by

Fitur Baru Dari Tokopedia Bikin Belanja Online Makin Murah

Belakangan belanja online masih tetap menjadi andalan dikalangan masyarakat untuk mendapat berbagai kebutuhan produk. Faktanya, pada tahun 2022, jumlah pengguna e-commerce di Indonesia meningkat 12,79%, yaitu mencapai 178,94 juta, jika dibandingkan tahun 2021 yang mencapai 158,65 juta. Pengguna e-commerce di Indonesia diproyeksi akan terus meningkat hingga mencapai 196,47 juta pada akhir tahun 2023.*

“Tingginya animo belanja online masyarakat di Indonesia juga tercermin di data internal Tokopedia. Dengan begitu, Tokopedia mencatatkan peningkatan transaksi di berbagai kategori produk selama kuartal III 2023, antara lain Fesyen, Otomotif, Elektronik, Rumah Tangga dan Kebutuhan Sehari-hari/Groceries (seperti Makanan dan Minuman, Kesehatan serta Perawatan Tubuh),” ujar Associate Vice President Product Campaign and Promotions Tokopedia, Helena, diacara peluncuran fitur terbaru Tokopedia yang disiarkan secara virtual Selasa (21/11/2023).

Untuk terus mengakomodasi tingginya animo masyarakat dalam belanja online, Tokopedia meluncurkan dua fitur baru, yaitu ‘Multiple Product Search’ atau ‘Cari Sekaligus’, dan ‘Buy More Save More’ atau ‘Beli Banyak Lebih Hemat’.

Tokopedia meluncurkan fitur baru ‘Multiple Product Search’ atau ‘Cari Sekaligus’, yang memungkinkan masyarakat belanja online lebih hemat dari sisi waktu maupun ongkir.

“Dengan fitur ini, masyarakat bisa mencari lebih dari satu produk secara bersamaan, dan mendapatkan rekomendasi pilihan toko yang menjual semua produk tersebut secara sekaligus,” jelas Product Manager Senior Lead Tokopedia, Hefrian Syah.

“Alhasil, proses belanja online menjadi hemat waktu karena tidak perlu mencari secara manual satu per satu, dan hemat ongkir karena hanya dikenakan dari satu toko saja; bahkan bisa gratis atau bebas ongkir,” tambah Hefrian. Tokopedia menjadi pionir lahirnya fitur ini di industri e-commerce secara global.

Dia menambahkan fitur ini dibuat saat tim Product menemukan bahwa ada kebutuhan dari pembeli untuk menemukan satu toko yang menjual berbagai produk yang mereka butuhkan dalam satu waktu sekaligus.

“Setelah melakukan riset dan memvalidasi kebutuhan ini, kami bersama tim Designer dan Engineer Tokopedia mulai mengembangkan fitur yang relevan,” ujarnya menambahkan.

Adapun, cara menggunakan fitur baru Tokopedia ‘Cari Sekaligus’ sangat mudah. Klik kolom pencarian pada halaman utama aplikasi Tokopedia versi Android maupun iOS, lalu ketik salah satu produk yang dicari, dan klik tanda di ujung kanan. Setelah itu, pembeli bisa menambahkan hingga dua produk lain yang dibutuhkan secara bersamaan. Klik ‘Cari’ dan Tokopedia akan merekomendasi pilihan toko yang menjual berbagai produk yang dicari secara sekaligus.

Fitur ini terbukti memberikan dampak positif bagi pengguna Tokopedia, termasuk pembeli. Contohnya Leona Agustine, seorang content creator sekaligus pengguna Tokopedia berstatus ‘Diamond’ (tingkatan tertinggi keanggotaan pembeli di Tokopedia), “Lewat fitur ini, saya merasa lebih mudah mencari berbagai produk yang dibutuhkan tanpa harus mencari di toko yang berbeda. Saya juga bisa menghemat waktu yang biasa dihabiskan untuk mencari produk dan juga bisa lebih hemat dari segi ongkir karena berbagai kebutuhan yang dicari bisa dibeli dari satu toko saja.”

“Tokopedia di sisi lain akan terus menghadirkan berbagai inovasi dan kampanye agar masyarakat bisa belanja online lebih terjangkau (affordable) demi mendukung animo masyarakat dalam pemenuhan kebutuhannya secara online,” tutup Helena. (FA)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed