by

Chandra Asri Group Lanjutkan Edukasi Keberlanjutan Melalui #SiPalingSustainable

Pola hidup sustainability living berkaitan dengan pelestarian lingkungan. Hal ini tentunya memiliki tujuan salah satunya agar generasi yang akan datang bisa tetap menikmati sumber daya yang kita gunakan pada saat ini.

Terkait itu, PT Chandra Asri Pacific Tbk (Chandra Asri Group), perusahaan solusi energi, kimia, dan infrastruktur terkemuka di Asia Tenggara, terus menunjukkan komitmennya terhadap keberlanjutan melalui berbagai inisiatif, salah satunya dengan melaksanakan program edukasi melalui kampanye Indonesia Asri.

Dalam rangka merayakan perjalanan satu tahun, Indonesia Asri menceritakan perjalanannya yang telah melibatkan lebih dari 2.200 relawan yang tergabung dalam komunitas Warga Asri melalui tantangan #AksiAsri365 sekaligus meluncurkan program lanjutan bertajuk #SiPalingSustainable.

Inisiatif #AksiAsri365, yang telah berjalan sejak peluncuran Kampanye Indonesia Asri pada November 2023, merupakan tantangan 365 hari untuk mendorong perubahan positif menuju kehidupan yang berkelanjutan melalui partisipasi individu dalam kehidupan sehari-hari.

Rupanya, selama setahun, terdapat 610 partisipan aktif dalam tantangan ini yang berasal dari berbagai kelompok usia, mulai dari 15 hingga lebih dari 50 tahun, dengan latar belakang profesi yang beragam, seperti mahasiswa, pekerja profesional, ibu rumah tangga, dan guru.

Menurut data yang diambil dari program ini, para partisipan menunjukkan antusiasmenya untuk menerapkan topik-topik seperti Healthy Lifestyle, Circular Economy, dan Pengurangan Carbon Footprint. Terinspirasi oleh antusiasme #AksiAsri365, Indonesia Asri melanjutkan komitmennya dengan meluncurkan program baru bertajuk #SiPalingSustainable.

Setelah memberikan pemahaman mengenai kebiasaan ramah lingkungan, Indonesia Asri kini melibatkan Warga Asri untuk berperan sebagai agen perubahan yang berkontribusi nyata terhadap lingkungan, dengan memanfaatkan platform digital seperti situs web dan media sosial untuk menyebarkan informasi serta aksi berkelanjutan.

Chrysanthi Tarigan, Head of Corporate Communication Chandra Asri Group, menjelaskan kampanye Indonesia Asri merupakan bagian dari komitmen Chandra Asri Group untuk menginspirasi masyarakat akan gaya hidup berwawasan lingkungan guna mewujudkan Indonesia yang lebih asri untuk kelak menjadi warisan bagi generasi mendatang.

“Selain itu, kami juga memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah berkolaborasi di tahun 2024 untuk mengamplifikasi pesan keberlanjutan melalui berbagai platform. Kampanye ini berlanjut di tahun 2025 melalui program #SiPalingSustainable dengan menyesuaikan pada kebutuhan dan minat audiens agar edukasi tetap berlanjut dan idenya diadopsi oleh lebih banyak orang.,” ujar Chrysanthi diacara kampanye program lanjutan bertajuk #SiPalingSustainable saat ditemui di Bake Nusa, Kebayoran Baru Jakarta Kamis (23/1/2025).

Adapun, program #SiPalingSustainable memaksimalkan penggunaan platform digital untuk menjangkau publik lebih luas. Melalui beragam tantangan yang aktivitas ramah lingkungan, #SiPalingSustainable mendorong Warga Asri untuk menerapkan kegiatan tersebut menjadi sebuah kebiasaan.

“Masyarakat dapat mengikuti tantangan tersebut dengan mengakses microsite indonesiaasri.com atau media sosial @indonesia.asri, dan mendapatkan reward berupa poin yang dapat dikumpulkan selama program berlangsung sebagai apresiasi dari Indonesia Asri. Hal ini sejalan dengan tujuan Indonesia Asri yakni melibatkan masyarakat secara aktif agar mendorong perubahan positif menuju gaya hidup berkelanjutan, melalui ruang edukasi dan kreasi yang mudah diakses.” jelas Chrysanthi.

Dikesempatan yang sama, Cynthia S. Lestari, Sustainability KOL mengungkapkan sejak dirinya menjalani sustainability living mempengaruhi dirinya dalam melihat benda dan konsumsi.

“Berkonsumsi bukan sekadar punya uang dan mampu belanja, harus bertanggung jawab sampah yg dihasilkan Menjadi lebih berdaya dan hidup lebih bertanggung jawab ke anak-anaknya,” ungkap ibu dari 2 anak.

Sebagai kilas balik, Indonesia Asri pada tahun 2024 menyelenggarakan sejumlah program #AksiAsri, seperti Aksi Asri Operasi Semut, Aksi Asri Beralih, Aksi Asri KREASI, Circle of Beauty, dan #AksiAsri365. Aksi Asri Operasi Semut merupakan kegiatan bersih-bersih dan juga edukasi pilah sampah bersama relawan yang telah berhasil mengumpulkan total 180,65 kg sampah yang terdiri dari plastik, kertas, organik, dan jenis lainnya untuk dikelola agar tidak mencemari lingkungan.

Aksi Asri KREASI, sebuah program pemberdayaan masyarakat untuk mengelola sampah sejak dari sumber, telah membantu penguatan Bank Sampah di Pondok Labu dan pembentukan Bank Sampah Sekolah di SMAN 49 Jakarta, jumlah sampah terkelola dari inisiatif ini mencapai lebih dari 130 kg. Selama satu tahun perjalanannya, Indonesia Asri telah berhasil menjalin kolaborasi dengan beberapa mitra seperti Kitaoneus, Mineral Botanica, IPR (Indonesia Plastic Recyclers), Rumah Atsiri, Jakarta Running Festival, SMAN 49 Jakarta, dan Komunitas Jurnalisme Berkebangsaan.
Informasi lebih lanjut mengenai Kampanye Indonesia Asri dapat diakses melalui website indonesiaasri.com. (FA)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed