by

Infrastructure Connect 2022 : Hadir Untuk Dukung Industri Jasa Konstruksi Dan Infrastruktur Indonesia

Belakangan, dalam perjalananya pembangunan di Tanah Air begitu terlihat masiv. Untuk itu, pemerintah terus mengupayakan akselerasi pembangunan dan pemerataan infrastruktur hingga ke wilayah pelosok Indonesia untuk menopang aktivitas ekonomi masyarakat.

Adapun, target pemerintah ini tertuang dalam Rencana Kerja Pemerintah 2023 dengan tema Peningkatan Produktivitas untuk Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan dijabarkan dalam 7 Prioritas Nasional, salah satunya berisi penguatan infrastruktur untuk mendukung pembangunan ekonomi dan pelayanan dasar.

Selain itu, dari sisi penyerapan tenaga kerja, sektor konstruksi diproyeksikan dapat menyerap sebanyak 8.769.798 tenaga kerja pada tahun 2023.

Melihat kondisi tersebut, sekaligus mendukung pengembangan infrastruktur dan pertumbuhan industri jasa konstruksi di Indonesia, Tarsus Indonesia SEA menyelenggarakan Infrastructure Connect 2022 yang merupakan rangkaian dari 3 kegiatan resmi bagi industri jasa konstruksi dan infrastruktur:

Konstruksi Indonesia, agenda resmi tahunan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RepubIik Indonesia, Indonesia Infrastructure Week, kegiatan tahunan Kamar Dagang dan Industri – KADIN Indonesia dan Beton Indonesia, yang merupakan program resmi dari Asosiasi Perusahaan Pracetak dan Prategang Indonesia (AP3I). Dalam satu rangkaian Infrastructure Connect 2022, ketiga kegiatan penting ini menjadi sinergi dan menunjukkan kolaborasi antara pemerintah, swasta dan seluruh pemangku kepentingan dalam ekosistem jasa konstruksi dan infrastruktur.

Dalam penyelenggaraan kali ini, Infrastructure Connect akan memberikan highlight khusus pada program pemerintah dalam mendorong peningkatan penggunaan produk dalam negeri khususnya dalam sektor jasa konstruksi dan pembangunan infrastruktur, yang juga diiringi dengan peningkatan kolaborasi dengan pemain global dunia untuk alih teknologi, pengetahuan serta mendorong investasi pembangunan infrastruktur di Indonesia.

Infrastructure Connect 2022 dibuka oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia Dr. Ir. M. Basuki Hadimuljono, M.Sc, di Jakarta International Expo dan dihadiri oleh Direktur Jenderal Bina Konstruksi Kementerian PUPR RI – Yudha Mediawan, Ketua Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) PUPR – Taufik Widjoyono, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia – Arsjad Rasjid, Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia Bidang PUPR dan Infrastruktur – Insannul Kamil, Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Pracetak dan Prategang Indonesia (AP3I) – Elvi Fadilah, serta Duta Besar Inggris untuk Indonesia – Yang Mulia Mr. Owen Jenkins dalam kapasitasnya mewakili Inggris sebagai Negara Mitra (Partner Country) bagi Indonesia Infrastructure Week. Pameran ini akan berlangsung selama tiga hari mulai 23 hingga 25 November 2022 dari pukul 10.00 hingga 17.00 WIB dengan format tatap muka langsung (luring) dan menghadirkan pameran berbagai produk, teknologi dan inovasi jasa konstruksi dan infrastruktur, konferensi dengan berbagai topik terkini, demo alat berat dan inovasi teknologi, temu bisnis, bedah buku dan Anugerah Konstruksi Indonesia.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia mengangkat tema ‘Bangga Produk Dalam Negeri, Pulihkan Ekonomi Bangsa’ untuk pameran Konstruksi Indonesia, Indonesia Infrastructure Week, dan Beton Indonesia 2022 dengan harapan dapat melahirkan terobosan baru dalam membangun infrastruktur, bangunan serta hunian yang lebih berkualitas dan terjangkau serta memberikan sarana interaksi dan inspirasi untuk meningkatkan kapasitas industri dalam membangun infrastruktur di Indonesia.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia Arsjad Rasjid mengatakan dalam Indonesia Infrastructure Week 2022, KADIN Indonesia akan fokus untuk menguatkan kolaborasi antara KADIN Indonesia dan pemerintah. Sebagai mitra strategis pemerintah, KADIN Indonesia berkomitmen untuk terus mendorong pertumbuhan dan perkembangan infrastruktur di Indonesia.

“Tidak hanya itu, KADIN juga akan terus mendorong Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) dalam sektor jasa infrastruktur, terutama pada sektor Transportasi, Air, Bangunan & Konstruksi, Komunikasi, Energi dan Investasi & Pembiayaan,” jelas Arsjad Rasjid dalam sambutannya yang disiarkan melalui video conference.

Dia menambahkan Indonesia Infrastructure Week 2022, “KADIN Indonesia berkesempatan untuk dapat bekerjasama dengan Inggris sebagai Partner Country.

“Nantinya, diharapkan pelaku sektor jasa konstruksi dan infrastruktur dapat mengadaptasi teknologi dari Inggris yang dipamerkan dalam Indonesia Infrastructure Week 2022,” imbihnya.

Duta Besar Inggris untuk Indonesia Yang Mulia Mr. Owen Jenkins mengatakan Inggris telah lama menjadi mitra dekat dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia. Hal tersebut semakin didukung dengan kerjasama yang belakangan ini terjalin di bidang transportasi dan pertumbuhan hijau, serta skema-skema transfer pengetahuan dan teknologi.

“Kami senang sekali bahwa tujuh perusahaan terdepan Inggris akan tampil pada Paviliun Inggris di Infrastructure Connect 2022, dan kami siap untuk mendukung kerjasama lanjutan antara kedua negara dalam bidang yang sangat penting bagi pertumbuhan dan pembangunan berkelanjutan di Indonesia,”ungkap Owen Jenkins.

Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Pracetak dan Prategang Indonesia (AP3I) Elvi Fadilah mengatakan, “Beton sebagai salah satu produk dan komponen utama dalam pembangunan infrastruktur selayaknya mendapatkan fokus dalam pengembangan inovasi baru, peningkatan mutu dan kapasitas produksi bagi untuk mendukung ketersediaan pasokan dalam negeri serta mensukseskan pelaksanaan yang nyata atas Sustainable Development Goals (SDGs) Indonesia. Para anggota AP3I, yang merupakan seluruhnya perusahaan dalam negeri, menyambut baik kegiatan Beton Indonesia ini yang menjadi wadah bagi kita semua untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan baru serta memperkuat kerjasama dan rantai pasok bagi industri jasa konstruksi dan infrastruktur.”

Direktur Portofolio Tarsus Indonesia SEA, Niekke Budiman mengatakan, “Infrastructure Connect 2022 akan memberikan informasi dan inovasi terbaru bagi pembangunan bangsa, mendukung pemerintah dan sektor swasta untuk berkolaborasi, menarik investasi dan membuka peluang berjejaring, memberikan wawasan tentang kebijakan pemerintah dan pembaruan peraturan, sehingga acara ini bisa menjadi referensi dan menciptakan sinergi untuk kemajuan konstruksi dan infrastruktur Indonesia.”

Temukan berbagai inovasi dalam industri konstruksi dan infrastruktur serta regulasi terbaru dari pemerintah. Dengan Infrastructure Connect 2022, Indonesia diharapkan akan mampu bersaing dalam industri konstruksi dan infrastruktur dan menjadi standar baru pada industri ini. Untuk informasi lebih lanjut dapat ditemukan pada https://infrastructureconnect.id/. (FA)

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed