by

Zurich Entrepreneurship Program 2023 : Kompetisi Bisnis Untuk Siswa SMA

Menandai puncak tahun pertamanya di Indonesia  Zurich Enterpreneurship Program, kompetisi nasional bertajuk  ‘Student Company of the Year Competition’ di gelar di Jakarta pada hari Selasa (12/09).

Dikompetisi perdana kali ini, kelompok bisnis pelajar dari enam SMA dan SMK dari Denpasar, Surabaya, dan Medan memamerkan kinerja perusahaan dan produk inovasi mereka untuk bersaing memperebutkan kesempatan emas menjadi student company terbaik mewakili Indonesia di kompetisi tingkat Asia Pasifik pada Februari 2024 mendatang.

Edhi Tjahja Negara, Direktur Utama PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk, menuturkan capaian program tersebut sejatinya merefleksikan besarnya potensi generasi muda Indonesia.

“Untuk itu, melanjutkan kesuksesan tersebut, kami sangat antusias dapat memulai pelaksanaan tahun kedua dari Zurich Entrepreneurship Program dengan melibatkan lebih banyak sekolah dan siswa untuk memperluas jangkauan dan semakin meningkatkan manfaat dari program ini. Sejalan dengan tujuan Zurich untuk menciptakan masa depan yang lebih cerah, kami yakin bahwa keterampilan yang diperoleh melalui program ini akan memfasilitasi generasi muda dalam menciptakan peluang ekonomi dan tumbuh sukses di masa depan,” jelas Edhi Tjahja Negara saat ditemui di Jakarta.

Zurich Entrepreneurship Program sejauh ini berhasil memberikan edukasi dan membimbing lebih dari 1.900 siswa SMA dan SMK di Indonesia dalam menciptakan bisnis baru sejak diluncurkan di Juni 2022.

Didukung oleh Zurich Indonesia, Z Zurich Foundation dan Prestasi Junior Indonesia, para siswa berhasil mengoperasikan 30 bisnis baru dan mengkontribusikan total pendapatan bisnis sekitar Rp 200 juta.

Pada kesempatan yang sama, Gregory Renand, Head of the Zurich Foundation, mengatakan partisipasi generasi muda dalam program ini akan menjadi sebuah perjalanan transformatif yang mengarahkan mereka pada masa depan yang berkelanjutan.

“Kami bangga dapat bersinergi dalam Zurich Entrepreneurship Program untuk memastikan bahwa setiap generasi muda Indonesia memiliki akses ke sumber daya dan peluang yang mereka pantas dapatkan,” imbuhnya.

Dalam kompetisi ini, dewan juri yang datang dari kalangan pengusaha dan profesional bisnis akan mengevaluasi kinerja bisnis para peserta secara komprehensif. Demikian halnya inovasi produk, efektivitas operasional, dan efisiensi keuangan, juri juga  mempertimbangkan aspek keberlanjutan dan potensi pengembangan bisnis di masa depan untuk menentukan perusahaan siswa (student company) terbaik.

“Pemenang kompetisi nasional hari ini akan bertemu rekan-rekan mereka dari 17 negara di kawasan Asia Pasifik. Kesempatan ini tidak hanya memberikan pengalaman baru bagi para siswa, tetapi juga menghidupkan mimpi-mimpi baru untuk masa depan mereka. Kami menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, Zurich Indonesia, Z Zurich Foundation, serta seluruh pihak yang mendukung terciptanya perjalanan transformatif ini, di mana dunia yang penuh peluang menanti setiap generasi muda Indonesia,” tutup Robert Gardiner, Academic Advisor and Operations Counsel Prestasi Junior Indonesia. (FA)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed