by

FRISIAN FLAG Indonesia Ajak UMKM Perempuan Berikan Layanan Terbaik Bagi Pelanggan

Pelanggan secara spesifik, kata ini sering pula diartikan sebagai seseorang yang terbiasa untuk membeli barang pada suatu toko tertentu.

Terkait itu, dalam rangka memperingati Hari Pelanggan Nasional yang jatuh pada 4 September, Frisian Flag Indonesia (FFI) mengajak pelaku UMKM perempuan untuk terus meningkatkan produk dan layanannya kepada Pelanggan.

Ajakan ini merupakan refleksi dari semangat 100 tahun FRISIAN FLAG di Indonesia yang terus mengajak dan mendukung seluruh elemen masyarakat untuk senantiasa membangun diri menjadi bangsa yang tangguh.

Dengan demikian, FFI yakin bangsa Indonesia dapat bangkit dari keterpurukan akibat pandemi dengan cara bekerja sama. Dengan semangat 100 tahun #MelajuKuatBersama, FRISIAN FLAG mendorong pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) perempuan untuk terus berkarya memberikan produk dan layanan terbaik yang menempatkan pelanggan sebagai prioritas utama.

Sebagai produsen produk-produk bergizi berbasis susu yang berkualitas dan terjangkau untuk memenuhi kebutuhan gizi masyarakat Indonesia, FFI senantiasa menempatkan pelayanan kepada pelanggan sebagai prioritas utama. FFI berkomitmen untuk mengedepankan kebutuhan para pelanggannya.

“Misi kami adalah memberikan produk-produk susu bergizi berkualitas dan terjangkau yang dapat dinikmati oleh masyarakat Indonesia di setiap tahap kehidupannya. Kami mengembangkan produk-produk susu melalui berbagai inovasi dengan memperhatikan kebutuhan gizi dan selera masyarakat. Kami juga mengembangkan cara bagaimana dapat berinteraksi lebih baik dengan para pelanggan FRISIAN FLAG,” jelas Andrew F. Saputro, Corporate Affairs Director PT Frisian Flag Indonesia saat ditemui diacara Hari Pelanggan Nasional 2022 bersama pelaku UMKM Perempuan saat ditemui di Taman Kajoe, Cilandak Jakarta Selatan Jumat (16/9/2022).

Terlebih, sebagai merek yang telah memproduksi susu dan melayani kebutuhan gizi masyarakat Indonesia selama 100 tahun, FFI telah mengantongi berbagai pengalaman mendampingi pelanggan Indonesia dari generasi ke generasi.

Semangat FFI dalam melayani pelanggan di Indonesia disampaikan dalam diskusi hari ini bersama komunitas Ibu Profesional yang tergabung dalam program Kedai Kreatif Susu Kental Manis FRISIAN FLAG. Diskusi membahas tentang bagaimana pelaku dapat bekerja sama dan memajukan UMKM Indonesia dengan menempatkan kepuasan pelanggan sebagai hal yang utama. Sebuah studi (Qualtrics 2022 Global Consumer Trends ) menyebutkan bahwa hampir semua konsumen di Indonesia (96 persen) tidak puas dengan layanan pelanggan yang mereka dapatkan pada tahun 2021 dan ketidakpuasan ini berpotensi merugikan usaha hingga US$59 miliar per tahun.

Founder Ibu Profesional, Septi Peni Wulandani menuturkan sangat menyadari pentingnya pelaku UMKM untuk terus meningkatkan layanan kepada pelanggan.

“Potensi UMKM sangat besar dan memiliki dampak yang sangat positif bagi pemberdayaan para Ibu yang memilih profesi Ibu Rumah Tangga. Kuncinya adalah bagaimana para Ibu meningkatkan pengetahuannya bagaimana mengelola usaha rumahan secara profesional dan melayani pelanggan dengan baik,” tuturnya.

Septi sangat mengapresiasi upaya FFI dalam meningkatkan kapasitas UMKM perempuan melalui program Kedai Kreatif Susu Kental Manis FRISIAN FLAG yang telah berlangsung sejak awal 2022,

“Bimbingan para mentor dan chef yang berpengalaman, pelaku UMKM perempuan berhasil meningkatkan kapasitasnya dalam menghasilkan produk-produk yang berkualitas. Kualitas produk itu sangat berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan memberikan efek domino pada loyalitas pelanggan. Loyalitas ini akan mengantar Ibu-ibu ke tahap berikutnya yakni kesempatan untuk mengembangkan usaha untuk mencapai kemandirian finansial keluarga,” imbuhnya.

Dalam kerja sama ini FFI menyediakan produk-produk berbasis susu yang digunakan sebagai campuran kreasi makanan dan topping minuman untuk keluarga.

Pentingnya kepuasan pelanggan juga dibahas dalam sesi talkshow siang ini. ‘Menerapkan Customer Service Excellent dalam UMKM’ menjadi tema diskusi yang seru terlebih dengan dimotori oleh para pembicara yang sangat bersemangat dalam pengembangan UMKM dan layanan pelanggan. Ada dua heroes dari program Kedai Kreatif Susu Kental Manis FRISIAN FLAG yaitu Nurin Silvia (founder Dapur MamaRins) dan Wedaraningtyas (founder @gibran_cakeandcookies), hadir pula pelaku UMKM perempuan yang tengah mengembangkan usahanya dan dikenal sebagai Customer Service Excellent Expert, yaitu Lidya Angelina Rinaldi.

Lidya Angelina Rinaldi mengatakan edukasi dan kepuasan pelanggan adalah dua dari beberapa modal penting keberhasilan usahanya mengembangkan produk vanila halal.

“Untuk menjaga loyalitas pelanggan, kami fokus melakukan bonding dengan mereka antara lain melalui sharing resep favorit, melakukan kelas baking online, dan sebagainya, sehingga mereka tetap setia,” kata Lidya.

Diskusi hari ini yang digelar dalam rangka Hari Pelanggan Nasional menjadi pengingat FFI untuk senantiasa menjaga komitmen dalam melayani pelanggan.

“FFI sangat mengapresiasi loyalitas pelanggan. Kami ingin terus menghasilkan produk-produk berbasis susu yang bergizi berkualitas dengan harga terjangkau agar kami dapat melayani pelanggan lebih baik, mendorong keluarga Indonesia untuk mewujudkan generasi yang lebih sehat, sejahtera, dan selaras,” tutup Andrew. (FA)

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed