by

Sinergi TENCEL Dengan 6 Mitra Brand Lokal untuk Bagikan Kebahagiaan di Hari Anak Nasional

Menurut data, jumlah anak-anak terlantar di Indonesia sebanyak 67.368 orang. Sementara itu, jumlah anak yang diasuh oleh Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) seperti panti asuhan berjumlah 45.000 anak. Jumlah ini cukup membuktikan bahwa kesejahteraan generasi penerus bangsa masih perlu diperjuangkan oleh seluruh pihak.

Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional 2024, PT. South Pacific Viscose (SPV), bagian dari Lenzing Group yang merupakan produsen kelas dunia dan pemimpin teknologi penghasil serat khusus berbahan dasar kayu, melalui brand serat alami yang mendukung keberlanjutan, TENCEL berkolaborasi dengan 6 mitra brand lokal pakaian anak untuk memberikan hadiah kepada anak-anak di Panti Asuhan Abhimata Tangerang Selatan.

Kabarnya, keenam brand lokal tersebut yaitu Awan Kids, Koobicles, Koalakiddie, Kokoro, Nicekids dan Bebeours. Program ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kepedulian serta perlindungan terhadap kesejahteraan dan hak-hak seluruh anak di Indonesia.

Acara ini dimulai dengan doa dan bernyanyi bersama, makan siang dan ditutup dengan membagikan souvenir kepada anak-anak di Panti Asuhan. Selain itu, brand fashion lokal yang turut berpartisipasi dalam acara ini menyumbangkan pula pakaian yang nyaman dengan kualitas tinggi serta memberi dukungan pendidikan melalui mainan edukasi yang dirancang untuk membantu perkembangan kognitif dan motorik anak-anak serta memberikan mereka kesempatan untuk belajar sambil bermain.

Kegiatan di Panti Asuhan ini dihadiri oleh Perwakilan dari PT. South Pacific Viscose (Lenzing Group) dari tim marketing & branding, HR serta Corporate Communication, perwakilan dari 6 mitra brand lokal pakaian anak serta para pengurus dan staf dari panti.

Sementara itu, hal ini merupakan salah satu hal yang menginisiasi kolaborasi TENCEL dan 6 mitra brand lokal pakaian anak untuk memperingati Hari Anak Nasional 2024.

Margret Marito, Marketing & Branding Manager, Lenzing Group SEA, and Oceania mengatakan memperingati Hari Anak Nasional berarti mendukung kesiapan generasi di masa depan. Kami sangat bangga dapat bekerja sama dengan brand lokal dalam inisiatif mulia ini. Hari Anak Nasional adalah momen yang tepat untuk menunjukkan kepedulian kita terhadap masa depan anak-anak Indonesia.

“Kami berharap donasi ini dapat memberikan kegembiraan dan manfaat bagi anak-anak di Yayasan Abhimata. Selain, memberikan kebahagiaan, kami juga berupaya memberikan sesuatu yang bermanfaat nyata bagi anak-anak yang membutuhkan. Pakaian anak-anak yang didonasikan dalam kegiatan ini terbuat dari serat TENCEL, yang dikenal karena kelembutannya, daya tahan tinggi, dan ramah lingkungan. Pakaian ini dirancang untuk memberikan kenyamanan maksimal bagi anak-anak dikala tidur dan beraktifitas,” jelas Margret Marito dalam keterangan tertulisnya Sabtu (27/7/2024).

Pada kesempatan yang sama Dina, perwakilan Panti Asuhan Yayasan Abhimata mengatakan, “Panti Asuhan Abhimata adalah lembaga non profit yang berfokus untuk menyelamatkan bayi-bayi terlantar, dibuang dan tidak dikehendaki. Kami telah merawat 364 anak yang membutuhkan bantuan. Kami berupaya melakukan yang terbaik untuk memberikan kebahagiaan bagi anak-anak ini dan membuka kesempatan kepada semua individu, lembaga, maupun perusahaan yang ingin memberikan bantuan. Kami merasa dukungan yang diberikan oleh TENCEL, Koobicles, Koalakiddie, Kokoro, Nicekids, Bebeours dan Awan Kids memberikan dampak positif terutama untuk anak-anak yang masih sangat membutuhkan perhatian. Panti Asuhan Abhimata menyambut hangat kolaborasi ini dan menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya atas kepedulian TENCEL dan para mitra.

“Kami berharap inisiatif seperti ini akan senantiasa berlanjut karena saat ini semua pihak bertanggungjawab atas masa depan generasi mendatang,” tuturnya.

Shelvi M, Founder Awan Kids mengatakan, “Program berbagi di Panti Asuhan Abhimata tidak hanya memberikan kebahagiaan bagi anak-anak, tetapi juga memberikan semangat bagi para pengasuh untuk terus memberikan yang terbaik bagi mereka. Kolaborasi ini membuktikan bahwa kepedulian terhadap anak-anak dapat menyatukan berbagai pihak. Kerjasama ini adalah bagian dari komitmen kami untuk mendukung komunitas lokal dan mempromosikan keberlanjutan. Kami percaya bahwa setiap anak berhak mendapatkan kesempatan yang sama untuk tumbuh dan belajar dalam lingkungan yang mendukung.”

Lenzing merupakan produsen serat yang telah beroperasi lebih dari 80 tahun dan berpusat di Austria dan berdedikasi untuk menerapkan ekonomi sirkuler dan menciptakan industri tekstil yang lebih ramah lingkungan. Hal ini dilakukan melalui produksi serat TENCEL Modal dan Lyocell yang berbahan dasar kayu yang tersertifikasi yang kini digunakan untuk membuat berbagai produk garmen dan tekstil rumah seperti pakaian anak, pakaian olahraga, pakaian sehari-hari, gaun pesta, pakaian dalam dan produk lainnya. TENCEL diproses secara ramah lingkungan serta bertanggung jawab untuk menghasilkan serat yang nyaman di kulit dan serbaguna.

Komitmen Lenzing Group adalah turut menciptakan masa depan yang baik untuk generasi mendatang. Oleh sebab itu, selain mendukung masa depan mereka melalui kegiatan ini, TENCEL juga menciptakan reputasi yang bertanggung jawab terhadap lingkungan mulai dari proses produksi loop tertutup dengan efisiensi sumber daya yang tinggi dan ekologi yang rendah dampak.

“Lenzing berkomitmen terhadap inisiatif bebas karbon untuk menjaga keberlanjutan kehidupan. Oleh sebab itu, Lenzing juga berkolaborasi dengan berbagai brand untuk menghadirkan rangkaian produk yang terbuat dari serat TENCEL untuk produk tekstil anak yang nyaman dan fungsional guna meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik di masa mendatang,” tutup Margret Marito. (FA)