Menutup rangkaian kegiatan HiLo School Poster Drawing Competition (HPDC) 2022. Melalui program ini, HiLo School berupaya
mengembangkan kreativitas dan kemampuan anak-anak sekolah dasar dalam menyampaikan ide, sesuai dengan tema yang diangkat, “Misi Menjaga Diri dan Bumi”.
Bukan sekedar kompetisi menggambar biasa, program ini juga menjadi ajang untuk HiLo School dapat mengedukasi gaya hidup sehat dan hijau kepada peserta, sejalan dengan kampanye Sekolah Sehat dari Kemendikbud-ristek (Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi) serta mendukung upaya Sustainable Development Goals (SDGs).
Lisa Arianti, Brand Associate HiLo School mengatakan ini menjadi tahun ke-10 HiLo School menggelar kompetisi menggambar dan tahun ini pihaknya berinovasi dengan
mekanisme kompetisi yang berbeda, di mana para peserta dapat menggambar poster berbasis proyek sesuai dengan tema “Misi Menjaga Diri dan Bumi”.
“Adapun definisi “berbasis proyek” di sini adalah bahwa HiLo School memberikan kebebasan kepada tiap
peserta untuk memilih subtema dan menentukan strategi menggambarnya sendiri (free
drawing) demi tersampaikannya pesan subtema melalui gambar yang dihasilkan. Para peserta juga diharapkan mampu merefleksikan berbagai pengalaman yang didapat
selama mengerjakan hasil karyanya ” tutur Lisa Arianti dalam keterangan tertulisnya Rabu (15/3/2023).
Rangkaian roadshow HPDC 2022 berlangsung sejak September hingga Desember 2022 di 187 kota di 28 provinsi di Indonesia dan menjangkau 85.000 anak Indonesia di 270 sekolah untuk tumbuh sehat, cerdas, dan optimal.
Reti Oktania, M.Psi., Psikolog dari @thelittlewisdom_id menjelaskan, terdapat beragam manfaat bagi anak jika diberikan kesempatan untuk menggambar secara bebas (free
drawing). Tidak hanya mampu meningkatkan kreativitas, namun anak juga dapat belajar banyak hal, mulai dari belajar sebab-akibat, sarana mengekspresikan diri, meningkatkan kemampuan motorik, hingga memungkinkan mereka untuk menuangkan ide dengan lebih
dari satu cara. Adapun proses dan hasil karya anak bermula dari pengalamannya dalam mengenali lingkungan sekitar.
“Dalam hal ini, orang tua berperan penting untuk mengoptimalkan pengalaman yang positif bagi anak, mulai dari bagaimana menjaga
kesejahteraan diri mereka, termasuk dengan mengkonsumsi makanan minuman bernutrisi, serta menciptakan lingkungan sehat yang berkelanjutan dan aman untuk
perkembangan kemandirian anak,” jelas Reti Oktania, M.Psi.
Lisa menambahkan, “Terkait dengan anjuran konsumsi makanan minuman bernutrisi, HiLo School senantiasa berupaya menyajikan produk lebih rendah gula, rendah lemak, dan tinggi protein yang mampu mendukung pertumbuhan optimal anak. Saat ini, produk HiLo
School juga telah mendapatkan klaim logo “Pilihan Lebih Sehat” dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia, yang diharapkan dapat memudahkan orang tua dalam menentukan produk yang lebih sehat dikonsumsi anak-anak.”
Dalam pelaksanaan HiLo School Poster Drawing Competition 2022, HiLo School turut menggandeng PiBo, sebuah perpustakaan daring yang dirancang khusus untuk
melibatkan anak-anak, menghubungkan keluarga, dan membantu anak-anak belajar
melalui cerita, untuk berkolaborasi meluncurkan buku edukasi bertajuk HiLotopia: Misi Menjaga Diri dan Bumi, di mana hasil karya pemenang dapat ditemukan sebagai bagian dari ilustrasi buku ini. Aisha Habir, Business Development
Director dan Co-Founder PiBo,
menyampaikan, “PiBo sebagai platform web dengan ratusan buku anak terkurasi yang bisa diakses di mana saja dan kapan saja, sangat bangga bisa bekerja sama dengan HiLo School yang turut serta memajukan pendidikan di Indonesia melalui buku bacaan berkualitas. Untuk bisa membaca buku secara daring di PiBo, orang tua hanya perlu mendaftarkan akun keluarga, di mana orang tua dapat menambahkan hingga 3 anak
dengan profilnya masing-masing. Kami percaya, anak-anak yang memilih buku mereka sendiri akan jauh lebih mungkin menyelesaikan membaca dan menikmatinya. Hal ini
mendorong kegemaran membaca yang dapat bertahan seumur hidup. PiBo memang dirancang untuk penjelajahan mandiri anak”. (Lia)
Comment