by

Kiat Torch, Tas Traveling Asal Bandung Menggebrak Industri Fashion Lokal

Pandemi COVID-19 menciptakan kebiasaan dan tren baru ditengah-tengah masyarakat, di antaranya adalah peralihan belanja luring ke daring serta memilih busana yang hanya sesuai kebutuhan. Kondisi itu dirasakan Ben Wirawan mendirikan Torch bersama dengan rekannya Hanafi Salman, pada tahun 2015 di kota Bandung.

Hingga akhirnya pada tahun 2017, dengan kondisi keuangan perusahaan yang memburuk, Ben membawa perusahaannya hijrah ke jalur digital dengan mulai mempelajari pemasaran digital dan penjualan online.Salah satunya dengan bergabung di Shopee yang berhasil membawa angin segar terhadap keberlangsungan bisnis Torch.

Lewat pemasaran online yang dilakukan, Torch berhasil melampaui jumlah penjualan yang melebihi 2 tahun awal berdirinya ketika masih menggunakan sistem pemasaran konvensional.

Lebih dari itu, bersama Shopee, Torch juga berhasil menjangkau konsumen baru yang lebih luas yang ikut membantu meningkatkan penjualan produknya.

Ben sangat merasakan pertumbuhan yang signifikan sejak masuk ke ranah online, dimana rata-rata penjualanonline Torch telah tumbuh 100 kali dalam 5 tahun terakhir. Jika sebelumnya karyawan yang Ben miliki di awal berdiri terdiri dari 6 orang, kini dirinya dibantu oleh lebih dari 80 karyawan untuk dapat memenuhi pesanan masyarakat Indonesia.

“Jadi setelah melewati berbagai tantangan dan hambatan, pilihan Torch untuk bermigrasi dan memasarkan produk lewat online merupakan langkah yang tepat bagi bisnis kami. Pertumbuhan bisnis Torch menjadi sangat jauh berkembang jika dibandingkan dengan awal kami berdiri. Bahkan dengan bergabung di Shopee, saat ini kami bisa melayani pesanan dari berbagai kota dan kabupaten di Indonesia,” cerita Ben Wirawan, CEO Torch dalam acara Meet Up Shopee bersama Media  yang disiarkan secara virtual Kamis (24/2/2022).

“Merupakan suatu kebanggan bagi saya bahwa produk hasil karya Torch dapat dinikmati oleh seluruh kalangan masyarakat dengan mudah. Ini menjadikan proses pembuatan produk yang sangat kompleks dan melelahkan menjadi berarti dan ada maknanya,” imbuhnya.

Usut punya usut, lini bisnis di bidang traveling dipilih Ben dan rekannya untuk  dikembangkan, karena ia mengamati traveling telah berubah dari sekedar aktivitas perjalanan semata, namun telah menjadi bagian dari gaya hidup, khususnya bagi generasi milenial dan Gen Z.

Ben melihat bahwa kegiatan traveling di masa kini perlahan berubah seiring dengan meningkatnya intensitas perjalanan yang dilakukan seseorang, serta cara melakukan perjalanan yang menjadi lebih mudah serta lebih hemat biaya. Seiring dengan perubahan tersebut, bisnis yang berhubungan dengan travelling seperti penjualan tiket perjalanan, akomodasi, atau aksesoris perlengkapan perjalanan seperti Torch akan terdorong tumbuh secara pesat.

Sebelumnya, dua tahun sejak didirikan, Torch masih menggunakan pendekatan konvensional untuk memperkenalkan dan memasarkan produknya kepada masyarakat. Produk Torch dipasarkan melalui distributor dan agen, yang membawa banyak rintangan bagi brand milik Ben ini.

“Tetapi pemasaran dengan cara konvensional ini berdampak terhadap perkembangan bisnis Torch, dimana para agen seringkali tidak melunasi penjualan barang tepat waktu, dan menjadikan Torch tidak bisa meraih omzet secara maksimal,” ungkap Ben.

Ben mengungkapkanTorch sebagai brand lokal yang bergerak di industri fashion Indonesia yang dinamis serta berkembang begitu cepat terus beradaptasi dan berinovasi sebagai kunci utama bagi sebuah brand untuk tidak hanya bertahan, tapi tumbuh pesat.

Selain itu, menurutnya menjaga kualitas dan nilai dari brand juga menjadi hal yang perlu diperhatikan agar brand yang dimiliki dapat lebih diingat oleh pelanggan.

“Tak cukuk sampai disitu, kenali dengan baik profil konsumen, dengan itu kita bisa mendatangkan konsumen baru dan mendorong pelanggan lama untuk membeli lebih sering dan lebih banyak. Kami berharap kisah sukses Torch bersama dengan Shopee dapat menjadi inspirasi yang berkelanjutan bagi para pelaku industri fashion lainnya di Indonesia agar tetap terus bersemangat menghasilkan karya-karya produk fashion yang inovatif dan dicintai oleh masyarakat Indonesia. Terlebih, sekarang telah hadir platform ecommerce seperti Shopee yang senantiasa selalu mendukung para mitra brand dan penjualnya untuk dapat sukses bersama,” tutup Ben.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed