Didukung oleh PLABS.ID WPP STREAM Indonesia2025, “unconference” yang sudah melegenda dan bahkan, dinobatkan oleh WIRED sebagai “salah satu konferensi teknologi terbaik dunia,” kembali hadir di Bali dengan sentuhan baru.
Aplikasi web terintegrasi menjadi jantung digital acara ini, ditambah lagi dengan pengalaman AI yang unik, mengangkat kembali tradisi ramalan Primbon Indonesia yang sudah berusia ratusan tahun.
Berlangsung dari tanggal 26 hingga 28 Mei 2025 di Hyatt Regency Sanur, Bali,
pertemuan tiga hari ini sukses mengumpulkan lebih dari 300 eksekutif.
Kabarnya, para eksekutif ini datang dari berbagai latar belakang: para petinggi WPP & Brand ternama, pakar teknologi, pendiri startup, hingga Kementrian.
Semuanya larut dalam agenda yang
sepenuhnya disusun bersama oleh para peserta (crowd-sourced), dengan format
pertemuan yang khas: tanpa keynote ataupun slide presentasi.
Tulang Punggung Digital: Aplikasi Web Komprehensif WPP x PLABS.ID
Meningkatkan Pengalaman WPP STREAM Indonesia 2025
PLABS.ID, perusahaan inovasi teknologi berbasis di Indonesia yang berfokus
dalam transformasi bisnis berbasis AI, modernisasi cloud, dan riset & pengembangan produk, yang ditunjuk menjadi mitra teknologi resmi WPP STREAM Indonesia. Tim PLABS.ID inilah yang membangun aplikasi web komprehensif yang menjadi pusat segala interaksi peserta dan detail logistik berdasarkan arsitektur yang dirancang oleh tim WPP.
“Fokus utama kami adalah menyajikan pengalaman acara yang bukan hanya
inovatif, tapi juga mulus tanpa hambatan. Kami ingin menggabungkan perjalanan peserta yang dirancang secara unik dan bebas ribet dengan teknologi berkelanjutan, yang secara signifikan mengurangi penggunaan kertas dan kerumitan operasional yang tidak perlu.” Fauzi Fadillah, Pendiri & CEO PLABS.ID dalam keterangan tertulisnya Senin (2/6/2025).
Para peserta benar-benar merasakan pengalaman serba digital dan tanpa kertas sejak mereka tiba. Mulai dari proses check-in yang langsung dari aplikasi, hingga informasi agenda acara yang real-time. Peserta bisa dengan mudah mendaftarkan diri ke berbagai aktivitas secara langsung. Urusan logistik pun tak kalah mudah, pemesanan shuttle bus dalam aplikasi memastikan transportasi berjalan lancar, semuanya dikendalikan oleh data real-time.
Lebih dari sekadar urusan praktis, aplikasi ini juga sukses mempererat hubungan antar peserta. Ada daftar peserta interaktif yang lengkap, dan kartu nama digital yang sekaligus mendukung misi keberlanjutan dengan tidak menggunakan ratusan kartu nama kertas. Peserta juga bisa mengakses momen-momen seru melalui galeri acara yang terintegrasi, semuanya dalam satu ekosistem digital ini.
M. Rayhan Bawazier, Direktur CRM & Experience untuk WPP STREAM
Sorotan pada AI sebagai Teknologi Masa Depan, Berakar Kuat pada Budaya
Lokal
Melengkapi kemudahan digital yang ada, WPP STREAM juga memperkenalkan
“Peramal AI”. Ini adalah sebuah AI interaktif yang mengajak para delegasi untuk mendapatkan ramalan instan yang seru melalui pembacaan telapak tangan digital.
Pengalaman unik ini dihasilkan oleh large-language models yang telah disesuaikan secara khusus dengan kearifan Primbon Jawa dan data pasar terkini, disajikan melalui WPP Open, platform AI eksklusif milik WPP. Ini menjadi bukti nyata bagaimana wawasan budaya hiper-lokal bisa berpadu mesra dengan teknologi
generatif canggih untuk membuka berbagai kemungkinan kreatif baru.
“Membawa kekayaan mistis Indonesia ke dalam sebuah demo AI, itulah jenis
‘perkawinan’ unik yang menjadi ciri khas STREAM. Ini membuktikan bahwa
gelombang kreativitas berikutnya akan lahir dari perpaduan platform mutakhir
seperti WPP Open dengan kisah-kisah yang sangat manusiawi dan mendalam.”
Rohit Vaswani, Head Delivery & PMO Ogilvy. (FA)
Comment