by

Tahun 2022, Bosch Catatkan Penjualan Tertinggi Di Indonesia

Melihat perkembangan penjualan tumbuh positif di tahun sebelumnya. Bosch, perusahaan penyedia teknologi dan layanan terkemuka di dunia mencapai penjualan lebih dari IDR 2 triliun sepanjang 2022 di Indonesia, yang merupakan penjualan tertinggi hingga saat ini.

“Hasil penjualan perusahaan selama
2022 merupakan yang tertinggi sejak Bosch mulai beroperasi di Indonesia pada 2008 lalu. Didukung oleh situasi pasar yang kondusif, Bosch telah sukses mencapai pertumbuhan di seluruh segmen bisnisnya,” kata Pirmin Riegger, Managing Director of Bosch in Indonesia, pada konferensi pers tahunan saat ditemui dikantor Bosch di Jakarta Rabu (7/6/2023).

Dia menambahkan  perkembangan bisnis yang positif pada 2022 didorong oleh kontribusi dari semua divisi bisnis Bosch. Sektor bisnis Mobility Solutions membukukan kenaikan yang signifikan, berkat peningkatan volume ekspor produsen otomotif di Indonesia.

“Selain sektor Mobility Solutions, Bosch juga mengalami peningkatan pangsa pasar untuk tiga sektor bisnisnya yang lain: Industrial Technology, Consumer Goods dan Energy and Buildings Technology,” imbuhnya.

Sepanjang 2022, perusahaan meluncurkan sejumlah inovasi produk yang secara langsung mengatasi kebutuhan pengguna dan
menyederhanakan pekerjaan sehari-hari yang pada akhirnya membuat hidup masyarakat Indonesia menjadi lebih mudah. Salah satu contohnya, Bosch UniversalBrush, alat pembersih bertenaga baterai ringkas yang merevolusi pekerjaan bersih-bersih dengan kepala sikat serbaguna dan rotasi yang kuat, membuat tugas
pembersihan yang sulit menjadi mudah.

Dalam industri konstruksi, bor profesional Bosch dan angle grinder dengan teknologi sensor canggih memprioritaskan keselamatan pekerja dengan mencegah tiga risiko terkait dengan penggunaan power tools – kickback, jatuh, dan overheat.

Selain itu, mesin pencuci piring terbaru dari Bosch mengoptimalkan rutinitas rumah tangga, membebaskan waktu yang berharga untuk aktivitas lain dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

“Invented for life” tidak hanya sebatas inovasi produk. Perusahaan berusaha
memberdayakan generasi Indonesia masa depan dan memberikan dampak positif pada kehidupan masyarakat Indonesia. Inisiatif seperti “Bosch Surabaya Interior Design Competition 2023” tidak hanya mendorong gagasan baru di Indonesia, tetapi juga
melibatkan langsung para talenta muda. Program ini melibatkan lebih dari 300 mahasiswa desain interior dan arsitektur dari delapan universitas ternama di Jawa Timur, yang ditugaskan untuk mengajukan ide inovatif untuk mendesain masa depan ritel untuk Bosch.

Selain itu, sebagai bagian dari inisiatif #CareForSight Bosch, perusahaan bekerja sama dengan SOS Children’s Villages dan Yayasan Tunas Bakti Nusantara untuk menyediakan
pemeriksaan mata, kacamata korektif, dan operasi katarak untuk lebih dari 400 penerima manfaat.

Keberlanjutan Menjadi Fokus Utama Inovasi Produk Bosch

Sejak 2020, Grup Bosch dengan lebih dari 400 lokasi di seluruh dunia telah menjadi
climate neutral (lingkup 1 dan 2). Sebuah perusahaan audit independen telah secara resmi mengonfirmasi hal ini. Bosch sekarang bertujuan untuk meningkatkan berbagai tindakan dan ukuran dengan harapan bisa mengurangi dampak iklim lebih jauh.

Pada saat yang sama, perusahaan juga telah memperluas aktivitasnya dalam beberapa tahun terakhir guna mengurangi emisi yang dihasilkan pihak-pihak di luar Bosch, misalnya
mitra pemasok, logistik, atau ketika produk digunakan konsumen  dikenal sebagai lingkup 3.

Di Bosch, keberlanjutan tercermin pada setiap pengembangan produk. Misalnya, sensor terintegrasi dalam mesin pencuci piring Bosch yang mempertimbangan piring dan berat muatan untuk menentukan siklus yang paling cocok, memungkinkan pengguna menghemat energi dan air dan pada saat yang sama mencapai kebersihan yang maksimal.

Lebih dari itu, komitmen Bosch terhadap inovasi tidak hanya terbatas pada segmen konsumen, tetapi juga mencakup sektor industri. Sebagai contoh, boiler listrik untuk industri yang baru dikembangkan oleh Bosch secara aktif mendukung peralihan pelanggan dari sumber energi fosil ke sumber energi terbarukan.

Pertumbuhan Diharapkan Berlanjut Sepanjang 2023

Berdasarkan perkembangan positif dalam beberapa bulan pertama tahun ini, Bosch Indonesia optimistis akan melanjutkan pertumbuhannya pada 2023. Perusahaan terus mengeksplorasi peluang untuk memperluas kehadirannya di seluruh negeri dan memperkenalkan inovasi produk baru yang disesuaikan dengan pasar Indonesia yang terus berkembang.

Bosch aktif mendukung transisi Indonesia menuju Industri 4.0. Pada April lalu, perusahaan berpartisipasi di Hannover Messe 2023 (di paviliun Indonesia), salah satu pameran teknologi industri terbesar di dunia. Pada acara tersebut, Bosch memamerkan ctrlX AUTOMATION, platform otomasi terbuka yang menawarkan solusi modular dan scalable. Selain itu, Bosch juga menghadirkan teknologi Nexeed MES (Manufacturing Execution System) yang memungkinkan pemantauan data proses manufaktur secara real-time. Solusi inovatif ini memberdayakan produsen di Indonesia untuk menyederhanakan operasi pabrik mereka, mengurangi kebutuhan komponen, dan meningkatkan produktivitas.

“Bosch sepenuhnya berkomitmen untuk mendukung transformasi industri sektor manufaktur lokal. Kami berusaha mendorong inovasi, mengimplementasikan teknologi canggih, dan membangun kemitraan strategis. Dengan menyediakan solusi komprehensif, kami memberdayakan produsen untuk mengarungi lanskap yang berubah, memanfaatkan peluang pertumbuhan, dan berkembang. Dedikasi kami sejalan dengan visi Indonesia tentang ekosistem industri yang dinamis, berkelanjutan, dan sejahtera,” tambah Pirmin Riegger.

Selain fokus pada sektor industri, perusahaan berencana meluncurkan produk-produk baru yang khusus mengakomodasi peningkatan permintaan dari konsumen rumah
tangga, terutama dalam kategori produk rumah dan kebun.

Upaya-upaya melawan perubahan iklim mendorong perubahan teknologi yang cepat. Di sektor mobilitas Indonesia, terdapat potensi pertumbuhan yang signifikan dalam kendaraan hybrid dan listrik (EV). Pergeseran teknologi ini menawarkan peluang pertumbuhan bagi Bosch di berbagai domain mobilitas, termasuk elektrifikasi dan digitalisasi, yang saat ini sedang mengubah industri otomotif di negara ini.

“Bosch adalah mitra yang dapat diandalkan untuk solusi sistem komprehensif dalam industri otomotif. Permintaan yang meningkat untuk mobilitas berkelanjutan mendorong kami untuk mengembangkan teknologi yang sejalan dengan visi Indonesia tentang masyarakat yang bersih, aman, dan modern,” pungkas Riegger. (FA)