by

Kesiapan Lintasarta Dukung Kelancaran Aktifitas Digital Pelanggan Di Libur Akhir Tahun

Sebelum menutup tahun 2024 ini, Lintasarta menegaskan komitmennya untuk memastikan stabilitas, keamanan, dan keandalan jaringan serta layanan selama periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Rupanya, komitmen ini diwujudkan
dengan pengoperasian Command Center yang mengelola dan memantau seluruh
infrastruktur jaringan komunikasi, cloud, dan cybersecurity untuk menjaga
keandalan layanan pelanggan, khususnya yang bersentuhan dengan layanan kritikal masyarakat dan aplikasi di sektor strategis, seperti sektor keuangan perbankan dan non perbankan, transportasi, retail, distribusi, pemerintahan atau
pelayanan publik, dan pariwisata.

Dengan begitu, Lintasarta telah mengantisipasi lonjakan trafik data yang diperkirakan meningkat lebih dari 30% dibandingkan periode yang sama tahun lalu, akibat tingginya mobilisasi masyarakat dan aktivitas digital selama libur akhir tahun. Dengan mengimplementasikan infrastruktur andal dan teknologi terkini, Lintasarta
mendukung pemantauan layanan secara real-time, memungkinkan pendeteksian
anomali gangguan dengan cepat dan akurat, analisis pola trafik yang lebih presisi, prediksi potensi kendala, hingga rekomendasi solusi penanganan sebelum
masalah berdampak lebih luas.

Pendekatan ini memastikan layanan operasional yang lebih efisien, aman, responsif, dan andal, memberikan kenyamanan serta keamanan optimal bagi pelanggan.

“Lintasarta berkomitmen untuk memastikan layanan digital yang andal dan aman selama libur akhir tahun. Melalui pengelolaan proaktif di Command Center, Lintasarta menjamin kesiapan infrastruktur dan keamanan layanan guna mendukung aktivitas digital pelanggan di berbagai sektor secara optimal,” jelas Ginandjar, Director & Chief Delivery and Operation Officer Lintasarta dalam keterangan resminya Selasa (31/12/2024).

Seperti diketahui, momen akir tahun terdapat potensi kenaikan signifikan
terhadap trafik internet dan komunikasi data karena peningkatan aktifitas digital
masyarakat dan perusahaan mengakses berbagai layanan dan aplikasi yang
berada di cloud. Menghadapi hal tersebut, Lintasarta telah mengimplementasikan high-capacity backbone dengan kapasitas Nx400G dan teknologi jaringan berlatensi rendah untuk koneksi internet domestik maupun internasional.

Didukung oleh sistem Operations Support System (OSS), kualitas jaringan dan kepadatan trafik internet dapat dimonitor secara real-time, memberikan visibilitas penuh terhadap performa jaringan.

Lebih lanjut, Lintasarta juga telah menerapkan langkah-langkah preventif, seperti menganalisa pola trafik sebelumnya, mengoptimalkan rute jaringan agar aliran data lancar dengan latensi rendah, serta menyediakan jalur alternatif untuk mencegah terjadinya kemacetan (bottleneck) pada jaringan. Selain itu, kapasitas jaringan juga ditingkatkan untuk mengakomodasi lonjakan trafik sehingga memastikan layanan tetap andal dan berkualitas tinggi guna mendukung kebutuhan digital masyarakat Indonesia selama periode liburan.

Sebagai bagian dari komitmen terhadap kualitas layanan, perusahaan juga
meluncurkan inisiatif “Lintasarta Siaga” mulai 21 Desember 2024 hingga 5
Januari 2025. Lintasarta Siaga akan mengoptimalkan operasional Command
Center Lintasarta dengan pengintegrasian operasional Network Operation Center (NOC), Security Operation Center (SOC) dan Cloud Operation Center (COC) untuk melakukan pemantauan dan pengelolaan intensif selama 24/7 terhadap infrastruktur jaringan, cloud, dan cybersecurity secara nasional, termasuk mitigasi risiko yang mungkin muncul, seperti gangguan sistem, pemadaman listrik, atau keadaan darurat lainnya.

Dengan demikian, Lintasarta juga memastikan keamanan data pelanggan melalui penerapan teknologi penyimpanan dan cybersecurity berstandar tinggi, di mana setiap akses diverifikasi dan diawasi secara ketat untuk mengurangi risiko penyalahgunaan, sehingga data dipastikan terlindungi dengan aman. Dengan dukungan teknologi terkini dan tim ahli bersertifikat di berbagai bidang, Lintasarta memastikan kelancaran aktivitas digital pelanggan, memperkuat posisi sebagai pemimpin transformasi digital dan mitra terpercaya bagi berbagai sektor industri di Indonesia.

“Libur akhir tahun merupakan waktu yang sangat penting, di mana kebutuhan
akan konektivitas, dan layanan digital meningkat pesat. Lintasarta berkomitmen selalu memastikan seluruh jaringan dan layanan tetap berfungsi dengan optimal dan terjaga keamanannya,” tutup Ginandjar. (FA)

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed