoptimalkan teknologi digital dalam operasional dan strategi bisnis mereka,” ujar Robert Gardiner, co-founder, dan Penasihat
Akademik Prestasi Junior Indonesia.
“Pada awal program, mereka mendapat pelatihan dari beberapa profesional bisnis. Selama periode program, partner Starbucks juga terlibat aktif dalam membantu berbagi pengalaman dan inspirasi,” tambahnya.
Sejalan dengan misinya untuk memperkuat kemanusiaan dengan mengubah kehidupan di seluruh
dunia, dengan fokus untuk memberdayakan ketahanan dan kesejahteraan masyarakat serta
meningkatkan semangat masyarakat yang terkena dampak bencana, Starbucks Foundation mendukung banyak inisiatif lainnya di Indonesia.
Pada tahun 2022, Starbucks Foundation bekerjasama dengan Habitat for Humanity dan PT. Sari Coffee Indonesia untuk mendukung proyek air, sanitasi, dan kebersihan (WASH) di Desa Bojong Koneng, Babakan Madang, Bogor. Selain itu, partner Starbucks Indonesia memasang AquaTower dengan Planet Water Foundation di Cipamokolan, Bandung pada Hari Cuci Tangan Sedunia, menjadikannya menara kesepuluh di Indonesia sejak 2011. Selain itu, partner Starbucks telah mendukung proyek yang dipimpin oleh Mercy Corps Indonesia, dan didanai oleh Starbucks Foundation, untuk memberdayakan petani kopi perempuan di Kabupaten Bandung melalui pelatihan dan pendampingan. Baru-baru ini, Starbucks
Foundation juga mendukung penerapan sistem air darurat AquaBlock dalam kemitraan dengan Planet Water Foundation untuk menyediakan air minum yang bersih dan aman bagi masyarakat yang terkena dampak gempa di Cianjur. (FA)
Comment